x

Iklan

Mbarep Panji Pratitis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2019

Rabu, 13 November 2019 21:57 WIB

Mau Bahagia atau Mau Sukses, Kamu Butuh Grooming Program

grooming program yang disampaikan oleh tante Yuliana F Hartanto

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Grooming Program

Perkenalkan nama saya Mbarep Panji Pratitis mahasiswa Universitas Mercubuana jurusan Public Relation angkatan 2018. Grooming sangat lah penting untuk kita semua baik muda, tua, pria, wanita, pembisnis ataupun profesional sekalipun.

Ilmu Grooming yang disampaikan oleh tante Yuliana Hartanto sangat berguna bagi saya dan peserta seminar yang diadakan pada hari senin jam 14.00 wib di Auditorium Harun Zein Universitas Mercubuana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tujuan hidup sebenarnya hanya ada dua : mau bahagia dan mau sukses. Untuk mencapai itu kita perlu mengembangkan diri menjadi lebih baik. Ya memang tujuan hidup hanya 2 walaupun sebenarnya ada banyak, contoh pilihannya adalah surga atau neraka, kaya atau miskin, pintar atau bodoh dan lain lain.

Grooming tidak hanya menuntut anda harus berpenampilan cantik atau tampan saja tetapi bagaimana caranya anda terlihat sempurna atau yang tante Yuli bilang paket komplit kita harus cantik, pintar dan beretika baik karna kesan pertama akan memunculkan presepsi orang tentang diri kita dan bisa jadi akan menentukan masa depan kita.

Seperti pengalaman tante Yuli ketika dirinya di lift dan ketika itu ada seorang pria melirik ke arahnya lalu pria itu meminta contacnya dan mengajaknya menikah dan sebelumnya tante Yuli belum pernah berpacaran dengan oranga lain dan hanya kepada orang itu tante Yuli berpacaran dan hidup berdampingan hingga sekarang. Suami dari tante Yuli juga bukan orang sembarangan dia memiliki rumah seharga 3M dan bisa menghidupi tante Yuli dan anak anaknya hingga sekarang dan anak – anak nya pun sukses juga salah satunya menjadi model di neo soho.

Groom your look : saat pertama kali bertemu orang penampilan fisiklah yang diperhatikan dan dinilai, maka dari itu kita harus selalu tampil rapi dan menarik. Hal utama yang dapat dijadikan motivasi untuk menata diri adalah rasa kecintaan terhadap diri sendiri.

Groom your body : menjadi sehar dan langsing adalah impian setiap orang. Namun tidak semua dapat memilikinya karna faktor godaan terhadap makanan dan malas bergerak untuk olahraga (tidak mudah diatasi)

Groom ypur confidence and personality : hampir setiap manusia memiliki masalah kepercayaan diri (confidence) dan pembawaan diri (personality development)

Ada beberapa penyebab orang tidak percaya diri :

  1. Keadaan ekonomi yang lemah
  2. Kondisi fisik yang kurang memuaskan
  3. Masalah keluarga
  4. Tidak dapat menemukan kelebihan diri
  5. Lebih banyak dikritik daripada dipuji

 

 

Ada juga beberapa sumber percaya diri :

  1. Inner : didapat dari spiritual life, pendidikan, dan orangtua/keluarga.
  2. Outer : didapat dari kecantikan, kekayaan dan kekuasaan.

 

Groom your behaviour, atitude, and mindset : banyak pola pikir orang Indonesia yang harus dibenahi yaitu :

  1. Jam karet : orang yang jam karet sudah merampas waktu dan kesempatan oranglain. Anda bukan hanya menjadi tukang telat, tetapi juga perampok.
  2. Malas antre : mengantri adlaah hal kecil yang tentunya diajarkan di sekolah dasar, tetapi masih belum dilakukan dengan benar di Indonesia.
  3. Quick to judge : terlalu cepat bereaksi akan suatu hal tanpa melihat keseluruhan situasi / gampang percaya apa yang didengar dan dibaca itu adalah tanda ketidakcerdasan.
  4. Menolak teguran dan keritikan : banyak masyarakat ketika di tegur dan diberi masukan malah tidak mau mendengarkan dan malah bertindak seenaknya dengan mengatan orang itu bawel, tukang ngomel dan lain lain
  5. Celamitan : ketika ada teman yang naik jabatan atau ulang tahun biasanya teman kita selalu meminta traktir dan mengharapkan sesuatu alangkah lebih baiknya kita mengucapkan selamat dengan tulus tanpa mengharapkan apa – apa

Groom your home : ini adalah salah satu hal yang penting karena kualitas manusia yang baik selalu berawal dari rumah, ketika sumber manusianya sudah bagus maka negara Indonesia bisa menjadi negara maju karna sumber daya manusianya yang berkualitas. Kita sering mendengar istilah anak seperti kertas putih kosong dan orang tua bertugas mengisinya. Ditangan orangtua, anak itu bisa menjadi sampah atau berlian.

Groom your career : siapa yang tdak mau sukses ? everybody wants success! tapi banyak orang yang salah mengartikan kesuksesan. uskses seringkali diidentikkan dengan kekayaan. padahal kaya itu hiduo yang berlebihan sementara sukses itu bisa hidup tidak keurangan. menurut tante Yuli dala, bukunya yang berjudul Level UP! kekayaan adalah anugrah atau takdir yang sudah ditentukan tuhan. berbeda dengan kesuksesan. kita hanya bisa membuat diri kita sukses dengan kualitas - kualitas diri.

"Banggalah pada diri sendiri jika anda hidup tidak berkekurangan karna anda pantas disebut sukses "

Kita harus selalu berpenampilan rapi ketika kita sedang bekerja ataupun berkuliah memiliki pengetahuan dan etitude yang baik karna pada dasarnya cantik atau pintar sama sama menjadi senjata andalan untuk menjadi orang sukses contohnya adalah Kylie Jenner membangun perusahaan kosmetik. Dia menonjolkan penampilan fisik dan kepopulerannya dalam measarkan produk – produk tersebut di usia 21 tahun dia menjadi youngest self made billionare in America versi majalan Forbes! sedangkan Mark Zuckerberg yang membangun facebook dan menjadi bilyuner pada usia 23 tahun. Dapat kita lihat disini bahwa Kylie mengandalkan kecantikannya untuk menjadi bilyuner diusia muda sedangkan Mark mengandalkan kepintarannya untuk menjadi bilyuner diusia muda, alangkah lebih baiknya kita mempunyai kecantikan, kepintaran serta atitude (Paket Komplit) dalam diri kita agar kita bisa menjadi seperti mereka.

Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari beliau salah satunya adalah bagaimana kita tau kapan harus memakai otak dan kapan harus memakai hati contohnya adalah ketika ada seorang anak kecil yang berjualan tisu di perempatan lampu merah, anak kecil itu menjual tisu dengan harga 10.000 rupiah sedangkan harga aslinya adalah 5.000 rupiah hati kira iba melihatnya sedangkan otak kita berkata bahwa mereka telah dikendalikan oleh oknum oknum nakal yang bersembunyi dan tega mempekerjakannya.

Saya menerapkan semua materi diatas dalam kehidupan sehari hari contohnya adalah saya selalu berpenampilan rapi dan wangi ketika berkuliah atau bertemu dengan teman tetapi ketika sudah sampai dirumah saya bebas berpenamilan apa saja karna dirumah adalah tempat yang privasi dan tak ada aturan kita harus selalu rapi dan memakai celana panjang. yang penting kita dirumah itu merasa nyaman dan tidak mengganggu.

Saya juga selalu mengupgrade diri dengan mengikuti kegiatan ormawa (organisasi kemahasiswaaan) baik itu organisasi di jurusan (HIMA : Himpunan Mahasiswa) atau sebagai anggota UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan saya juga berteman dengan orang orang yang bisa dibilang lebih pintar dan mempunyai banyak pengalaman dibanding dengan saya 

Saya juga dituntut untuk mempunyai etika yang baik, karna dijurusan Public Relation semua mahasiswanya harus memiliki atitude yang baik karna nanti pada saat sudah bekerja kita sebagai PR perusahaan, dan yang dilihat bukan personal kita tetapi perusahaan kia contohnya : ketika kita menjadi PR Universitas Mercubuana dan sedang ada pertemuan dengan Universitas lain maka orang itu akan berbicara "hei lihat unv mercubuana sudah datang" diri kita adalah cerminan dari perusahaan kita.

Tante Yuli juga bercerita bahwa dia pernah memakai celana pendek ke metro tv hanya untuk keruang ganti baju dan seseorang melihatnya dan berkata "ohh ini yang mau dibesarin sama metro" maksud dari perkataan itu adalah orang yang berbicara melihat tante Yuli memakai celana pendek ke kantor adalah hal yang tidak wajar karna apapun alasannya ketika kita sudah memasuki kantor harus memakai celana panjang. ketika diluar atau pun dirumah tidak masalah untuk menggunakan celana pendek. maka dari itu tante Yuli tidak memakai celana pendek lagi pada saat ke metro tv

ada hal yang harus diperhatikan lagi kita jangan pernah nyaman dengan diri kita dan tidak menghiraukan nasihat dari orang lain. biasanya anak jaman sekarang selalu berkata "ini diri gua kalo ga suka ya yaudah urusan lu " sebenernya kata kata itu salah, seharusnya kita membenahi diri agar orang lain suka kepada kita.

tak ada salahnya kita sebagai mahasiswa meng grooming diri kita dan menjadi agen perubahan untuk teman teman yang ada disekeliling kita untuk menjadi sumber manusia yang baik. kita harus mengupgrade diri kita karna nanti saingan kita bukanlah hanya dari indonesia tetapi juga dari luar negri. seperti yang sudah disampaikan oleh tante Yuli tentang vidio mahasiswa yang sudah lulus dan masih menggunakan toga menagih janji jokowi yang ingin membuka lapangan pekerjaan sebanyak 10.000 lapangan pekerjaan dan sekarang pa jokowi malah mempekerjakan warga negara asing dan tanggapan dari tante Yuli adalah kita sebagai manusia harus bisa mengupgrade diri kita agar mendapatkan pekerjaan atau kita harus membuat lapangan pekerjaan untuk kita dan orang lain.

jangan pernah mengikuti alur seperti membeli barang branded yang harganya fantastis yang membuat kita harus meminjam kepada teman kita karna gaji kita tidak cukup untuk membelinya, kita membeli barang mewah itu bukan karna kebutuhan tetapi hanya karna gengsi, kalau ga pake barang mahal dan ori maka kita akan dijauhi teman. contoh kasusnya adalah ketika seseorang yang hanya mempunya gaji 10juta rupiah tetapi ia ingin membeli tas seharga 50juta rupiah ia mengupayakan segala hal asalkan ia dapat mendapatkan tas itu karna kalau dia tidak mempunyai tas itu maka dia tidak dipercaya sebagai orang yang kaya dan tidak dipercay sesama rekan bisnisnya. jadi hidup lah apa adanya jangan membeli suatu barang yang kita tidak mampu untuk membelinya.

Ikuti tulisan menarik Mbarep Panji Pratitis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler