Life and Times of Mankind - Analisa - www.indonesiana.id
x

Gaya Hidup

Harits

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 September 2020

Jumat, 19 Februari 2021 13:34 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Life and Times of Mankind

    Kehidupan dan Perjalanan Masa Manusia

    Dibaca : 732 kali

    Kali ini saya menulis hal yang serius. Rasulullah Muhammad SAW pernah berdialog dengan seorang pria terkait masalah usia. Pria itu bertanya, “Siapakah manusia terbaik wahai Rasulullah?” Rasulullah pun menjawab, “Orang yang panjang umurnya dan bagus amalnya.” Kemudian pria tersebut bertanya sebaliknya, “Siapakah manusia terburuk wahai Rasulullah?” Rasulullah lalu menjawab, “Orang yang panjang umurnya namun jelek amalnya.”

    Pada kesempatan lain, seorang sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah orang mukmin yang paling cerdas?” Rasulullah lalu menjawab, “Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian, itulah orang yang paling cerdas."

    Kawan, ingatkah kau Q.S. Al-'Asr?

    “Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.”

    "How we spend our youth will determine our state in old age and our state of dying" yang artinya "Bagaimana kita menghabiskan masa muda akan menentukan keadaan kita di hari tua dan keadaan kita menjelang tutup usia" (Dr. Bilal Philips).

    Good luck, everyone!

    @HaritsMasduqi

    Catatan: "Judul tulisan di atas adalah adaptasi dari judul 'Life & Times of Michael K', sebuah novel yang dikarang oleh J. M. Coetzee pada tahun 1983. Novel ini memenangkan the Booker Prize 1983 dan mendukung sang pengarang memperoleh Hadiah Nobel Sastra pada tahun 2003."



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.