x

Iklan

angel merita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Agustus 2020

Minggu, 16 Agustus 2020 16:16 WIB

Sosok Eddy Cahyadi, Sociopreneur Yang Memberdayakan Mahasiswa Tidak Mampu

Mengulas sosok entrepreneur muda Eddy Cahyadi yang memberdayakan anak-anak SMA dan kuliah dalam bisnis digitalnya. Pemilik akun instagram @thehermit19 yang menggabunkan konsep bisnis digital dan sociopreneur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Eddy Cahyadi yang lebih dikenal dalam dunia online dengan sebutan bang hermit. Usianya masih tergolong muda. Pria kelulusan dari Inggris ini mulai menempuh karirnya di bidang digital sejak 2014 lalu. Meskipun tidak terbilang lama, tapi soal bisnis online di Indonesia dirinya sudah memiliki segudang pengalaman di bidang digital, dari online shop hingga blogging.

 

Saat ini Eddy fokus dalam membuat blog dan artikel online yang menyasar target audience generasi milenial. Bersama timnya, ia membangun akun komunitas yang cukup dikenal oleh anak muda di Indonesia dengan nama prestigeholics. Akun komunitas ini begitu populer di kalangan anak remaja terutama dalam membahas masalah kehidupan dan percintaan anak muda masa kini yang suka galau. Dalam bisnis ini, Eddy berperan sebagai founder dan juga pencetus ide mengenai tema yang dibahas dalam akunnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Eddy sejak kecil sudah senang berimajinasi untuk membuat tulisan-tulisan. Pengalaman digabungkan dengan pengetahuan akademis yang diperolehnya memberikan inspirasi ke arah mana Eddy berkontribusi dalam komunitas. Berbekal dengan kepiawaiannya dalam marketing dan bisnis digital, ia juga memanfaatkan akun komunitasnya untuk membantu usaha-usaha mikro dalam mempromosikan produk dagangannya, atau yang dikenal dengan product endorsement.

 

Hebatnya, selain mencari keutungan dalam bisnis, Eddy Cahyadi juga memberdayakan anak-anak SMA dan kuliah yang membutuhkan biaya untuk pendidikannya. Tak hanya memberikan mereka pekerjaan untuk membantu membangun komunitasnya, ia juga mengedukasi mereka bagaimana melakukan bisnis online, mulai dari blogging, copywriting, online marketing, brand management yang berguna bagi mereka kelak ketika memulai karir mereka di dalam industri digital. "Saya selalu ingin berkontribusi kepada masyarakat terutama membantu mereka yang membutuhkan, sehingga nantinya mereka juga dapat berkontribusi di masa depan dan memberikan nilai tambah dalam industri digital." Ujarnya.

 

Dengan pengalamannya dan pengetahuannya yang mumpuni dalam bisnis online, akhirnya membuat ia menggabungkan konsep bisnis digital dan sociopreneurship. Perlu diketahui bahwa konsep sociopreneur bukanlah konsep yang baru, di mana bisnis dijalankan tidak hanya memperoleh profit, tetapi juga diarahkan untuk membantu kesejahteraan masyarakat. Menurut Eddy, selain membantu bisnis mikro dalam pemasaran, sistem bisnis seperti ini juga membantu memberdayakan anak-anak sekolah dan kuliah untuk meraih masa depan mereka. " Jadi intinya bisnis saya itu lebih beorientasi dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat itu sendiri. Karena kita hidup di tengah-tengah masyarakat, jadi semuanya harus kembali ke masyarakat itu sendiri." Imbuhnya.

 

Diakuinya, saat ini sudah ada lebih dari 5 mahasiswa yang menjadi bagian dalam bisnisnya yang telah ia biayai dari awal kuliah sampai lulus. Mereka sangat merasa terbantu dalam proses bisnis ini. Selain mereka mendapat pengalaman dari bekerja menjadi admin di komunitas yang dibangun oleh Eddy Cahyadi ini, mereka juga bisa membiayai biaya kuliah mereka demi masa depan yang lebih baik.

 

Dengan segudang pengalaman bisnis yang gemilang dan mulia ini, pemilik akun instagram @thehermit19 ini pun dikenal sebagai influencer di media sosial yang memiliki total lebih dari 15 juta followers dari seluruh komunitas yang dimilikinya.

 

"Ke depannya, saya juga akan tetep melakukan bisnis digital yang selalu berorientasi dalam membantu masyarakat." pungkasnya.

Ikuti tulisan menarik angel merita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu