x

Iklan

rico mustaf

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Memilih Makanan Agar Kucing Gemuk Menggemaskan

Sangat penting bagi seorang owner untuk dapat memberikan makanan yang bernutrisi dan juga bergizi lengkap untuk memastikan kucing sehat dan gemuk gemas

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memelihara kucing memang dapat menjadi salah satu pilihan tepat pada saat Anda membutuhkan teman yang dapat diajak bermain kapanpun. Di mana kucing sendiri merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang memang sangat populer.

Hal ini sendiri dikarenakan kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sangat mudah untuk dapat dipelihara dan juga sangat menggemaskan karena tingkah lucu mereka.

Selain itu kucing sendiri juga sangat bersahabat dan dapat setia menemani manusia. Namun, saat memelihara kucing sendiri juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu makanan untuk kucing tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sama seperti manusia, kucing juga mempunyai beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul dari makanan kucing ini.

Sangat penting bagi seorang owner untuk dapat memberikan makanan yang bernutrisi dan juga bergizi lengkap. Ada banyak sekali jenis dari makanan untuk kucing ini, di mana semua jenisnya perlu Anda ketahui agar dapat selalu memenuhi kebutuhan kucing kesayangan Anda.
Tips Menggemukan Kucing Dengan Menggunakan Makanan Kucing Yang Tepat

Sama halnya seperti manusia, kucing juga membutuhkan makanan yang bergizi dan juga bernutrisi agar selalu dapat sehat dan juga kuat.

Pemberian makanan kucing ini sendiri harus dapat diperhatikan agar kucing dapat selalu mempunyai tubuh yang prima terlebih jika ini di tunjukan makanan untuk kucing anggora atau persia. Bagi Anda yang ingin mempunyai kucing dengan tubuh yang gemuk, maka di bawah ini adalah beberapa cara yang tepat yang dapat Anda ikuti. Berikut adalah penjelasan caranya :

Nafsu Makan

Cara pertama untuk dapat menggemukan tubuh kucing adalah dengan menambah nafsu makan pada kucing Anda. Anda dapat memberikan vitamin penambah nafsu makan terlebih dahulu.

Selain pemberian vitamin Anda dapat memancing kucing agar lahap dengan pemberian makanan kucing kering yang dicampur dengan makanan basah. Makanan kering biasanya memang tidak mempunyai bau yang menggoda untuk kucing, maka daripada itu Anda dapat mencampurkan makanan kering dengan makanan basah agar dapat membuat kucing lebih bernafsu pada saat makan.

Makanan Berprotein Tinggi

Jika ingin membuat kucing gemuk, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah dari kandungan protein yang ada pada makanan. Kucing sangat membutuhkan makanan dengan protein yang tinggi.

Protein tinggi yang diperlukan oleh kucing biasanya tidak didapatkan dari dyrfood atau makanan kering. Anda dapat memberikan daging ayam atau daging ikan segar yang sudah dimasak atau mentah untuk Anda berikan kepada kucing kesayangan Anda. Dryfood disini hanya digunakan sebagai cemilan saja.

Anda dapat mencampur daging-dagingan ini dengan kuning telur ayam, hanya kuningnya saja ya.

Hal ini dikarenakan pada kuning telur ayam terkandung protein yang sangat tinggi. Untuk pemberian kuning telur ini sendiri dapat Anda berikan secara mentah dan diberikan 2-3 kali dalam seminggu dan dapat dicampurkan dengan makanan kucing.

Pemberian Makan Yang Tepat

Untuk dapat membuat kucing cepat gemuk, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pemberian makanan yang tepat.

Anda tidak dapat memberikan makanan yang tidak diperuntukan untuk kucing seperti kue, biskuit dan lain sebagainya. Anda harus memberikan makanan yang memang sesuai dengan selera kucing dan mengandung nilai nutrisi yang tepat.

Sangat disarankan untuk Anda agar tidak memberikan kucing dengan ikan asin. Ikan asin ini dapat membuat bulu rontok secara berkepanjangan dan juga dapat menimbulkan beberapa masalah yang ada pada tubuh kucing.

Lebih baik berikanlah makanan kucing yang memang mempunyai nilai-nilai gizi yang dibutuhkan oleh serkor kucing.

Vitamin

Selain pemberian makanan kucing yang tepat, hal selanjutnya adalah dengan pemberian vitamin.

