Memahami Rhabdophobia atau Takut Sihir - Urban - www.indonesiana.id
x

Memahami Rhabdophobia atau Takut Sihir

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Selasa, 2 November 2021 06:56 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Memahami Rhabdophobia atau Takut Sihir

    Rhabdophobia, atau ketakutan akan sihir, adalah fobia yang sangat personal yang memiliki arti berbeda bagi orang yang berbeda.

    Dibaca : 2.327 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Rhabdophobia, atau ketakutan akan sihir, adalah fobia yang sangat personal yang memiliki arti berbeda bagi orang yang berbeda. Beberapa orang hanya takut pada sihir, versi yang konon nyata di mana perapal mantra membuat sesuatu terjadi sesuai keinginan mereka. Lainnya takut ilusi, atau sihir panggung, di mana pesulap menggunakan tipu daya untuk membuatnya tampak seolah-olah hal-hal aneh sedang terjadi.

    Namun, yang lain takut pada jenis sihir panggung yang sangat spesifik yang dikenal sebagai sihir geek atau aneh.

    Selain takut sihir, rhabdophobia juga bisa berarti takut dikritik atau dihukum, dipukuli atau dipukul dengan tongkat atau tongkat.B erkenaan dengan jenis fobia , rhabdofobia biasanya merupakan fobia spesifik .

    Penyebab

    Orang mengembangkan fobia karena berbagai alasan, termasuk:

    • Menderita peristiwa traumatis
    • Memiliki kecenderungan genetik atau keturunan
    • Memiliki kimia otak tertentu
    • Kombinasi dari salah satu atau semua hal di atas

    Gejala

    Gejala fobia ini antara lain:

    • Kecemasan yang intens
    • Ketakutan
    • Panik
    • Sesak napas
    • Keringat berlebihan
    • Mual
    • Mulut kering
    • Gemetar

    Jenis Ketakutan Sihir

    Dipraktikkan sepanjang sejarah oleh berbagai perapal mantra, sihir adalah praktik membuat sesuatu terjadi atau memengaruhi peristiwa eksternal dengan kekuatan kehendak semata.

    Meskipun sains menyatakan bahwa tidak ada yang namanya sihir, banyak kelompok agama tidak setuju. Tetapi kepercayaan pada sihir dan kekuatannya, serta apakah itu baik atau jahat, sangat bervariasi antar sekte. Beberapa kelompok agama melihat semua bentuk sihir sebagai kejahatan, bahkan mungkin Iblis, sementara yang lain membedakan antara sihir putih dan hitam.

    Ketakutan akan sihir umumnya didasarkan pada masalah agama (mirip dengan fobia hari kiamat, fobia kematian, dan fobia numerik). Mereka yang sedang mengalami krisis iman mungkin berisiko lebih tinggi untuk ketakutan ini. Selain itu, mereka yang percaya bahwa mereka telah dikutuk atau dikutuk cenderung takut akan hasilnya.

    Meskipun kepercayaan pada sihir terkadang merupakan tanda pemikiran yang tidak teratur (keyakinan irasional), sebagian besar terapis menghormati keyakinan agama klien mereka. Perawatan untuk jenis fobia ini sering melibatkan konseling spiritual serta terapi tradisional.

    Panggung Magic Fear dan Fobia

    Meskipun anak kecil sering ditakuti oleh pesulap panggung, kebanyakan orang mengatasi ketakutan ini saat mereka belajar memisahkan fantasi dari kenyataan. Meskipun demikian, fobia mungkin terjadi pada usia berapa pun. Ketakutan akan sihir panggung seringkali, meskipun tidak selalu, berakar pada ketakutan akan sihir. Meskipun Anda mungkin menyadari bahwa pesulap hanyalah seorang ilusionis, Anda mungkin merasa takut ketika Anda tidak dapat menemukan triknya.

    Dalam banyak kasus, hanya menjadi terdidik tentang sihir panggung sudah cukup untuk menghilangkan rasa takut. Meskipun setiap pesulap melakukan trik uniknya sendiri, sebagian besar ilusi panggung termasuk dalam salah satu dari beberapa kategori dasar.

    Memahami cara kerja versi trik yang lebih sederhana dapat membantu meredakan kecemasan yang terkait dengan sulap panggung.

    Sihir Geek

    Juga dikenal sebagai sihir aneh, sihir geek adalah bagian dari sihir panggung yang memadukan ilusi tradisional dengan elemen pertunjukan aneh modern. Elemen umum termasuk makan api, berbaring di tempat tidur paku, dan menelan pedang. Geek magic dapat memicu fobia lain seperti takut jarum ( trypanophobia ), takut benda tajam ( aichmophobia ), atau takut darah . Itu selalu bijaksana untuk mengirim teman ke depan untuk melihat kinerja untuk menentukan apakah itu akan memicu ketakutan Anda.

    Jika Anda tidak memiliki rasa takut akan sihir, mempelajari ketakutan ini mungkin tampak konyol bagi Anda. Namun ketakutan ini tidak lucu bagi seseorang yang memiliki fobia sihir sejati. Definisi fobia menyatakan bahwa ketakutan tertentu memainkan peran yang membatasi dalam kehidupan seseorang. Dengan kata lain, rasa takut mengganggu setidaknya beberapa hal dalam kehidupan seseorang karena alasan yang tidak rasional (bagi kita yang tidak memiliki rhabdofobia).

    Pengobatan dan Mengatasi

    Perawatan untuk fobia biasanya mencakup kombinasi terapi yang berbeda. Ini mungkin termasuk penggunaan obat - obatan . Pilihan psikoterapi seperti terapi kognitif , dan pengobatan alternatif seperti hipnosis dan terapi herbal. Keterampilan mengatasi juga sangat penting dalam membantu seseorang mengatasi fobia.

    Source : https://www.verywellmind.com/

    Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.