Sastra Cyber, Apa itu AU? - Analisis - www.indonesiana.id
x

Anugrah Dinda Juliawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Mei 2022

Senin, 9 Mei 2022 18:50 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Sastra Cyber, Apa itu AU?

    Sastra mengalami perkembangan media dari sastra lisan, tulisan, cetak sampai digital. Salah satu contoh dari karya sastra digital adalah Alternative Universe atau sering disebut AU

    Dibaca : 334 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sastra berkembang dari masa ke masa sesuai perkembangan umat manusia. Sastra mengalami perkembangan media dari sastra lisan, tulisan, cetak sampai digital. Sastra digital atau cyber merupakan sastra yang memanfaatkan media internet sebagai penulisannya. Salah satu contoh dari karya sastra digital adalah AU.

    Apakah kalian tahu apa itu AU?

    Alternative universe (AU) merupakan sub-genre Fanfiction atau karangan fiksi yang dibuat oleh penggemar dengan tokoh khayalan. Para penulis AU biasanya menggunakan idolanya untuk dijadikan tokoh. Idol yang dijadikan tokoh AU dapat divisualisasikan sesuai imajinasi penulis, tidak harus disamakan situasi aslinya seperti Fanfiction. Misal, mereka dikisahkan sebagai salah satu mahasiswa di Indonesia dan tidak berprofesi sebagaimana latar belakang aslinya.

    AU banyak ditemukan di platform seperti Twitter, Wattpad, Instagram, dan lain-lain. Pada tahun 2020 AU semakin banyak diperbincangkan karena memiliki daya tarik yang unik. AU berbentuk hasil screenshoot atau tweet yang dibuat thread. Selain itu, ada tambahan foto untuk membangun suasana cerita yang kuat.

    Cerita AU umumnya dibuat oleh para fans k-pop dengan genre seperti romance, fantasy, horror, humor, angst, dan lain-lain. Sebagian orang mungkin belum mengetahui genre angst. Genre angst adalah genre yang digunakan dalam fanfiction yang memiliki alur menguras emosi atau membuat depresi dan genre inilah yang paling banyak digemari.

    AU dapat dijadikan sebagai cara untuk penulis pemula yang ingin mulai terjun di dunia kepenulisan. Beberapa AU yang sudah populer telah berhasil terbit sebagai novel lho! Contohnya adalah Dikta dan Hukum karya @kejeffreyan. Sebelum terbit, AU Dikta dan Hukum sempat trending topic di Twitter dan media sosial lainnya. Bahkan kabarnya Dikta dan Hukum akan diangkat menjadi series di WeTV tahun ini.

      



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.