Vitamin ini sendiri akan membantu kucing mendapatkan kebutuhkan mineral yang lengkap, selain itu pemberian vitamin juga dapat membantu kucing untuk mempunyai nafsu makan yang besar dan juga dapat makan dengan lahap.

Vitamin juga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh pada kucing.

Vaksin

Vaksin merupakan tindakan medis, di mana hal ini akan membantu kucing agar dapat membuat tubuh kucing kebal akan penyakit yang berbahaya.

Vaksin sendiri menjadi salah satu cara merawat kucing persia agar dapat mempunyai tubuh yang sehat selain dari pemberian makanan kucing.

Di mana vaksin ini akan membantu kucing mempunyai tubuh yang sehat dan kuat serta tidak gampang terserang berbagai macam penyakit. Untuk kitten vaksin biasanya akan diberikan pada umur 3 bulan dan diulang hingga umur 6 bulan, selanjutnya akan diulang selama 1 tahun sekali.

Memberikan Obat Cacing

Agar dapat membuat kucing gemuk selain dari memberikan makanan untuk kucing adalah dengan pemberian obat cacing.

Kucing memang dapat terserang cacingan yang bila tidak ditangani dengan cepat, maka akan dapat mengalami beberapa gejala serius.

Selain akan menimbulkan kerontokan pada bulu, kucing juga dapat terserang penyakit infeksi pencernaan. Pemberian obat cacing ini sendiri akan mencegah cacing menjadi parasit yang merugikan tubuh kucing dan biasanya kucing yang mengalami cacingan ini sendiri akan terlihat kurus dan juga lesu.

Untuk pemberiannya sendiri, Anda dapat memberikan kucing obat cacing selama 3 bulan atau 6 bulan sekali dengan menggunakan obat cacing khusus kucing yang dapat Anda temukan di petshop terdekat.

Pemberian Air Mineral Yang Bersih

Ternyata salah satu cara membuat kucing gemuk memang tidak hanya dari makanan saja, pemberian air mineral sendiri menjadi salah satu hal yang paling penting agar kucing menjadi lebih sehat dan gemuk.

Sangat disarankan agar dapat memberikan kucing dengan air bersih yang bukan dari air keran atau sumur. Berikanlah air yang sudah matang atau air yang sudah disaring seperti air kemasan. Pemberian air bersih ini sendiri akan membantu kucing terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kucing.

Susu Kucing

Cara selanjutnya agar dapat membuat kucing gemuk selain dari makanan kucing adalah pemberian susu kucing.

Susu kucing ini merupakan susu yang memang mempunyai komposisi yang sudah disesuaikan untuk tubuh kucing.

Pemberian susu sapi sendiri memang sering dilakukan, akan tetapi banyak sekali kucing yang dapat terkena masalah pencernaan karena memang kandungan yang ada dalam susu sapi tidaklah cocok dengan mereka.

Maka dari itu pemberian susu khusus kucing ini sendiri dapat membantu membuat kucing Anda akan gemuk.

Jenis-Jenis Makanan Kucing Yang Bagus

Makanan kucing yang ada di petshop biasanya mempunyai berbagai macam jenis merk dan juga jenis bentuknya.

Bagi Anda yang memelihara kucing, mengenal jenis makanan untuk kucing ini sangatlah penting agar dapat menyesuaikan kebutuhan pakan tubuh mereka. Makanan untuk kucing yang pertama dan paling sering digunakan adalah jenis makanan kering atau dryfood.

Dyrfood ini biasanya dibentuk kecil-kecil dan tipis agar mudah untuk dikunyah kucing, makanan kering ini juga terbilang lebih awet. selanjutnya adalah makanan basah atau wetfood.

Wetfood in merupakan makanan kemasan yang biasanya dikemas dalam bentuk kaleng atau plastik alumunium dan berisi daging ayam atau ikan yang sudah diolah dan mempunyai teksture yang sudah disesuaikan dengan umur kucing. Wetfood ini sendiri tidak dapat disimpan terlalu lama apabila sudah dibuka kemasannya, sehingga pemberiannya hanya bisa langsung dan harus habis.kan dapat berjamur dan tentu saja jika kucing memakannya akan menyebabkan masalah kesehatan.

Ikuti tulisan menarik rico mustaf lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

1 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB