x

Foto oleh Li Sun dari Pexels

Iklan

renny ambar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2021

Rabu, 4 Agustus 2021 17:23 WIB

Manfaat Yoga untuk Kecantikan dan Rekomendasi Pose yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Yoga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi, tahukah kamu kalau yoga juga bisa memberikan khasiat untuk kecantikan kulitmu?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Merawat kecantikan tubuh kini telah menjelma menjadi kebutuhan utama yang harus segera dipenuhi oleh sebagian besar masyarakat. Baik oleh perempuan, maupun laki-laki, remaja, hingga orang tua. Karenanya, berbagai produsen kosmetik berlomba-lomba merilis produk perawatan kulit dengan berbagai inovasi dan khasiat untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Namun, tahukah kamu sebelum merawat wajah dari luar, perawatan kecantikan dari dalam justru memegang peranan yang sangat penting bagi penampilanmu?

Salah satu cara merawat kecantikan fisik adalah dengan rutin melakukan yoga. Sebab menurut berbagai penelitian, yoga dapat membantu mengurangi stress dan inflamasi dalam tubuh, sehingga dapat berpengaruh besar pada kondisi kulit tubuh dan wajahmu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yoga secara klinis pun terbukti ampuh untuk memperbaiki sistem penceranaan dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Kulit pada dasarnya merupakan organ yang paling besar dari tubuh kita. Karenanya, apapun yang baik dan dapat merawat tubuh, pastinya juga akan memberikan hasil yang sama positifnya untuk kulit kita.

Beragam Manfaat Yoga untuk Kecantikan Kulit

Telah disinggung sebelumnya bahwa yoga disinyalir dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Memang apa saja manfaat yoga untuk kecantikan kulit yang dimaksud? Yuk, cek ulasan lengkapnya berikut ini!

Membantu Mengurangi Peradangan pada Kulit

Tahukah kamu kalau dengan rutin melakukan yoga juga dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada kulit? Seperti kulit yang memerah, pembengkakan, gatal dan rasa tidak nyaman, hingga tekstur yang kering.

Manfaat yoga untuk ekcantikan ini didapat dari kemampuannya untuk menurunkan kadar inflamasi dalam tubuh. Sehingga resiko terjadinya iritasi maupun peradangan pada kulit dapat diminimalisir.

Yoga Dapat Membantu Mengurai Stres

Yoga telah lama dikenal ampuh untuk membantu mengurangi stress dengan menurunkan kadar hormone pemicu stress dalam tubuh, yaitu kortisol. Sebab saat melakukan yoga dengan rutin, tubuh kita akan memperoleh efek positif pada endoktrin dalam mengatur hormon.

Dilansir dari berbagai artikel kesehatan, orang yang sering melakukan yoga memiliki kadar kortisol yang lebih rendah dan terkendali. Hasilnya, tubuh akan lebih sehat dan akan memberikan dampak yang sama baiknya untuk kecantikan kulit.

Mengoptimalkan Nutrisi dalam Tubuh

Asupan nutrisi pada tubuh juga memberikan peranan penting dalam menjaga kecantikan kulitmu. Nah, salah satu yang membuat yoga sangat baik untuk menjaga kecantikanmu adalah dengan membantu mengoptimalkan proses pendistribusian nutrisi dalam darah ke seluruh tubuh, termasuk pada kulit.

Bisa Bikin Kulit Cerah Bercahaya

Manfaat yoga untuk kecantikan kulit lainnya adalah dengan membantu membuatnya tampak lebih cerah bercahaya. Ini dikarenakan yoga dapat mendorong proses regenerasi sel kulit dan membersihkan racun pada epidermis.

Detoksifikasi Racun dari Tubuh

Salah satu manfaat utama yoga untuk kecantikan adalah bekerja sebagai detoksifikasi toxin melalui keringat. Toxin yang dimaksudkan ini bisa bersembunyi di balik lapisan kulit, sehingga dapat menyumbat pori-pori dan memicu berbagai masalah kecantikan. Mulai dari jerawat, menjadikan kulit kusam, noda hitam, dan muncul komedo maupun iritasi.

Membantu Memperbaiki Kerusakan Kulit

Dari keseluruhan manfaat yoga untuk kecantikan di atas, secara umum melakukan olah tubuh satu ini sangat baik dalam mengembalikan vitalitas kulit. Apalagi kalau kulitmu dalam kondisi buruk karena stress maupun terlalu sering terpapar radikal bebas.

Teknik yoga dengan latihan pernapasan secara khusus, dapat membantu membuka paru-paru dan mengakomodasi oksigen dalam jumlah lebih besar, sehingga sel kulit tubuhmu pun dapat memperoleh nutrisi dengan lebih optimal.

Tak hanya itu, darah yang mengandung kadar oksigen tinggi pun bisa bekerja maksimal dalam memperbaiki kerusakan jaringan kulit yang bermasalah akibat paparan radikal bebas maupun sinar matahari berlebihan.

6 Pose Yoga untuk Merawat Kecantikan Kulit

Setelah mengetahui berbagai manfaat yoga untuk kecantikan di atas, tidakkah kamu ingin segera memulai merawat wajah dengang melakukan olah tubuh satu ini?

Sebenarnya, kamu enggak perlu meluangkan waktu yang sangat banyak. Karena cukup dengan enam pose yoga berikut ini kamu bisa merawat kecantikan kulit dari dalam, lho!

Pose Forward Fold

Pose yang pertama adalah forward fold, yang dikatakan ampuh membantu menjaga kesehatan kulit dan merawat keremajaannya. Baik dengan membuat kulit selalu kencang, tidak mudah keriput, dan tampak kenyal.

Cara Mempraktikkan Pose Forward Fold

  • Berdiri dengan dua kaki tebuka selebar pinggul.
  • Kemudian bungkukkan badan kamu ke depan sambil membuang napas dengan perlahan.
  • Biarkan kepala dan lengan menggantung rileks dalam posisi membungkuk tersebut.
  • Tekuk siku dan peluk kaki kamu.
  • Pertahankan pose ini selama satu menit saja, kemudian kembali berdiri dengan perlahan sambil menarik napas.

Asana Yoga

Pose yoga selanjutnya yang juga dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kulit adalah asana yoga. Pose ini akan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, termasuk garis halu dan kerutan di wajah.

Cara Melakukan Asana Yoga

  • Lipat lidah sehingga sedikit menonjol dari mulut.
  • Kemudian tarik napas perlahan melalui mulut, hingga leher terasa sejuk.
  • Tahan napas dan lepaskan dengan perlahan.
  • Tahan napas di perut beberapa detik.

Seated Spinal Twist

Tahukah kamu kalau pose spinal twist atau gerakan serupa memelintir tulang punggung ini, diyakini akan membantu membersihkan dan membuang racun dari dalam tubuh.

Saat toksin dan kotoran dalam sistem peredaran darah menjadi bersih, akan terpancar juga efeknya pada tampilan kulit yang segar dan berkilau cantik.

Pose Legs Up The Wall

Saat tubuh dan pikiran terasa lelah, tentu terpancar pada wajah dan kulit kamu. maka untuk melakukan relaksasi penting untuk menjaga kecantikan alami. Ini gerakan yoga yang paling mudah untuk dilakukan, setiap menjelang tidur atau setelah melakuakn aktiviats sepanjang hari.

Cukup tempelkan bokong kamu apda tembok dan angkat kaki ke atas. biarkan kedua tangan meregang santai di samping tubuh. Selain mengurangi kelelahan pada kaki, pose ini juga dapat menenangkan pikiran yang sibuk.

Nah, itu adalah berbagai manfaat yoga untuk kecantikan dan beberapa pose yang bisa kamu praktekkan di rumah. Kamu bisa menyeimbangkan perawatan dari dalam ini dengan menggunakan skincare sebagai perawatan kulit dari luar.

Namun yang perlu diperhatikan, sebelum melakukan yoga kamu wajib banget melakukan pemanasan. Agar otot-otot tubuh tidak kaku dan kemungkinan cidera bisa dihindari. Well, selamat mencoba!

Ikuti tulisan menarik renny ambar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler