x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

3 Tips Sederhana Merawat Burung Lovebird

Burung lovebird merupakn burung favorit kolektor karena bulunya yang indah dan kicauanya yang merdu

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Burung lovebird banyak sekali diburu oleh para kolektor burung. Bukan hanya warna bulunya yang indah dan tingkahnya yang lucu, suaranya pun juga merdu bagaikan burung kicau jika dilatih denga baik. Burung ini merupakan burung sangat mudah dilatih dan juga dijinakan.

Burung ini juga sering diikutkan dalam perlombaan kicau ataupun lomba yang mengutamakan keindahan burung. Untuk mengikuti lomba seperti itu, tentulah burung harus dalam keadaan sehat dan bulunya juga mulus.

Untuk mendapatkan burung yang sehat dan berbulu indah diperlukanlah perawatan yang bagus agar burung tidak stress dan bulunya tetap halus. Beberapa perawatan itu akan dibahas dibawah ini.

Tips Perawatan Burung Lovebird

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perawatan jenis-jenis burung lovebird sebenarnya cukuplah sederhana dan tidak membutuhkan waktu atau uang yang banyak untuk dikeluarga. Sebagian besar berfokus pada kenyamanan kandang maupun asupan makanan bagi burung. Tips merawat lovebird antara lain

1. Memastikan Kandang Bersih

Kebersihan sangkar sangatlah penting bagi kenyamanan burung dalam beristirahat atau beraktivitas. Sarang yang bersih membuat burung jadi lebih sehat dan tidak setres.

Bersihkan rutin sangkar dari kotoran atau jamur. Karena kotoran yang biasa menempel pada kawat atau bagian dasar sangar berpotensi menempel di burung. Bersihkan juga rutin aksesoris sangkar seperti wadah makan minum dan kayu bertengger.

2. Makanan Yang Bergizi

Tidak hanya manusia saja yang butuh makanan yang bergizi, namun burung lovebird pun juga butuh.

Makanan ini sangat penting untuk menjaga bulunya agar tidak rontok. Disarankan untuk burung jenis ini diberi pakn biji bijian kecil.

Namun untuk variasi juga bisa diberi sayur sayuran hijau untuk kandungan serat. Bagi lovebird yang baru melahirkan sangat diajurkan diberi makan jagung.

3. Cahaya Cukup

Letakan lovebird pada tempat dengan cahaya cukup dan jangan ditempatkan diruangan terlalu gelap karena akan stress. Namun juga jangan letakan di sinar matahari langsung.

Itulah beberapa tips untuk merawat burung lovebird yang cantik ini. Dengan memperhatikan kebersihan dan asupan makannya hewan yang lucu ini tentu akan lebih sehat dan lincah. Tentu burung ini akan berkicau dengan bulu yang tetap indah menawan.

Foto- Foto Burung Lovebird

Sumber: https://pengicau.net

Red-faced (Agapornis pullarius) atau sering juga disebut dengan muka salem. Panjang dari red-faced ini bisa mencapai 15 cm dengan berat mencapi 36 gram.

 

Lilian’s atau juga biasa disebut dengan nama nyasa,  burung ini memiliki panjang badan hingga 13 cm. Lilian’s banyak ditemukan di Afrika, lebih tepatnya di negara Malawi, Mozambik, Tanzania, dan Zimbabwe.

Sumber: https://pengicau.net

Burung jenis ini merupakan keturunan dari peach-faced. Biasanya lovebird identik dengan warna hijau, kalau lutino warnanya lebih dominan kuning. Dan suara burung Lutino terkenal merdu dan lembut.

Catatan: Selaih yang di jelaskan diatas tentunya masih ada banyak jenis burung lovebird lainnya.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler