Dahsyatnya Corona: 300 Lebih Orang Tewas, 14 Ribu Terinfeksi, 24 Negara Tertular - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Penyebaran virus Corona

Anung Suharyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Oktober 2019

Minggu, 2 Februari 2020 19:38 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Dahsyatnya Corona: 300 Lebih Orang Tewas, 14 Ribu Terinfeksi, 24 Negara Tertular

    Penyebaran virus corona sungguh cepat. Kini sebanyak 14.380 orang di Tiongkok terjangkit virus berbahaya ini. Korban yang meninggal mencapai 304 pada awal Februari ini.

    Dibaca : 2.677 kali

    Penyebaran  virus corona  sungguh cepat.  Kini  sebanyak  14.380  orang di Tiongkok terjangkit virus berbahaya ini.  Korban yang meninggal mencapai 304 pada awal Februari ini.

    Sebuah  perhitungan simulasi  yang dilakukan oleh peneliti  dari University of Hong Kong memperkirakan  75 ribu  orang di Wuhan—kota asal virus ini-- jauh lebih tinggi dibanding angka resmi.


    Jumlah kasus virus korona di seluruh dunia kini  telah melampaui epidemi Sars, yang menyebar ke lebih dari dua lusin negara pada 2003.

    Korban tewas pertama di luar China
    Seorang pria warga negara China, 44 tahun,  meninggal di Filipina setelah melakukan perjalanan dari Wuhan. Inilah  kasus kematian pertama di luar wilayah China.  

    Dia tiba di Filipina bersama seorang perempuan warga negara China yang juga dinyatakan positif mengidap virus itu, tambahnya.

    Seperti diberitakan oleh Rappler, Sekretaris Kementerian Kesehatan Filipina, Francisco Duque III mengatakan, pasien tersebut semula stabil dan menunjukkan tanda-tanda membaik, tetapi kondisinya memburuk dengan cepat selama 24 jam
    .

    Rabindra Abeyasinghe, perwakilan WHO untuk Filipina, mengatakan: "Ini adalah kematian pertama yang dilaporkan di luar China. "Namun, kita harus ketahui bahwa ini bukan kasus yang terpapar di tingkat lokal. Pasien ini berasal dari pusat penyebaran ini."

    Menutup  lalu-lintas dari China

    Amerika Serikat  dan Australia mengatakan mereka akan menolak masuknya semua pengunjung asing yang baru saja berkunjung ke China, tempat virus corona muncul pertama kali pada Desember lalu. Negara-negara lain, termasuk Selandia Baru, Rusia, Jepang, Pakistan dan Italia, juga telah mengumumkan pembatasan perjalanan serupa.

    Pemerintah Indonesia juga telah memutuskan untuk menutup akses dari dan ke Cina. Pendatang dari negara tersebut untuk sementara tidak diperbolehkan masuk dan transit di Indonesia. Hal ini berlaku bagi siapapun yang telah berada di Cina selama 14 hari.

    Penerbangan langsung dari dan menuju ke China akan mulai ditutup sementara mulai Rabu pekan depan yakni 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB. "Pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland China," kata  Retno di Landasan Udara Halim Perdanakusumah, Ahad, 2 Febaruari 2020.   ***

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.