x

Iklan

yosephin sijabat

Cecilia Yosephin Sijabat
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Rabu, 24 November 2021 21:15 WIB

Menghirup Udara Segar Di Pagi Hari, Apa Manfaat Oksigen bagi tubuh ?

Cecilia Yosephin Sijabat Universitas Negeri Medan Chemistry Education Study Program 2020

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menghirup Udara Segar Di Pagi Hari,

Apa Manfaatnya ?

Pada pagi hari, udara yang kita hirup akan terasa lebih segar, dibandingkan ketika siang atau malam hari. Hal ini disebabkan, oksigen ( O2 ) yang kita hirup belum tercemar oleh polusi kendaraan bermotor seperti pada siang hari. Selain itu, belum banyak orang yang mengeluarkan karbon dioksida karena aktivitas yang masih sedikit. Oleh karena itu, sangat dianjurkan pada kita untuk menghirup udara segar sekitar pukul 5 sampai pukul 7 pagi. Beberapa manfaat menghirup udara segar di pagi hari adalah :

  1. Melancarkan peredaran darah
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oksigen mengambil peran yang sangat penting pada peredaran darah makhluk hidup. Tubuh manusia bahkan membutuhkan oksigen 7 sampai 8 liter per menitnya.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Jika oksigen masuk ke otak, terlebih udara segar di pagi hari, maka kinerja otak akan meningkat membuat daya ingat serta kecerdasan otak menjadi meningkat pula.

  1. Mempercantik kulit

Oksigen dapat menangkal radikal bebas, sehingga membantu regenerasi sel-sel pada kulit wajah seperti manfaat vitamin E.  

  1. Mengatasi stres

Ketika kita menghirup oksigen di pagi hari, oksigen yang masuk membantu membuat paru-paru lebih terbuka, peredaran darah lebih lancar, sehingga membuat pikiran rileks dan tenang.

  1. Mencegah beberapa penyakit

Masuknya oksigen (udara segar) kedalam tubuh, dapat memperlancar peredaran darah, mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ketubuh, sehingga dapat mencegah beberapa penyakit, seperti asma, batuk, flu dan banyak lainnya.

 

Apa Itu Oksigen ?

Oksigen ( O2 ) adalah gas yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk menjalani segala macam proses sebagaimana mestinya. Oksigen banyak diperoleh dari hasil fotosintesis tanaman hijau. Tubuh manusia memerlukan sekitar 7 sampai 8 liter oksigen per menitnya, dengan kata lain, kita membutuhkan sekitar 11.000 liter udara per harinya. Oleh karena itu, kebutuhan oksigen kita harus terpenuhi setiap harinya. Pada pagi hari, oksigen yang kita hirup akan jauh lebih segar. Selain itu, menghirup oksigen di pagi hari akan memberikan perasaan rileks dan tenang, membuat kita bersemangat melakukan hal lainnya. 

 

Akibat Kekurangan Oksigen

Oksigen sangat diperlukan dalam metabolisme tubuh, oleh karena itu kebutuhannya harus terpenuhi. Akan berdampak buruk jika tubuh kekurangan oksigen, baik dampak ringan maupun yang berat. Beberapa dampak dari kekurangan oksigen, yaitu :

  1. Cepat merasa lelah.

Tubuh memerlukan energi ketika beraktifitas, ketika tubuh kekurangan oksigen maka proses metabolisme tubuh akan terhambat.

  1. Penurunan daya ingat.

Ketika tubuh kekurangan oksigen, darah yang dialirkan ke otak tidak kaya akan oksigen lagi, oleh sebab itu kemampuan kerja otak akan menurun, mengakibatkan kita sulit mengingat sesuatu.

  1. Menjadi kurang fokus ketika melakukan sesuatu.

Ketika tubuh merasa lelah, maka pekerjaan yang dilakukan tidak akan maksimal lagi.

  1. Kesulitan bernafas.

Kadar oksigen yang diperlukan tubuh sangat besar, ketika tubuh kekurangan oksigen, maka tubuh akan otomatis berusaha untuk memenuhi kebutuhan oksigen tersebut.

  1. Kepala pusing.

Pada saat kekurangan oksigen, darah yang dialirkan ke otak tidak lagi kaya akan oksigen, hal inilah yang akan membuat kepala terasa pusing.

  1. Kehilangan kesadaran

Dikarenakan kadar oksigen yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi, maka kita akan menjadi lemas dan sesak nafas. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran. 

Ikuti tulisan menarik yosephin sijabat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB