Dongeng Kopi Latte, Ketika Kopi Susu Berpadu dengan Rimpang Pilihan - Travel - www.indonesiana.id
x

Donngeng Kopi Latte adalah satu signature drink pilihan di Dongeng Kopi yang bisa dinikmati untuk menghangatkan badan dan menambah vitalitas.

Dongeng Kopi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Desember 2020

Minggu, 20 Desember 2020 19:14 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Dongeng Kopi Latte, Ketika Kopi Susu Berpadu dengan Rimpang Pilihan

    Salah satu wasiat racikan minuman paling kaya khasiat ialah setrop yang dipercaya bikin badan bugar, vitalitas membumbung, melancarkan aliran darah dengan kombinasi rimpang, rempah-rempah pilihan menghangatkan badan dan bikin awet sehat.

    Dibaca : 896 kali

    Tidak banyak pilihan signature drink yang ceritanya sangat panjang. Apalagi dibalut dengan mitos dan cerita rakyat. Dongeng Kopi, kedai yang berada di Jogja ini menghadirkan banyak sekali menu yang memantik ingatan pada cerita rakyat, pada cerita fabel dan ingatan mengenai dongeng dongeng masa silam.

    Jika ada papan pilihan menu di banyak kedai hanya menghadirkan sejumlah menu pada umumnya, di Dongeng Kopi semua menu punya nama alias. Biasanya mengambil satu tokoh yang sangat familiar di folklore, cerita yang muncul dan mengendap kuat di ingatan orang -orang masa lalu.

    "Barangkali sebagian dari ingatan kita memang sudah pudar akan cerita rakyat. kami ingin mengangkat kembali. Bahwa lewat getok tular, word of mouth, masih ada cerita yang bisa dibagikan. Meski itu memakai medium kopi," ujar Renggo Darsono, juru cerita Dongeng Kopi mengungkapkan.

    Khusus untuk Dongeng Kopi latte, sirup yang dibikin konon berdasar cerita Empu Sindok.

    Menurut cerita Renggo Darsono, Empu Sindok selain berperan memindahkan Mataram kuno ke Jawa Timur, setelah Pralaya Merapi di tahun 928 Saka, konon melalui cerita turun temurun dari Anjukladang tentang kisah tak terceritakan soal Medang, Mpu Sindok juga ahli dalam meracik minuman dan makanan berbasis hasil bumi yang ada di alam sekitar.

    Salah satu wasiat racikan minuman paling kaya khasiat ialah setrop yang dipercaya bikin badan bugar, vitalitas membumbung, melancarkan aliran darah dengan kombinasi rimpang, rempah-rempah pilihan menghangatkan badan dan bikin awet sehat.

    Sekitar tahun 2013, melalui catatan resep jamu warisan Mbah Setra Prawiro, kami didongengin Mbah Dalilah cucu penerus bakul jamu, lalu kami coba bikin, lantas menyemat sebutan baru dengan nama setrop Wilwatikta. Berpautan dengan kopi susu Rekso Rumekso, dalam pesanan panas terbitlah Dongeng Kopi Latte. Kopi andalan tulen dari #KakiMerapi.

    Dongeng Kopi Latte, Ketika Kopi Susu berpadu dengan Rimpang Pilihan



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.