x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Jangan Pergi Bila Lupa Pulang, Kisah Anak Sekolah Asrama

Sekolah asrama bagi anak tidak mudah, terpisah dari orang tua. Sambutlah gembira ketika anak pulang ...

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika Anak Pulang dari SMAN CMBBS

 

Ketika anak pulang, bisa terjadi kapan saja dan pada momentum apapun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun spesial buat saya. Ketika anak saya Farid Nabil Elsyarif pulang, Hari ini, Selasa 9 April 2019, saya menjemputnya untuk kepulangan permanen dari SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School (SMBBS) di Pandeglang Banten. Tidak terasa, 3 tahun lalu, mengantarnya menjadi siswa kelas X SMAN CMBBS dengan seleksi yang ketat. Kini tanpa terasa, saya menjemputnya untuk kembali ke rumah setelah menempuh UNBK. Walau mungkin, hanya untuk beberapa bulan ke depan sebelum pergi lagi untuk kuliah. Bangga bercampur syukur, saya dan istri menyambutnya.

 

Ketika anak pulang.

Pulang memang identik dengan kembali. Orang yang pulang, berarti baru saja kembali ke tempat asalnya. Ada yang baru berangkat, ada yang baru pulang. Ada pergi, tentu ada pulang. Pulang, adalah hikmah kehidupan manusia. Pulang juga bisa diartikan untuk kembali ke asal dari mana manusia ada.

 

Pasti pulang. Pagi akan pulang kepada siang, siang akan pulang kepada sore. Sore akan pulang kepada malam. Dan malam akan pulang kepada pagi. Seperti burung pun akan selalu pulang ketika musim panen tiba. Karena pulang adalah tanda cinta. Cinta, kadang selalu ada datang, pergi, dan pulang. Maka sangat salah dalam hidup manusia. Bila ada yang mengaku pergi mengembara tapi tidak mengenal pulang.

 

Anak kita, tentu bisa menjadi semua karakter yang diinginkan di luar rumah. Tapi ia harus pulang ke rumah dengan dirinya sendiri.

 

Ketika anak pulang dari SMAN CMBBS.

Sekolah asrama, memang penuh suka duka bagi anak-anak. Apalagi bagi yang pertama kali mengalaminya. Jauh dari rumah, jauh dari orang tua. Bahkan kebiasaan hari-harinya di rumah pun menjadi hilang. Karena si anak, sekolah tapi di asrama. Namun di balik itu semua, beruntunglah orang tua yang anaknya berada di sekolah asrama seperti SMAN CMBBS. Karena orang tua, tidak perlu khawatir terhadap anaknya. Sekolah di asrama jauh dari pergaulan bebas, jauh dari pengaruh lingkungan buruk. Bahkan jika mau jujur, orang tua sangat “terbantu” karena tidak perlu mengawasi anak secara ketat, tidak perlu mengajarkan ibadah atau bahkan tidak perlu ngomel-ngomel seperti bila ada di rumah. Sekolah asrama memang pilihan yang tepat.

 

Setidaknya ada 5 alasan yang bikin orang tua tenang menyekolahkan anaknya di sekolah asrama seperti di SMAN CMBBS. Karena si anak tegolong jaminan mutu. Anak0anak yang sekolah di asrama biasanya:

  1. Mandiri, karena terbiasa mengurus dirinya sendiri sehari-hari.
  2. Religius, karena adanya kurikulum agama yang harus dipenuhi sehingga terbentuk akhlak yang baik.
  3. Terampil, karenafokus untuk mengasah pengetahuan dan kompetensi yang dimilikinya.
  4. Tanggung Jawab, karena harus mengatur waktu sendiri untuk berbagi aktivitas.
  5. Toleran, karena terlatihuntuk bersikap pengertian dan saling menghargai sesama teman di asrama.

 

Sungguh, tidak mudah mendidik anak di zaman now. Maka pilihan sekolah asrama harus menjadi acuan bagi orang tua. Karena, mungkin tidak sulit menjadikan anak-anak untuk pintar di sekolah pada umumnya. Tapi sangat sulit mencetak anak-anak yang menjunjung tinggi akhlak mulia seperti yang diterapkan di sekolah asrama seperti SMAN CMBBS.

 

Ketika anak pulang dari sekolah asrama. Dipastikan ada pendidikan yang luar biasa dan ada pula akhlak yang mulia. Kita sepakat, pendidikan anak memang harus tinggi. Tapi akhlak anak pun harus jauh lebih tinggi melangit … 

 

Maka, sambutlah dengan penuh bangga dan syukur.

Ketika anak pulang dari sekolah asrama. Agar mereka bisa merintis masa depan yang lebih optimis. Kalau nanti anak-anak kita lupa jalan pulang, maka izinkan kita menjadi apa saja yang akan menemani mereka.

 

Ketika anak pulang dari SMAN CMBBS.

Kadang, memang ada beberapa pergi tak mengenal pulang. Tapi sambutlah gembira ketika anak pulang … #TGS #SMANCMBBS #KetikaAnakPulang

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB