Dedikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta dalam Memerangi Pandemi Covid-19 - Analisis - www.indonesiana.id
x

Nailul Izza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Januari 2022

Senin, 17 Januari 2022 10:45 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Dedikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta dalam Memerangi Pandemi Covid-19

    Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar di semua lini kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembatasan sosial dan penutupan sekolah berdampak pada pendidikan dan kesehatan mental mahasiswa. Hal ini membuat Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yang merupakan kampus berwawasan kesehatan menyadari bahwa pandemi Covid-19 ini merupakan sesuatu yang perlu dicegah dan ditangani dengan baik.

    Dibaca : 379 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar di semua lini kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembatasan sosial dan penutupan sekolah berdampak pada pendidikan dan kesehatan mental mahasiswa. Hal ini membuat Universitas 'Aisyisyah Yogyakarta  yang merupakan kampus berwawasan kesehatan menyadari bahwa pandemi Covid-19 ini merupakan sesuatu yang perlu dicegah dan ditangani dengan baik.

    Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menghadapi pandemi ini dengan mengadakan perkuliahan secara daring baik perkuliahan teori maupun praktikum. Selain perkuliahan, masa taaruf, pespama, webinar, dan wisuda juga dilaksanakan secara daring oleh Universitas 'Aisyisyah Yogyakarta guna mencegah penularan Covid-19 antar mahasiswa yang berasal dari penjuru daerah. Meskipun berasa asing dengan sistem daring, hal ini di lakukan demi kebaikan mahasiswa, dosen, keluarga, staf, bahkan masyarakat sekitar karena virus Covid-19 ini mengalami penyebaran yang sangat pesat dimulai dengan gejala ringan hingga menyerang sistem pernapasan bahkan mengakibatkan kematian.

    Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta melakukan banyak cara dimulai dari menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di setiap sudut kampus.. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta juga mengadakan seminar dan pengajian mengenai bahaya dan pencegahan Covid-19, menyediakan vaksin untuk tenaga pendidikan, mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dan masyarakat umum. Selain itu, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta juga menyediakan rumah isolasi khusus untuk yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bertempatan di asrama Unisa Yogya. Selain itu, selalu terapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) kapan pun dan dimanapun berada. Dengan usaha dan mematuhi protokol kesehatan sangat bermanfaat untuk diri sendiri bahkan melindungi orang lain. Karena hal sekecil apapun jika bermanfaat tetapi dilupakan akan berdampak besar dan membahayakan orang-orang di sekitar.

    Dengan menurunnya kasus positif Covid-19, kampus Universitas 'Aisyisyah Yogyakarta menerapkan perkuliahan dengan sistem perkuliahan hybrid yaitu penggabungan kuliah tatap muka dan kuliah daring. Perkuliahan tatap muka dilaksanakan untuk perkuliahan praktikum dan tidak dilakukan secara bersamaan tetapi, dilakukan secara bergantian dengan prodi maupun antar semester. Sedangkan perkuliahan daring dilaksanakan untuk perkuliahan teori dengan menggunakan aplikasi zoom, google meet, whatsapp grup, discord dan aplikasi lainnya. Sebagai generasi penerus bangsa, kita mahasiswa memiliki peran untuk memimpin dan mengaplikasikan diri sendiri untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dan peraturan yang di buat oleh kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Selain itu, memberikan contoh kepada masyarakat sekitar untuk menaati anjuran pemerintah mematuhi protokol kesehatan agar dapat menekan laju penyebaran virus Covid-19. Memang tidak mudah tetapi, sebagai umat manusia kita dapat berusaha, saling menjaga, dan saling melindungi demi kembalinya Negara tercinta menjadi tentram dan sejahtera.

    Ikuti tulisan menarik Nailul Izza lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.