x

Iklan

nita rizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Investasi Tanpa Rasa Khawatir Bersama Mekar

Investasi Tanpa Rasa Khawatir Bersama Mekar

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi di pinjaman peer-to-peer? Jika iya, mungkin faktor risiko adalah salah satu yang menjadi pertimbangan utama Anda sebelum mencoba kelas aset yang memang terbilang cukup baru ini. Dengan segala keunggulan yang ditawarkan oleh pinjaman P2P, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah jenis investasi ini benar-benar aman?

Tentu ada faktor-faktor lainnya yang harus Anda pertimbangkan juga sebelum memutuskan berinvestasi di pinjaman peer-to-peer, tapi jika saat ini Anda baru mencoba-coba, wajar saja kalau pertanyaan utama Anda yaitu, “apakah saya akan kehilangan uang saya?”

Apakah Anda berisiko kehilangan uang?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kalau Anda menyimpan uang di rekening tabungan di salah satu bank besar di Indonesia, uang Anda dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Saat ini, LPS menjamin keamanan uang Anda di bank senilai sampai dengan Rp 2 miliar. Tapi tak ada lembaga khusus yang melindungi uang Anda dari kerugian saat Anda berinvestasi di pinjaman peer-to-peer.

Jadi apa yang terjadi kalau Anda telah berinvestasi pada sebuah pinjaman, lalu peminjamnya gagal bayar? Di sebagian besar platform pinjaman P2P, ini berarti Anda kehilangan uang Anda.

Tapi bagaimana kalau Anda bisa mendapatkan kembali uang Anda?

Kabar baiknya, ada sebuah platform pinjaman P2P di Indonesia yang menyediakan jaminan bagi setiap investasi awal Anda. Proteksi 100% pada uang Anda ini ditawarkan oleh Mekar (PT Sampoerna Wirausaha) untuk setiap investasi yang dilakukan melalui platform Mekar.id.

Mekar bermitra dengan koperasi-koperasi simpan pinjam besar yang beroperasi di banyak daerah di Indonesia. Koperasi-koperasi ini adalah lending partner Mekar yang berinteraksi secara langsung dengan para peminjam sehari-harinya. Mereka memiliki sangat banyak pengalaman dalam memberikan pinjaman pada pemilik usaha kecil — banyak di antaranya yang terdaftar sebagai peminjam di Mekar. Dan hubungan yang dekat antara koperasi-koperasi ini dengan para peminjam sangat membantu dalam menekan angka pinjaman gagal bayar. Hasilnya, para lending partner Mekar memiliki angka NPL kurang dari 2%.

Dengan angka NPL yang begitu rendah, lending partner Mekar tidak ragu memberikan jaminan bagi semua investasi yang dilakukan melalui Mekar. Jaminan ini berlaku untuk 100% dari nilai uang yang Anda investasikan pada pinjaman usaha kecil melalui Mekar, juga disebut sebagai pokok pinjaman. Tidak ada jaminan atas bunga atau imbal hasil yang bisa Anda dapatkan dan ini adalah sebuah risiko kecil bila Anda berinvestasi pada pinjaman P2P di Mekar, begitupun di platform lainnya. Tapi di Mekar, investasi awal Anda terjamin keamanannya.

Beberapa platform lainnya mengatakan mereka memiliki cadangan dana untuk mengatasi kasus gagal bayar, tapi mereka tidak menyediakan jaminan bagi investasi Anda. Di Mekar, Anda mendapatkan jaminan. Kalau Anda memutuskan untuk menginvestasikan uang di pinjaman P2P, pastikan Anda memilih platform Anda dengan cermat. Mekar memiliki skema jaminan yang solid untuk Anda apabila terjadi kasus langka di mana peminjam gagal bayar. Pada akhirnya, tentu sangatlah menyenangkan apabila Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan investasi Anda.

Sumber: https://blog.mekar.id/investasi-tanpa-rasa-khawatir-bersama-mekar/

Ikuti tulisan menarik nita rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler