Cara Mengetahui Keaslian Madu dengan 5 Langkah Mudah - Urban - www.indonesiana.id
x

perbedaan madu asli dan palsu

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Jumat, 26 Maret 2021 20:11 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Mengetahui Keaslian Madu dengan 5 Langkah Mudah

    Madu merupakan bahan alami yang sudah dikonsumsi sejak dahulu. Maklum manfaatnya banyak. Sayangnya, saat ini banyak sekali beredar madu palsu di pasaran. Bahan gadungan ini jika dikonsumsi malah memberikan efek samping merugikan. Madu asli sepenuhnya diproduksi oleh lebah madu tanpa campur tangan manusia. Bagaimana menemukan tanda-tanda sebotol madu do hadapan kita adalah asli?

    Dibaca : 1.079 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Madu merupakan salah satu bahan alami yang sudah dikonsumsi sejak dahulu karena memiliki banyak manfaat. Jadi, tidak heran lagi jika madu terus dicari banyak orang untuk keperluan kesehatan.

    Sayangnya, saat ini banyak sekali beredar madu palsu di pasaran, yang mana jika dikonsumsi bukan malah bermanfaat, melainkan memberikan efek samping yang merugikan.

    Madu dapat dikatakan asli jika sepenuhnya diproduksi oleh lebah madu tanpa campur tangan manusia. Setelah mencari sekian banyak bunga untuk menghisap sari-sarunya, lebah akan kembali ke sarangnya untuk menyebarkan nektar ke pekerja lainnya.

    Lebah pekerja akan mengunyah nektar dan menyebarkannya dari mulut ke mulut hingga kadar airnya menurun cukup signifikan. Selama proses berlangsung, enzim lebah akan memecah gula kompleks pada nektar menjadi gula sederhana.

    Hal inilah yang membuatnya mudah dicerna oleh lebah, dan sangat minim kemungkinan untuk diserang bakteri. Proses ini juga turut memberikan madu sifat anti bakteri.

    Bagaimana Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu?

    Menurut informasi dari Paramorina selaku penyedia madu anak terbaik di Indonesia, ada banyak sekali metode yang dapat dilakukan untuk membedakan madu asli dan palsu. Menurut studi para pakar, cara paling mudah yang digunakan untuk membedakan madu asli dan palsu yaitu dengan mencampurkan madu dengan air.

    Caranya, ambil wadah yang sudah terisi air, lalu tuangkan madu secukupnya pada wadah tersebut. Jika madu langsung terjatuh ke dasar air, maka kemungkinan besar madu tersebut asli. Karena, sifat madu ini tidak mudah tercampur dengan air.

    Selain itu, masih banyak lagi cara membedakan madu asli dan palsu yang bisa Anda terapkan. Seperti, merebusnya dengan sendok, tekstur madu, mengoleskannya pada kertas atau tisu, dan lain sebagainya. Silahkan terapkan sesuai keinginan Anda.

    Perbedaan Madu Asli dan Palsu

    Madu asli memiliki ciri bertolak belakang dengan yang palsu. Ciri-ciri ini sangatlah mencolok jika Anda cermat untuk mengujinya. Berikut perbedaan madu asli dan palsu yang bisa langsung Anda terapkan untuk pengujian.

    1. Madu Asli Tidak Lengket

    Jika Anda menggosokkan madu pada dua jari, madu asli cenderung tidak lengket. Berbeda dengan madu palsu yang memiliki sifat lengket karena ditambahkan pemanis dan bahan lainnya.

    Selain itu, Anda juga bisa mencoba dengan mengoleskan madu pada dasar kulit. Madu asli akan menyerap pada kulit. Jika Anda merasakan ada butiran kecil yang tertinggal, dapat dipastikan madu tersebut palsu.

    2. Tekstur Kental

    Jika botol madu Anda goyangkan, madu asli akan bergerak cukup lambat karena teksutrnya yang sangat kental.

    Sebaliknya, jika madu bergerak cepat dan ringan, kemungkinan besar madu tersebut palsu.

    3. Tidak Berbuih Saat Dipanaskan

    Saat dipanaskan, madu asli akan cepat menjadi karamel, namun proses tersebut tidak ada buih atau busa sedikitpun.

    Busa biasanya akan muncul pada madu palsu, karena madu palsu memiliki bahan tambahan kelembapan, gula, dan air.

    4. Tidak Mudah Larut dalam Air

    Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, madu asli memiliki sifat yang tidak mudah larut jika dicampurkan dengan air.

    Setelah dicampurkan, madu palsu cenderung lebih cepat larut karena madu palsu juga mengandung air sebagai bahan tambahan.

    5. Mengalir dengan Lancar

    Anda bisa mencobanya dengan menuangkan madu pada wadah satu ke wadah lainnya. Mudahnya, silahkan gunakan sendok dan tuangkan madu ke dalam wadah.

    Jika madu mengalir tanpa putus dan membentuk gumpalan saat sampai di permukaan wadah, dapat dipastikan itu adalah madu asli yang aman Anda konsumsi.

    Nah, cara membedakan madu diatas cukup Anda terapkan untuk mengetahui madu asli atau palsu. Jangan sampai, Anda kehilangan ribuan khasiat yang dimiliki oleh madu asli ya!

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.