x

Dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) sangat besar. Seseorang yang mengalami adiksi, di samping mengalami keluhan secara fisik juga mengalami perubahan struktur dan fungsi otak.\xd \xd Demikian pernyataan salah seorang praktisi kesehatan jiwa, dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) saat ditemui dari Departemen Psikiatri FK UI RSCM, Senin petang (2/7).\xd \xd \x201cStruktur dan fungsi otaknya mengalami perubahan. Jadi, kalau kita lihat otaknya pake MRI, ada perubahan di bagian otak pre-frontal cortex\x201d, tutur dr. Siste.\xd \xd Gangguan pada bagian otak tersebut mengakibatkan orang yang mengalami suatu ketergantungan atau kecanduan kehilangan beberapa kemampuan/fungsi otaknya, antara lain fungsi atensi (memusatkan perhatian terhadap sesuatu hal), fungsi eksekutif (merencanakan dan melakukan tindakan) dan fungsi inhibisi (kemampuan untuk membatasi).

Iklan

Muh Said

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Januari 2021

Rabu, 6 Januari 2021 06:34 WIB

Game Online dan Dampaknya bagi Masyarakat


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Game Online dan Dampaknya Bagi Masyarakat

Makassar 4 Januari 2021

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) sangat besar. Seseorang yang mengalami adiksi, di samping mengalami keluhan secara fisik juga mengalami perubahan struktur dan fungsi otak.

Demikian pernyataan salah seorang praktisi kesehatan jiwa, dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) saat ditemui dari Departemen Psikiatri FK UI RSCM, Senin petang, 2/4. “Struktur dan fungsi otaknya mengalami perubahan. Jadi, kalau kita lihat otaknya pake MRI, ada perubahan di bagian otak pre-frontal cortex,” tutur dr. Siste.

Gangguan pada bagian otak tersebut mengakibatkan orang yang mengalami suatu ketergantungan atau kecanduan kehilangan beberapa kemampuan/fungsi otaknya, antara lain fungsi atensi (memusatkan perhatian terhadap sesuatu hal), fungsi eksekutif (merencanakan dan melakukan tindakan) dan fungsi inhibisi (kemampuan untuk membatasi).

Tetapi, bermain game online ternyata tidak selalu membawa dampak buruk, lho. Anda bisa merasakan pengaruh positifnya jika tidak dilakukan secara berlebihan, seperti berikut ini.

Menambah Aktivitas Otak

Salah satu dampak positif game online yang bisa Anda rasakan yaitu menambah dan mengasah aktivitas otak. Tentu saja, pada setiap permainan dibutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat fokus mencapai skor tertinggi. Selain itu, sambil menyelesaikan misi dibutuhkan strategi tepat sehingga memaksa otak Anda untuk mencari inovasi agar dapat menang melawan musuh.

Melatih Rasa Kesportifan Terhadap Lawan

Pengaruh game online selanjutnya yaitu dapat melatih rasa sportifan pada lawan. Hal ini dapat membuat Anda lebih siap menerima kekalahan tanpa rasa putus asa ataupun kemenangan dengan rendah hati. Cara seperti ini dapat membuat Anda bermain lebih jujur mengikuti aturan yang berlaku.

Mengasah Kemampuan Kerja sebagai Tim

Di dalam area permainan online seringkali dibutuhkan kerjasama tim untuk mendapatkan sebuah kemenangan dan bonus. Oleh karena itu, Anda pun akan dilatih agar terbiasa berkomunikasi aktif bersama tim untuk saling membantu dan mendukung.

Membiasakan Diri dengan Lebih dari Satu Aktivitas

Agar dapat mencapai kesuksesan dalam bermain game online, dibutuhkan keahlian yang baik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat melakukan hal tersebut. Kebiasaan tersebut dapat menghasilkan dampak positif game online yaitu terbiasa melakukan lebih dari satu kegiatan secara bersamaan.

Menghibur Diri dengan Aktivitas Berbeda

Berbagai aktivitas yang kita hadapi memang seringkali menimbulkan rasa bosan. Perasaan seperti itu dapat mempengaruhi menurunnya kinerja seseorang baik anak-anak di sekolah hingga orang dewasa yang sudah bekerja. Jadi, mulailah mencari aktivitas berbeda seperti bermain game online untuk menghibur diri dan mengembalikan semangat.

Ikuti tulisan menarik Muh Said lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu