x

Iklan

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Kamis, 9 Desember 2021 16:37 WIB

10 Tip Menjadi Pengusaha dari Nol Hingga Sukses

10 TIPS Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol ini akan membantu Anda sebagai Entrepreneur pemula

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Meraih kesuksesan merupakan impian besar dari seorang pengusaha. Tujuan akhir Anda sebagai pengusaha adalah membawa bisnis dari nol hingga menuju titik tertinggi. Tentunya, untuk meraih titik ini tidak terjadi dalam semalam saja. Anda akan mengalami berbagai lika-liku dalam usaha untuk dijadikan dasar pengalaman.

Adakalahnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi jurusan entrepreneur yang salah satunya bisa Anda temui di Universitas Podomoro.

Namun, disini Anda akan menemukan beberapa faktor tertentu yang dapat menuntun Anda ke titik sukses sebagai pengusaha, diantaranya yaitu;

1. Posisikan Diri Sebagai Pemimpin

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengusaha memimpin jalan. Tetapi memposisikan diri Anda sebagai seorang pemimpin bukan hanya tentang memiliki jawaban yang benar – kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan jawaban yang tepat dalam setiap situasi. Ini lebih tentang mengetahui di mana menemukan jawabannya. Anda harus membuat banyak keputusan sulit dalam tugas baru Anda, jadi Anda harus yakin dengan keputusan yang Anda buat sehari-hari.

2. Berpikiran Terbuka

Tahu kapan harus mengatakan "kapan". Gagasan Anda tentang apa yang benar mungkin sebenarnya salah. Terbuka untuk saran dan ide lain. Ingat, bisnis Anda sebenarnya bukan tentang Anda. Ini tentang memberikan produk yang baik kepada pelanggan Anda dan melakukan apa pun untuk memastikan bahwa pelanggan Anda berubah menjadi pelanggan tetap. Dengan kata lain, bersiaplah untuk menerima ide-ide segar, bahkan jika itu bertentangan dengan keyakinan Anda sendiri.

3. Memberikan Nilai

Pastikan perusahaan Anda memberikan nilai nyata kepada klien. Pengusaha sukses ada di dalamnya untuk jangka panjang. Mereka tidak mengejar skema cepat kaya. Pastikan bisnis Anda menyediakan layanan dan menjual produk yang benar-benar memberikan hasil yang jauh lebih baik bagi pelanggan Anda.

4. Membangun Hubungan Jangka Panjang

Hubungan itu penting. Orang-orang melakukan bisnis dengan perusahaan yang mereka kenal, sukai, dan percayai. Selain itu, meskipun tergoda untuk terus mencari pelanggan baru, pelanggan Anda yang sudah ada adalah sumber terbaik untuk bisnis tetap dan pelanggan Anda yang paling menguntungkan. Untuk memenangkan kesetiaan mereka, Anda harus memelihara hubungan dengan mereka.

5. Carilah Ide Baru (Terutama di Luar Industri Anda)

Jangan hanya fokus pada industri Anda sebagai sumber ide baru. Berpikir di luar kotak, menjelajah di wilayah yang belum dipetakan dan memperluas cakupan intelektual Anda. Misalnya, konsep drive-through yang biasa ditemukan di makanan cepat saji adalah ide yang dipinjam dari para bankir.

6. Menginspirasi Tim

Beri orang alasan untuk bersemangat bekerja di perusahaan Anda. Buatlah tujuan Anda untuk membantu mereka berhasil dalam pekerjaan mereka. Mereka akan tetap di sisi Anda jika Anda tetap di sisi mereka. Mengilhami. Menginvestasikan. Ulang.

7. Lakukan Semuanya

Inklusivitas harus menjadi bagian integral dari aspirasi komersial Anda. Jadikan gagasan "bersama kita lebih baik" sebagai tumpuan operasional di mana Anda membangun bisnis Anda. Anda lebih mungkin untuk berkembang jika orang melihat Anda sebagai pengusaha yang memahami 1+1 jauh lebih kuat daripada hanya 1.

8. Ketahui Keinginan Klien

Tujuan bisnis adalah untuk membawa klien Anda keuntungan yang lebih besar, keuntungan yang lebih besar dan hasil yang lebih besar. Tetapi jika Anda tidak tahu apa yang seharusnya menjadi titik akhir akhir mereka, lalu bagaimana Anda dapat membantu mereka? Jangan berasumsi Anda tahu jawabannya. Pelajari tindakan mereka dan bicarakan dengan mereka untuk mengetahui bagaimana Anda bisa menjadi pahlawan mereka.

9. Fokus Mencari Hasil

Ada alasan dan ada hasil, satu-satunya hal yang penting adalah hasilnya. Alasan penuh dengan bias emosional dan seringkali salah. Alih-alih memandu bisnis Anda berdasarkan asumsi, bangunlah berdasarkan data.

10. Terus Berinovasi

Pastikan perusahaan Anda memenangkan permainan inovasi. Perkenalkan produk, ide, layanan, cara baru untuk melakukan — bukan hanya untuk menghasilkan sesuatu yang “baru”, tetapi untuk mengantisipasi hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu pelanggan mencapai hasil yang lebih baik.

Ikuti tulisan menarik Nando Rifky lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler