Penyebab dan Cara Mengobati Mata Kucing Belekan dan Sakit - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

rico mustaf

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Penyebab dan Cara Mengobati Mata Kucing Belekan dan Sakit

    Dibaca : 130.306 kali

    Memelihara kucing memang dapat menjadi salah satu pilihan tepat pada saat Anda membutuhkan teman yang dapat diajak bermain kapanpun. Di mana kucing sendiri merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang memang sangat populer.

    Hal ini sendiri dikarenakan kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sangat mudah untuk dapat dipelihara dan juga sangat menggemaskan karena tingkah lucu mereka.

    Selain itu kucing sendiri juga sangat bersahabat dan dapat setia menemani manusia. Namun, saat memelihara kucing sendiri juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu kesehatan kucing tersebut.

    Sama seperti manusia, kucing juga mempunyai beberapa masalah kesehatan yang dapat membuat kucing harus dirawat dengan baik dan benar. Kesehatan kucing yang perlu Anda perhatikan salah satunya adalah mata.

    Mata pada kucing juga dapat mengalami masalah yang dapat berakibat fatal. Karena itu Anda harus dapat memahami penyebab dan cara mengobati mata kucing belekan dan bengkak, di mana pada artikel ini akan diberikan penjelasan penyebab apa saja yang membuat mata kucing dapat belekan dan bengkak serta bagaimana cara mengatasinya.

    Penyebab Dan Cara Mengobati Mata Kucing Belekan Dan Bengkak

    Penyebab dan cara mengobati mata kucing belekan dan bengkak ini sendiri sangat perlu untuk dapat dipahami, di mana dengan memahaminya maka Anda dapat lebih waspada dan juga dapat mengambil tindakan yang tepat sehingga kucing dapat sehat kembali.

    Di bawah ini adalah penjelasan tentang penyebab dari mata kucing yang belekan dan bengkan serta bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah penjelasannya :

    Tumor

    Penyebab dan cara mengobati mata kucing belekan dan bengkak yang pertama adalah tumor. Sama seperti manusia, tumor juga dapat menyerang tubuh kucing di mana tumor ini sendiri juga dapat tumbuh di mata kucing.

    Tanda yang akan terlihat dari tumor mata ini adalah mata kucing akan terlihat memerah, bengkak dan juga mengeluarkan air mata.

    Selain itu, kucing juga akan terlihat kesakitan. Penyebab dari tumor ini adalah jika induk kucing sering memakan tikus yang terkenal akan bakteri dan virus yang ada pada tubuh mereka.

    Di mana pada saat kucing sedang menyusui, akan membuat anakan kucing terkena tumor. Tumor pada mata ini hanya dapat ditangani dengan cara operasi pengangkatan tumor, jika sudah parah terpaksa organ mata kucing juga harus diangkat.

    Ada juga beberapa jenis tumor pada mata yang tidak dapat dihilangkan di mana mata kucing akan terus membengkak.

    Debu dan Kotoran

    Penyebab dan cara mengobati mata kucing belekan dan bengkak yang selanjutnya adalah debu atau kotoran. Debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata kucing akan membuat mata terus mengeluarkan air dan membuat mata terasa gatal, memerah serta dapat menimbulkan bengkak.

    Kucing berbulu panjang seperti kucing persia yang sangat rentan terhadap debu dan kotoran yang menempel di mata mereka. Makanya diperlukan perawatan harian untuk kucing persia.

    Kotoran yang masuk ke dalam mata kucing dan tidak segera ditangani akan membuat kotoran tersebut menjadi keras dan membuat mata terkena bakteri yang membuat mata akan belekan.

    Untuk dapat mengatasi mata kucing yang kemasukan debu dan kotoran Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kapas yang lembut serta sudah diberikan air besih. Setelah itu usapkan pada kucing secara perlahan hingga membuat mata kucing dapat terbebas dari belekan.

    Selain itu Anda juga dapat memberikan obat tetes mata pada kucing yang dapat diperoleh dari petshop terdekat. Apabila sudah dilakukan penanganan ternyata mata kucing makin parah, Anda dapat langsung memeriksakannya ke dokter hewan.

    Mata Asimetris Atau Kecil Sebelah

    Penyebab dan cara mengobati mata kucing belekan dan bengkak selanjutnya adalah dikarenakan oleh mata yang asimetris atau kecil sebelah.

    Mata asimetris ini sendiri dikarenakan oleh bakteri yang bernama Chylamidia. Pada saat mata kucing terkena bakteri ini, mata kucing akan terus mengeluarkan air dan belekan, selain itu juga akan memerah lalu bengkak hingga mata akan terlihat menonjol keluar.

    Apabila tidak ditangani dengan cepat maka mata kucing akan dapat lepas dan membuat kucing buta.

    Untuk mengobati mata asimetris pada kucing ini sendiri adalah dengan cara mengunjungi dokter, di mana kucing akan diberikan obat antibiotik, obat anti peradangan dan juga eyedrop selama 3 hari berturut-turut serta harus diberikan air putih sebanyak-banyaknya agar tidak terjadi dehidrasi pada kucing.

    Jika sudah parah, tidak hanya satu mata saja yang akan terinfeksi tapi juga kedua mata dapat terkena penyakit ini.

    Mata Cekung

    Penyebab dan cara mengobat mata kucing belekan dan bengkak yang selanjutnyah adalah karena kucing terkena mata cekung. Mata kucing yang cekung ini sendiri disebabkan oleh glukoma yang terdapat pada mata.

    Kucing yang terkena mata kucing ini akan terus mengeluarkan air mata, kotoran mata yang menumpuk, memerah dan bengkak.

    Apabila mata cekung ini sendiri tidak ditangani dengan cepat maka dapat menyebabkan tumor dan dehidrasi. Untuk dapat mengobati mata cekung pada kucing ini adalah dengan membawa ke dokter dan juga diberikan air putih yang bersih setiap harinya.

    Konjungtiva

    Konjungtiva adalah salah satu penyakit mata yang sering kali menyerang kucing. Penyebab dan cara mengobati mata kucing belekan dan bengkak karena masalah ini biasanya disebabkan oleh alergi rumput, serbuk sari, virus atau bakteri yang menyerang.

    Penyakit konjungtiva ini akan menyerang bagian sklera pada mata dan menyebabkan peradangan sehingga mata akan berair, belekan, memerah dan bengkak.

    Untuk mengobati konjungtiva yang disebakan oleh alergi Anda dapat memberikan obat anti peradangan setelah Anda periksakan ke dokter hewan.

    Namun, jika disebabkan oleh bakteri dan virus Anda harus memeriksakan langsung ke dokter. Hal ini dikarenakan bakteri dapat menular pada saat kucing menggaruk matanya yang gatal karena konjungtiva ini.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.