x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Jumat, 20 November 2020 06:44 WIB

Cara Memilih Menu Hidangan Catering untuk Pernikahan

Pernikahan merupakan momen penting dan menyenangkan dalam kehidupan. Pada acara pesta pernikahan, beberapa hal yang perlu disiapkan secara masak. Diantaranya ialah permasalahan makanan atau catering.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernikahan merupakan momen penting dan menyenangkan dalam kehidupan. Pada acara pesta pernikahan, beberapa hal yang perlu disiapkan secara masak. Diantaranya ialah permasalahan makanan atau catering. Kesempatan ini, kami akan membahas sekitar panduan catering pernikahan, langkah pilih menu yang pas.

Dalam pikiran beberapa tamu undangan, acara pesta pernikahan sama dengan makanan sedap. Menyajikan makanan nikmat ialah poin utama yang perlu jadi perhatian pemilik acara pesta. Sebab, kesedapan sajian akan memberikan kepuasan pada beberapa tamu undangan.

Hal itu yang jadi tanda keberhasilan satu acara pesta pernikahan. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah tips dari Catering Bandung terkait cara memilih menu catering agar para tamu senang:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Sesuaikan Menu dengan Tema Pesta Pernikahan

 

Apa topik pernikahan Anda? Apa tradisionil, atau internasional? Bila pernikahan Anda bertopik tradisionil, suguhkanlah menu yang dikuasai dengan makanan ciri khas wilayah. Beberapa salah satunya seperti sate, bakso, siomay, dan yang lain.

Tetapi, bila pernikahan Anda bertopik internasional, karena itu sajian juga berlainan kembali. Menu lebih condong ke beberapa jenis makanan seperti kebab, steak, dan menu internasional yang lain.

 

Tentukan Jumlah Makanan

 

Dalam acara pesta pernikahan, membuat jumlah makanan ialah hal yang tidak kalah penting. Kalkulasilah daftar tamu undangan untuk memperoleh jumlah makanan. Bila telah dihitung, persiapkanlah menu lebih beberapa dari jumlah tamu undangan. Seharusnya siapkan jatah 2x lipat. Misalkan, tamu undangan 500 orang, karena itu sediakanlah makanan untuk 1000 orang.

Tetapi, umumnya cuman seputar 85% sampai 90% saja tamu undangan yang datang. Jadi, angka 1000 dapat Anda turunkan 85%-90%.

 

Sediakan Menu yang Bevariatif

 

Daging ialah menu yang spesial. Tetapi, bila seluruh menu yang disajikan ialah daging, karena itu makanan akan berasa menjemukan. Oleh karena itu, anekaragamkanlah menunya. Maksudnya supaya beberapa tamu undangan bisa pilih dengan bebas menu makanan yang mereka gemari.

Jangan lupa menyediakan menu camilan. Anda dapat pilih menu yang simpel saja. Untuk camilan, Anda dapat pilih es cream, kue anak kecil, puding, dan ada banyak yang lain.

 

Pilih Menu yang Disukai Banyak Orang

 

Pastikan Anda pilih menu makanan yang telah dikenali oleh beberapa orang. Jauhi opsi menu aneh yang kurang dekat untuk warga seputar. Janganlah lupa untuk pilih makanan yang tidak menyusahkan waktu dikonsumsi. Sebab, banyak orang condong lebih senang dengan makanan yang ringkas.

Beberapa menu yang perlu dijauhi seperti iga atau ikan berduri. Tulang iga dan duri umumnya mempersulit beberapa tamu. Berkaitan ikan, Anda dapat membuat durinya lunak dengan dipresto.

 

Sesuaikan Menu dengan Daerah Asal Pengantin

 

Kebanyakan menu pesta pernikahan disamakan dengan tempat asalnya ke-2 pasangan pengantin. Menu yang disajikan umumnya ambil masakan ciri khas wilayah semasing. Misalkan, bila Anda berawal dari Palembang, dapat memasukkan menu seperti tekwan dan pempek.

Menu makanan ciri khas wilayah tidak kalah sedap dibanding beberapa menu ciri khas luar negeri. Masakan ciri khas Indonesia kaya rempah. Jadi, jangan sangsi untuk pilih beberapa menu terhebat ciri khas wilayah. Kecuali sedap, dapat tingkatkan kepuasan beberapa tamu undangan.

 

Itulah tips dari Caterin Bandung terkait cara memelih menu hidangan catering pernikahan yang pas. Tetapi, sebaiknya, penyeleksian menu disamakan dengan anggaraning. Janganlah lupa untuk memperhatikan banyaknya. Sebab, sedap saja tidak cukup.

Jika jumlah jatahnya kurang, pasti berpengaruh pada kekecewaan beberapa tamu. Jadi, di antara kesedapan menu, harus lurus sebanding dengan porsi jumlah yang sesuai beberapa tamu undangan.

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB