Pemanfaatan Media Zoom dan Lensa Unisa untuk Kuliah Daring Selama Pandemi - Analisis - www.indonesiana.id
x

Pandemi Covid 19

Endar Nurcahyati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Januari 2022

Minggu, 16 Januari 2022 15:26 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Pemanfaatan Media Zoom dan Lensa Unisa untuk Kuliah Daring Selama Pandemi

    Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Selama Pandemi

    Dibaca : 548 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dimasa pandemi covid-19 ini universitas univesitas di Indonesia sementara waktu meniadakan kuliah secara tatap muka sampai kondisi benar benar membaik. Di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta untuk perkuliahan teorinya dilakukan secara online salah satunya menggunakan aplikasi zoom untuk media utamanya. Media zoom adalah media komunikasi menggunakan video dan dapat digunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop. Media ini biasanya digunakan untuk melakukan tatap muka secara jarak jauh dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Dengan menggunakan zoom juga memudahkan kita untuk berdiskusi secara virtual. Tidak hanya itu kita juga bisa tahu cara mengaplikasikannya. Selain itu, jika mahasiswa ada kegiatan atau acara mendadak bisa tetap ikut zoom dengan cara mematikan kamera dan suaranya.

    Sebenarnya kuliah secara online dengan menggunakan media zoom ini ada plus dan minusnya. Untuk poin plusnya seperti tadi diatas dan untuk poin minusnya adalah mahasiswa menjadi kurang memahami atau kurang efektif dalam menerima materi yang diberikan oleh dosen. Untuk itu kita mahasiswa harus selalu mempelajari kembali materi yang diberikan pada waktu zoom agar dapat lebih paham. Kemudian jika sinyal tiba tiba kurang mendukung otomatis suara di zoom akan sedikit putus putus dan biasanya juga akan keluar dengan sendirinya. Jadi pembelajaran dilakukan secara daring ini koneksi internetnya juga harus stabil supaya mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan online dapat lebih efektif.

    Tidak hanya menggunakan aplikasi zoom saja sebagai media untuk melakukan perkuliahan online di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta juga mempunyai media online sendiri yang bernama lensa unisa. Di lensa unisa ini memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan materi, mengumpulkan tugas, mengerjakan soal berupa kuis, bahkan disaat melaksanakan ulangan tengah semester (uts) maupun ulangan akhir semester (uas) juga menggunakan media ini. Untuk informasi kegiatan di kampus juga sudah ada di lensa Unisa ini.

    Beberapa dosen mata kuliah di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menggunakan media ini untuk memberikan materi perkuliahannya. Jika ingin membuka lensa unisa mahasiswa cukup log in dengan menggunakan nomor induk mahasiswa (nim) dan memasukkan password. Kebanyakan mahasiswa lebih senang perkuliahan menggunakan lensa unisa ini karena bisa membuka materinya kapan pun, jam berapa pun bebas. Mahasiswa juga dapat melihat lihat materi yang lain untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum diberikan oleh dosen. Tetapi untuk pengumpulan tugas ada deadlinenya kalau sudah melebihi tanggal dan waktu pengumpulan sudah tidak bisa lagi dikirim.

    Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran secara daring baik menggunakan zoom atau lensa unisa sebenarnya sama saja tergantung dari mahasiswanya mampu atau tidak untuk menerima, mencermati dan mempelajari kembali materi yang telah diberikan oleh dosen. 

     

    Ikuti tulisan menarik Endar Nurcahyati lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.