x

Iklan

058 Novi Rahmadinika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Rabu, 24 November 2021 19:26 WIB

Bersama Memberantas Covid-19

C ovid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penyakit ini mengakibatkan pandemi diseluruh dunia. Penderita Covid-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin - bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

C

Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 , salah satu jenis koronavirus . Penyakit ini mengakibatkan pandemi diseluruh dunia. Penderita Covid-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin - bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan .

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

                                                                                                            

Vaksin adalah Langkah penting mencegah penyakit. Seperti yang kita ketahui sudah lebih dari 20 negara yang telah memulai Vaksinasi Covid-19. Vaksin berasal dari kata variolae vaccinae (cacar sapi). Vaksin adalah “senjata” biologis yang digunakan untuk membantu sistem imun manusia melawan penyakit. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau mati, atau agen yang mengandung racun atau protein tertentu.

 

Cara Kerja Vaksin

Cara kerja vaksin adalah dengan meniru terjadinya infeksi penyakit itu sendiri. Ketika vaksin disuntikkan, sistem imun akan menganggap vaksin sebagai organisme asing yang akan menyerang tubuh. Sistem imun akan mengirimkan sel khusus untuk memberantas vaksin. Dari situ, sistem imun akan mengingat alias membentuk memori atas kejadian tersebut.

Hasilnya, sistem imun akan selalu bersiap atas serangan penyakit sebenarnya karena sudah “ingat” organisme mana yang berbahaya dan perlu diberantas. Pemberian vaksin akan menurunkan risiko orang-orang terserang penyakit.

Efek Samping

  1. Demam ringan
  2. Nyeri atau kemerahan di lokasi penyuntikan vaksin
  3. Kelelahan
  4. Sakit kepala
  5. Nyeri otot dan sendi di sekitar area suntikan

Alhamdulillah saya sudah menerima dosis 1 dan dosis 2 Vaksin Sinovac. Saya melakukan vaksin di Poltekkes Kemenkes. Efek samping Vaksin yang sama terima yaitu  merasa mual, pandangan saya kabur dan merasakan panas diseluruh tubuh. Lalu berkeringat dan badan sama lemas hampir ingin pingsan. Kira - kira sekitar 7 menit saya merasakan hal itu. Saya menanyakan perihal gejala - gejala yang saya terima setelah mendapat vaksin. Petugas mengatakan bahwa itu gejala yang wajar, dikarenakan sebelum vaksin saya tidak sarapan terlebih dahulu. Petugas juga menyarankan untuk minum air putih yang banyak. Dari pengalaman saya, saya menyarakan kan kepada teman - teman untuk makan terlebih dahulu sebelum kita menerima dosis vaksin. Serta minum air putih yang banyak, dan Beristirahat yang cukup. Jangan takut untuk melakukan vaksinasi. Ikuti anjuran pemerintah untuk memutus rantai covid.

Cara mencegah terkena Covid-19

  1. Menggunakan Masker

Cara mencegah Virus Korona yang paling efektif adalah menggunakan masker. Ini dapat kalian lakukan saat akan berinteraksi dengan orang lain.

  1. Mencuci Tangan Secara Rutin

Sering – seringlah mencuci tangan dengan selama 20 detik setelah melakukan aktivitas, atau dapat juga menggunakan Hand Sanitizer dengan kandungan alcohol minimal 60%.

  1. Menjaga Jarak

Saat berada diluar rumah, hindari berdekatan dengan orang lain, beri jarak kurang lebih 1-2 meter.

  1. Menjauhi Kerumunan

Jika ingin melakukan interaksi dengan orang lain, pastikan berada di luar ruangan, menggunakan masker, dan tidak lebih dari 5 orang.

Ikuti tulisan menarik 058 Novi Rahmadinika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu