PK [5] Pentingnya Karakter dalam Pengembangan Kepribadian - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: Mentor Texts 4 Munchkins

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 8 Oktober 2020 20:09 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • PK [5] Pentingnya Karakter dalam Pengembangan Kepribadian

    Tentang pengembangan kepribadian, bagian 5.

    Dibaca : 536 kali

    Mari kita pahami dulu apa arti karakter?

    Karakter mengacu pada jumlah kualitas dan karakteristik individu yang membedakannya dari orang lain. Karakter seseorang sebenarnya adalah penggabungan dari kualitasnya yang membuatnya unik dan membantunya berdiri terpisah dari yang lain.

    Karakter memainkan peran penting dalam Pengembangan Kepribadian

    Ingatlah bahwa pengembangan kepribadian tidak hanya tentang terlihat bagus dan memakai merek mahal. Ini juga tentang mengembangkan batin seseorang dan menjadi manusia yang baik. Lebih dari siapa pun, Anda bertanggung jawab pada diri sendiri. Jangan melakukan apa pun yang Anda sendiri tidak yakin. Seseorang menjadi gugup hanya jika dia malu dengan apa yang dia lakukan.

    Karakter adalah sesuatu yang lahir dengan seseorang dan jarang berubah seiring waktu sebagai lawan perilaku. Kejujuran adalah karakter yang melekat pada individu yang tidak akan pernah berubah terlepas dari situasi atau keadaannya. Apakah Anda akan mencuri atau menipu orang lain hanya karena Anda memiliki tabungan yang cukup saat ini? Benar-benar TIDAK - Itu TIDAK ADA di dalam darah Anda.

    Seseorang dengan karakter yang baik menemukan penerimaan di mana pun dia berada dan dihormati oleh semua. Karakter meliputi ciri-ciri seperti:

    • Kejujuran
    • Kepemimpinan
    • Kepercayaan
    • Keberanian
    • Kesabaran

    Anda tidak boleh memaksa seseorang untuk setia kepada organisasinya atau dalam hal ini anggota keluarganya. Karakter adalah sesuatu yang datang dari dalam dan seringkali berumur panjang. Karakter yang baik membantu Anda mengembangkan kepribadian pemenang. Dengan kata lain, karakter yang baik adalah tulang punggung dari kepribadian magnetis yang menarik orang lain.

    Seseorang harus jujur dalam bekerja. Anda perlu mengembangkan rasa loyalitas dan keterikatan terhadap organisasi Anda. Komitmen harus datang dari dalam. Jangan hanya bekerja demi uang. Jangan menghadiri kantor hanya untuk memenuhi tanggung jawab pekerjaan Anda. Ya, Anda pasti akan menerima gaji Anda tetapi bagaimana dengan kepuasan Anda sendiri? Tidak ada orang yang dapat mengukur tingkat loyalitas atau komitmen Anda. Anda perlu bertanya pada diri sendiri "Apakah Anda benar-benar senang dengan penampilan Anda?" “Seberapa besar kontribusi Anda terhadap keberhasilan organisasi Anda? Analisis diri Anda.

    Orang yang tidak loyal terhadap organisasinya sering kali menganggap pekerjaan itu monoton dan hanya sebagai sumber beban. Saat Anda mulai menikmati pekerjaan Anda, kinerja Anda secara otomatis akan naik. Jika Anda menyia-nyiakan separuh hari, mengobrol dengan teman atau bermain game di internet, tidak akan ada yang tahu kecuali Anda. Jangan membohongi diri sendiri. Jika waktu makan siang Anda satu jam, pastikan Anda tidak menyia-nyiakan dua jam untuk bergosip atau berkeliaran.

    Tidak setiap orang bisa menjadi pemimpin yang baik. Anda perlu memiliki kualitas kepemimpinan untuk dapat memimpin tim Anda dengan baik. Anda harus berkepala dingin untuk menjadi pemimpin yang baik. Ingat, anggota tim Anda mungkin muncul dengan pertanyaan apa pun yang mungkin logis, mungkin tidak logis, atau relevan. Anda tidak bisa berteriak pada mereka, kalau tidak mereka tidak akan pernah terbuka.

    Seorang individu dengan karakter yang baik pada gilirannya akan memiliki kepribadian yang baik. Jika Anda sangat tampan tetapi tidak tahu bagaimana harus bersikap, jangan heran jika Anda diabaikan oleh orang lain. Tidak ada yang lebih penting dari karakter dan nilai moral Anda. Jangan pernah menipu orang lain. Ingat, hidup bukanlah apa-apa tanpa etika dan nilai.

    ***
    Solo, Kamis, 8 Oktober 2020. 2:06 pm
    'salam sukses penuh cinta'
    Suko Waspodo

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.