5 Fakta Tentang Rick Allen, Pendaki Legendaris yang Tewas di Gunung K2 Kemarin - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

anton sujarwo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Desember 2020

Rabu, 28 Juli 2021 12:24 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • 5 Fakta Tentang Rick Allen, Pendaki Legendaris yang Tewas di Gunung K2 Kemarin

    Gunung K2 kembali merenggut nyawa. Kali ini nyawa yang direnggutnya adalah milik pendaki veteran Skotlandia bernama Rick Allen. Sebelum Allen, 5 pendaki juga rewas di K2 dalam pendakian musim dingin yang fenomenal. Salah satu korban saat itu adalah pendaki gunung terbesar dari Pakistan bernama Muhammad Ali Sadpara.

    Dibaca : 1.600 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    pendaki hilang

    Gunung K2 kembali merenggut nyawa. Kali ini nyawa yang direnggutnya adalah milik pendaki veteran Skotlandia bernama Rick Allen. Rick diketahui sedang berupaya membuat rute baru di gunung tersulit di dunia itu melalui sisi tenggara ketika sebuah longsoran menyapu tubuhnya di Camp I.

    Selain Rick Allen, dua rekan ekspedisinya juga ikut terluka, Stephan Berg dari Austria dan Jordi Tosas dari Spanyol. Beruntungnya, keduanya masih bisa diselamatkan ketika informasi tentang musibah ini disebarluaskan.

    Lantas, siapakah sebenarnya Rick Allen yang disebut-sebut sebagai pendaki veteran penakluk Mazeno Wall itu?

    Berdasarkan informasi yang dimuat di Akasaka Outdoor, Ini adalah fakta-fakta penting mengenai Rick Allen.

    Tidak banyak yang tahu pendaki gunung Rick Allen yang namanya tentu tidak sepopuler Reinhold Messner atau Rob Hall. Meskipun di atas gunung, pencapaian Rick Allen juga sangat signifikan.

    Lantas, apa saja hal menarik dari seorang Rick Allen?

    Pendaki Skotlandia Penakluk Mazeno Ridge

    Fakta pertama mengenai Rick Allen adalah dia merupakan orang pertama bersama dengan Sandy Allan, yang berhasil melakukan pendakian lintas penuh untuk Mazeno Ridge di pegunungan Nanga Parbat pada tahun 2012.

    Mazeno Ridge sendiri adalah sebuah punggungan sepanjang 12 kilometer dengan delapan puncak menjulang di atasnya. Puncak-puncak di Mazeno Ridge sendiri memiliki ketinggian bervariasi, mulai dari 6.800 meter hingga 7.150 meter.

    Sebelum berhasil diselesaikan pendakian lintasnya secara sempurna oleh Rick Allen dan Sandy Allan, Mazeno Ridge telah dicoba oleh banyak pendaki terbaik dunia seperti Doug Scott, Voytek Kurtyka, dan lain sebagainya.

    Salah Satu Tokoh Alpine style

    Rick Allen dikenal pula dengan prinsipnya dalam hal pendakian alpine style di gunung-gunung besar dunia. Prinsip ini membawa para pendakinya untuk mendaki dalam sebuah tim yang kecil, dalam waktu yang lebih singkat, dan juga dengan perbekalan yang lebih ringan. Umumnya prinsip alpine style meniadakan sherpa dan porter dalam pendakian mereka.

    Dalam buku Maut di Gunung Terakhir yang ditulis oleh Anton Sujarwo, tokoh alpine style itu ada beberapa yang cukup menonjol dan dianggap sebagai sentralnya. Nama Voytek Kurtyka atau Wojciech Kurtyka, Alex MacIntyre, adalah beberapa di antaranya.

    Rick Allen berteman dengan orang-orang ini dan mendaki dengan cara yang sama. Bahkan pada percobaan ketiga pendakian lintas Mazeno Ridge, Rick Allen mendaki secara langsung bersama Voytek Kurtyka dan juga Doug Scott dan gaya alpine style.

    Berteman dengan Para Legenda

    Sebagai pendaki gunung veteran dari Skotlandia, Rick Allen berteman dengan banyak legenda pendaki gunung terbaik dunia. Beberapa nama yang cukup populer pernah mendaki bersama Allen di berbagi tempat misalnya adalah Wojciech Kurtyka, Doug Scott, dan Andrew Lock.

    Selain berteman dan pernah bermitra dengan pendaki yang seusia dengan dirinya, Rick Allen juga pernah mendaki dengan pendaki yang lebih muda. Bahkan dalam ekspedisi di Annapurna tahun 2017, Rick Allen melakukan ekspedisi membuat rute baru bersama alpinis muda Polandia, Adam Bielecki.

    Menyukai Tantangan yang Belum Tertaklukkan

    Meskipun tidak begitu banyak catatan pendakian yang bisa ditemukan berkenaan dengan Rick Allen. Namun, catatan ini juga menjelaskan bahwa ia adalah sosok khas pendaki dari zaman pioneering.

    Ia diingat sangat jarang mendaki untuk rute normal di gunung-gunung delapan ribu meter dunia. Di Annapurna tahun 2017 bersama dengan Adam Bielecki dan Felix Berg, ia berusaha membuat rute baru. Walau pun berakhir dengan kegagalan mencapai puncak.

    Di tahun 2018, ia ikut ekspedisi di Broad Peak dalam sebuah pendakian yang lagi-lagi menggunakan sisi gunung non populer. Bahkan saat itu, Rick Allen sempat hilang dan disangka tewas sebelam drone dengan kamera milik tim Andrzej Bargiel menemukan dirinya.

    Bahkan Mazeno Ridge di Nanga Parbat itu, disebut-disebut sebagai mimpi terliar alpinis dunia untuk bisa melaluinya. Dan Rick Allen menaklukkannya pada tahun 2012 bersama Sandy Allen sebagai yang pertama.

    Tewas di Gunung Tersulit di Dunia

    Kemarin, kabar duka tentang kematian Rick Allen yang tewas di gunung K2 berhembus dengan cepat. Ia dilaporkan tewas setelah dihantam longsoran di sisi tenggara gunung K2.

    Kehadiran Rick Allen di tempat ini juga dalam upaya membuat rute baru di tebing tenggara gunung K2. Ia mendaki bersama dua orang pendaki muda lainnya yakni; Stephan Keck dari Austria dan Jordi Tosas dari Spanyol.

    Sayangnya upaya mereka terhenti di Camp I ketika segulung longsoran menewaskan Rick Allen di tempat tersebut.

    Sumber berita dan penulisan: Akasaka Outdoor Indonesia.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.