x

Iklan

Ani Berta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 30 Januari 2022 18:09 WIB

BSD City Menjadi Inspirasi Rencana Pembangunan Ibu Kota Negara Baru

BSD City yang mengusung konsep smart city dengan pembangunan terencana yang dikembangkan Sinar Mas Land dengan mempertimbangkan pada fokus integrasi moda transportasi, pemeliharaan lingkungan menyeluruh dan pengadaan fasilitas edukasi berbasis teknologi dijadikan kajian untuk rencana pembangunan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sinarmasland Plaza. Sumber foto: Twitter @Sinarmas_land

Belum lama ini, saya membaca beberapa artikel tentang kunjungan pemerintah (Bappenas dan panitia khusus Ibu Kota Negara) ke BSD City untuk melakukan studi banding untuk keperluan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang sedang dalam proses pembangunan. Tentu ini menarik perhatian saya karena BSD City tempat saya menghabiskan waktu jika ada meeting, ketika butuh hiburan yang berkelas dan menenangkan namun harga tetap terjangkau. Di sana juga banyak teman-teman saya jadi, intensitas ke sana cukup sering. Apa lagi anak saya dari kecil hingga sekarang paling suka berenang di Ocean Park BSD dan refreshing di Teraskota atau The Breeze.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang diutarakan President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe, pemerintah mempelajari untuk mengadopsi konsep smart city dan konsep hijau yang diterapkan BSD City. Mulai dari penanganan air yang terencana, taman kota, intermodal dan pasar yang terdapat di sana.  

Mengapa BSD City sangat menginspirasi siapapun termasuk pemerintah dalam rencana pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur? Berikut pandangan mata saya tentang kota ini.

BSD City, 45 KM dari Jakarta. Lebih kurang menempuh dua jam perjalanan. Teman-teman yang tinggal di luar Jabodetabek, sempatkan singgah ke BSD City atau Bumi Serpong Damai yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Kota yang terletak di wilayah Tangerang Selatan Banten. Sebuah kota dengan pembangunan terencana, modern namun tetap mempertahankan keasrian lingkungannya. Mengapa harus berkunjung ke sini? Karena di sana tak sekadar sebuah kota dengan bangunan fasilitas umum dan deretan cluster perumahan. Tapi kita bisa merasakan bagaimana suasana smart city di sana.

Bagi pecinta city tour, berkunjung ke BSD City sangat tepat. Salah satu yang membuat kota ini smart, salah satunya bisa dirasakan saat menggunakan moda transportasi kereta api listrik atau KRL. Berhenti di Stasiun Cisauk, langsung terbentang bangunan ramah lingkungan modern yang terintegrasi dengan pasar modern dan fasilitas publik lainnya.

Jika ingin ngopi dan hangout, bisa langsung menuju ke The Breeze, mall dengan konsep tanpa dinding dan tanpa memakai banyak aliran listrik ini terdiri dari deretan tenant kuliner dan restoran branded. Di sekelilingnya terdapat aneka tanaman dalam pot dan tanaman rambat yang menghijaukan suasana. Melipir ke samping, terdapat danau buatan yang dihuni angsa berkeliaran. Geser sedikit, ada Sungai Cisadane yang membentang di sepanjang The Breeze. Siapapun pastinya ingin berlama-lama di sana sambil menikmati sapuan angin sejuknya.

Ada pasar keren juga di BSD, yaitu Pasar Modern BSD  menjadi kawasan menarik selain fungsional sebagai tempat jual beli berbagai kebutuhan pokok masyarakat setempat, di pasar modern ini banyak hal yang bisa dinikmati. Misalnya, kulineran makanan tradisional hingga modern, belanja sayuran segar dan lauk pauk yang lengkap dan bersih bahkan bahan makanan yang langka sekalipun dapat ditemui di sini. Pasar yang tertata rapi membuat nyaman pengunjung.

Sebagai wujud dari smart city ini, dengan adanya digital hub yang merupakan future development, didesain sebagai pusat tech commerce yang ekspansif dan berkelanjutan. Dapat menjadi wadah bagi creator dan innovator di Indonesia.

Terdapat beragam fasilitas seperti social collaboration atau social ecospace untuk para pemain industri digital bertukar pikiran. Jika tempat seperti ini terpusat maka kreativitas setiap individu atau kelompok akan terwadahi dengan baik dan menghasilkan karya-karya yang dapat berkembang dari hasil kolaborasi yang saling mengisi.

Dari hasil kolaborasi ini, maka BSD City menjadi kawasan tempat berkumpulnya perusahaan digital raksasa, Startup, R&D Center, Pusat edukasi berbasis IT dan kreatif industri. Menjadikan BSD City sebagai Silicon Valley-nya Indonesia.

Menarik perhatian lagi, saat saya berkunjung ke Sinar Mas Land Plaza yang megah dengan konsep Green Office. Terdapat bukaan di sana sini dengan dinding kaca untuk bagian lobi dan beberapa sudut sehingga meminimalisir penggunaan lampu dan AC. Taman dengan berbagai tumbuhan pun mengelilinginya menambah kenyamanan dan kesejukan.

Sinar Mas Land Plaza ini, mendapatkan penghargaan Green Mark Gold Award dari Building and Construction Authority (BCA) Singapore dan the Asia Pacific Property Award.

Tak heran jika BSD City merupakan percontohan kota yang layak menjadi inspirasi karena pertumbuhannya yang cepat dan mudah diadaptasi oleh warganya. Sustainability terhadap lingkungan pun tetap menjadi prioritas utama. Bahkan di BSD City ini ada hutan kota 1 dan 2 yang memperkuat paru-paru kota dengan ekosistem tumbuhan beragam. Setiap warganya pun dapat menikmati lingkungan asri tersebut dengan menambah value pada gaya hidup yang sehat.

Ikuti tulisan menarik Ani Berta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu