x

Iklan

rico mustaf

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Cara Merawat Kucing Anggora Agar Memiliki Bulu Lebat

Kucing Anggora ini merupakan salah satu jenis kucing yang mempunyai karakter berbulu panjang dan menggemaskan. Bila dapat dirawat dengan baik, kucing ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kucing adalah salah satu jenis hewan yang sangat populer untuk dijadikan seekor peliharaan di rumah. Lucu dan menggemaskan menjadi alasan mengapa kucing sangat diminati, selain itu sifat kucing sendiri sangatlah ramah dan suka bermain. Merawat kucing sendiri terbilang mudah, terlebih pada saat ini banyak kebutuhan kucing dari pakan hingga obat yang sangat gampang untuk ditemukan.

Walaupun merawat kucing sangat mudah akan tetapi kesehatan mereka juga harus diperhatikan, di mana kucing sendiri dapat terserang berbagai macam penyakit dan juga parasit yang dapat membahayakan nyawa mereka. Salah satu parasit yang kerap kali ada di dalam tubuh kucing adalah cacing. Cacing atau vermes dalam bahasa latinnya ini merupakan hewan parasit yang dapat menyerap nutrisi makanan, jika didiamkan terlalu lama tentu saja akan membuat inangnya kekurangan gizi. Hal ini sendiri juga memberikan pengaruh yang sama kepada kucing yang cacingan.

Untuk mengatasi masalah cacing ini sendiri hanya dapat disembuhkan dengan menggunakan obat cacing.Obat cacing adalah sebuah obat yang memang dapat mengatasi parasit ini, di mana pemberian obat cacing ini sendiri harus rutin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan adalah dosis untuk pemberian obat cacing harus sesuai dengan takaran. Pemberian obat cacing yang over dosis sendiri tentu saja sangat tidak baik dan akan membuat komplikasi yang menyebabkan kematian pada kucing.

Sangat disarankan untuk dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk dosis pemberian obat cacing ini. Pemberian obat cacing ini sendiri sangat penting, karena kucing yang terindeksi cacing dapat menularkan telur cacing kepada manusia melalui liur dan kotorannya. Ada beberapa jenis obat cacing, merk dan harga yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam memilih obat yang diperlukan.

Jenis Obat Cacing Kucing, Merk Dan Harga Mampu Membasmi Cacing

Sebelum membeli obat cacing ini sendiri, Anda harus mengetahui jenis obat cacing kucing, merk dan harga yang perlu diketahui. Hal ini sendiri sangat diperlukan agar pemberian obat cacing dapat efektif membasmi parasit yang masuk ke dalam tubuh kucing. Berikut ini adalah jenis dan juga merk obat cacing untuk kucing :

Drontal Cat (Bayer)

Jenis obat cacing kucing, merk dan harga yang pertama adalah Drontal Cat. Obat cacing ini sendiri sangat disarankan oleh para dokter hewan untuk mengobati kucing yang terjangkit cacing. Drontal keluaran Bayer ini sangat efektif untuk membrantas cacing secara menyeluruh.

Drontal cat sendiri mampu membasmi parasit pada usus besar kucing seperti cacing pita, cacing tambang dan cacing gelang. Karena mampu membrantas parasit cacing secara luas maka obat ini sendiri sangat berbeda dengan obat cacing manusia, sehingga sangat efektif untuk membunuh cacing hingga ke telur cacing. Harga satu tablet Drontal Cat sekitar 25.000 rupiah.

Drontal Plus (Bayer)

Jenis obat cacing kucing, merk dan harga selanjutnya adalah Drontal Plus. Obat cacing ini sendiri memiliki fungsi yang sama dengan obat cacing drontal cat. Hanya saja yang membedakan adalah obat cacing ini dapat diberikan juga kepada anjing.

Mempunyai kucing mungkin dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk dapat menjadi teman di rumah. Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang terkenal akan keramahannya dan juga mempunyai sifat yang setia kepada manusia apabila dirawat dengan baik dan benar.

Jenis kucing yang dapat diperlihara sangatlah banyak, di mana semua jenis ini mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Untuk merawat kucing sendiri terbilang mudah, akan tetapi jika sembarangan dalam merawatnya tentu saja akan membuat kesehatan kucing tidak maksimal.

Salah satu jenis kucing yang banyak disukai adalah Kucing Anggora. Kucing Anggora ini merupakan salah satu jenis kucing yang mempunyai karakter berbulu panjang dan menggemaskan.

Bila dapat dirawat dengan baik, kucing ini akan terlihat anggun dan elegan. Untuk perawatannya sendiri ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di mana jenis kucing Anggora ini sendiri sangat membutuhkan perhatian pada saat merawat bulunya. Di bawah ini adalah cara merawat Kucing Anggora agar dapat mempunyai bulu yang lebat dan sehat.

Tips Cara Merawat Kucing Anggora Agar Bulunya Tebal Dan Sehat

Kucing Anggora merupakan jenis kucing yang berasal dari Turki dan terkenal akan mempunyai bulu yang panjang dan lebat. Bagi para pecinta kucing, mempunyai kucing anggora sendiri membutuhkan ketelatenan dalam merawat bulunya ini sendiri. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara merawat kucing anggora agar dapat mempunyai bulu yang tebal dan juga sehat. Simak ulasannya :

Pemberian Pakan

Kesehatan bulu pada kucing sendiri dipengaruhi oleh pakan yang diberikan. Sebaiknya Anda memberikan pakan yang memang mempunyai nutrisi yang lengkap dan gizi yang seimbang. Kucing yang mengalami kekurangan gizi biasanya akan mengalami kerontokan bulu yang parah dan hal ini dapat terjadi jika Anda tidak memperhatikan makanan dengan tepat. Jika Anda menggunakan makanan kering, lebih baik lihat komposisi yang sudah dijelaskan oleh merk tersebut. Sehingga Anda dapat mengetahui kebutuhan kucing sudah terpenuhi atau tidak.

Menghindari Stress

Cara merawat kucing anggora agar tetap mempunyai bulu yang lebat adalah dengan menghindari kucing dari rasa stress. Strees yang dialami oleh kucing sendiri dapat menjadi salah satu faktor utama kucing akan mengalami kerontokan bulu. Untuk dapat menghindar stress ini, Anda dapat dengan senantiasa memberikan kasih sayang pada kucing. mengajaknya bermain dan juga jalan-jalan dapat menjadi solusi yang tepat agar kucing selalu senang. Selain itu, berbicara kepada kucing juga dapat membuat kucing juga tetap dalam keadaan senang.

Grooming

Sama seperti manusia, kucing Anggora pun juga membutuhkan mandi. Cara merawat kucing anggora dengan mandi ini akan membuat bulu tetap dalam keadaan bersih dan juga sehat. Bagi Anda yang memang tidak terbiasa memandikan kucing sendiri, Anda dapat menggunakan jasa groomer yang memang sudah banyak di petshop-petshop. Jika Anda sudah paham dan mengerti cara memandikan kucing sendiri, lebih baik menghindari penggunaan shampoo manusia. Shampoo manusia mempunyai zat yang berbeda dan dapat membuat bulu kucing rontok secara berkala. Gunakanlah shampoo khusus kucing yang ada di petshop dan mempunyai kemampuan untuk dapat menjaga bulu agar tidak rontok secara berlebihan. Anda dapat memandikan kucing seminggu sekali.

Vaksin

Vaksin merupakan tindakan medis, di mana hal ini akan membantu kucing agar dapat membuat tubuh kucing kebal akan penyakit yang berbahaya. Vaksin sendiri menjadi salah satu cara merawat kucing anggora agar dapat mempunyai bulu yang lebat. Di mana vaksin ini akan membantu kucing mempunyai tubuh yang sehat dan kuat serta tidak gampang terserang berbagai macam penyakit. Untuk kitten vaksin biasanya akan diberikan pada umur 3 bulan dan diulang hingga umur 6 bulan, selanjutnya akan diulang selama 1 tahun sekali.

Obat Cacing

Agar dapat membuat kucing anggora mempunyai bulu yang lebat, cara selanjutnya adalah pemberian obat cacing secara berkala. Kucing memang dapat terserang cacingan yang bila tidak ditangani dengan cepat, maka akan dapat mengalami beberapa gejala serius. Selain akan menimbulkan kerontokan pada bulu, kucing juga dapat terserang penyakit infeksi pencernaan. Pemberian obat cacing ini sendiri akan mencegah cacing menjadi parasit yang merugikan tubuh kucing. Untuk pemberiannya sendiri, Anda dapat memberikan kucing obat cacing selama 3 bulan atau 6 bulan sekali dengan menggunakan obat cacing khusus kucing yang dapat Anda temukan di petshop terdekat.

Pemberian Minyak Ikan Dan Vitamin E

Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan suplemen yang dapat membuat mereka tetap dalam kondisi yang sehat. Salah satu cara merawat kucing anggora agar dapat mempunyai bulu yang tebal adalah dengan pemberian minyak ikan dan juga vitamin E. Kedua suplemen itu sendiri dapat Anda berikan kepada kucing sehari sekali. Untuk minyak ikan dapat Anda berikan setiap hari, sedangakn penggunaan vitamin E sendiri lebih baik dikonsultasikan bersama dengan dokter hewan Anda.

Kebersihan Kandang

Anda juga harus dapat memperhatikan kebersihan kandang kucing. Cara merawat kucing anggora dengan memperhatikan kebersihan kandang sangatlah penting. Hal ini sendiri untuk menghindari berbagai macam parasit atau bakteri yang dapat menempel pada kucing dan membuat kucing mengalami gangguan kesehatan. Anda harus membersihkan kandang setiap hari dengan dijemur dan disemprot disinfektan yang dapat mencegah bakteri dan virus berkembang.

Cara Merawat Kucing Anggora Melalui Tempat Pakan Dan Minum

Selain mengetahui cara merawat kucing anggora agar dapat mempunyai bulu yang lebat. Hal selanjutnya yang perlu dipahami adalah merawat kucing anggora dari tempat makan dan minumnya. Kedua hal tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan, mengingat kucing selalu makan dan minum ditempat yang sama. Di bawah ini adalah cara yang tepat untuk selalu menjaga kesehatan kucing dari tempat makan dan minumnya :

1. Usahakanlah selalu membersihkan tempat makan dan minum setiap hari. Anda dapat mencuci tempat makan yang sudah dipakai dan mengganti dengan yang sudah bersih. Hal ini sendiri dikarenakan tempat makan yang didiamkan dan tidak dibersihkan akan dapat menimbulkan jamur yang dapat menempel pada bulu dan pencernaan kucing.
2. Usahakan tempat untuk makan kucing dalam keadaan kering. Hal ini sendiri untuk mencegah makanan menjadi lembab dan cepat berjamur. Jika memang hanya mempunyai 1 tempat makan saja, pada saat dicuci pastikan tempat makan kering. Anda dapat mendiamkan hingga kering atau di lap dengan kain bersih dan juga kering.
3. Hindari menyimpan makanan kucing yang terkena sinar matahari langsung. Makanan yang terkena sinar matahari langsung dapat mengalami reaksi yang tidak diinginkan dan dapat membuat pakan menjadi cepat rusak.
4. Jangan membiarkan makanan kucing dibiarkan lebih dari sehari pada tempat makan kucing. Ini dikarenakan makanan a

Ikuti tulisan menarik rico mustaf lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu