5 Tip agar Hidup Kamu Lebih Bahagia - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: toppr

Rifa Annisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2022

Sabtu, 2 Juli 2022 12:02 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 5 Tip agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

    5 Tips Agar Hidup Kamu Lebih Bahagia. Cara agar mencintai diri sendiri.

    Dibaca : 638 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

         5 Tips Agar Hidup Kamu Lebih Bahagia
     

    Agar Kamu Bahagia

         Bahagia itu harus kaya, bahagia itu harus punya jabatan tinggi, bahagia itu harus punya rumah mewah, bahagia itu harus terkenal, dan masih banyak lagi. Standar bahagia sering kali dipakai oleh dunia, tapi apakah kamu masih menganggap bahwa bahagia itu dapat dipatok oleh standar-standar tersebut? jika iya, mungkin kamu harus siap-siap karena kamu tidak akan pernah merasa bahagia dalam hidup ini kalau kamu menentukan kebahagian kamu dengan standar-standar tersebut.
     
         Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari kehidupan sekitar agar kamu bisa memiliki hidup yang lebih bahagia tanpa dipatok dengan standar-standar bahagia tersebut. Berikut 5 cara agar hidup kamu lebih bahagia :
     
    1. Mencintai Diri Sendiri
         Saat ini segala sesuatu bergerak dengan sangat cepat, ada banyak informasi yang bisa didapatkan dengan mudah dan seringkali informasi cenderung bebas tersebar di mana-mana. Bukan berarti semakin banyak informasi semakin baik, karena seringkali semakin banyak informasi bisa jadi membuat kamu itu rentan dan bahkan tertekan.
     
         Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ya, karena hanya melihat media sosial orang lain saja bisa membuat kamu membandingkan diri kamu dengan orang lain, membandingkan pencapaian kamu dengan pencapaian orang lain dan akibatnya jika itu tidak dilakukan dengan cara yang benar kamu akan terus merasa kurang.
     
         Kita semua pasti pernah mengalami momen-momen itu, momen dimana kita merasa rendah diri dan kurang percaya diri. Tapi hal itu jangan sampai membuat kamu depresi, jika kamu memiliki kedewasaan diri kamu bisa menjadikan hal itu untuk motivasi atau inspirasi untuk memperbaiki diri.
     
        Perlu kamu ingat tidak ada manusia yang sempurna, walaupun mencintai diri sendiri itu tidak mudah tetapi cobalah untuk belajar menerima segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Sesekali juga kamu bisa memberikan hadiah untuk diri sendiri sebagai bentuk apresiasi atas begitu banyak hal yang sudah berhasil kamu lewati.
     
    2. Berbuat Baik
         “ Perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan ”, kalimat tersebut mungkin sudah pernah kamu dengar. Tujuan dari kalimat tersebut yaitu untuk mendorong kita melakukan hal yang baik kepada orang lain, karena setiap orang pasti ingin diperlakukan dengan baik, tapi sebelum kita ingin diperlakukan baik kita harus bisa memperlakukan orang lain dengan baik juga.
     
         Namun pengaruh lingkungan atau pengaruh dibawah tekanan seringkali tanpa kita sadari kita melakukan hal-hal yang mungkin terkesan tidak baik. Jadi bagaimanapun juga, sesulit apapun keadaanya atau disituasi yang tidak baik tetaplah menjadi orang baik.
     
         Bahkan menurut sebuah penelitian ketika kamu berbuat baik ada emosi positif yang muncul, berbuat baik untuk orang lain bisa meningkatkan hormon serotonin sebagai hormon yang bertanggung jawab atas perasaan puas dan senang.
     
    3. Menjadi Orang Yang Positif
         Percayakah kamu bahwa aura positif itu terasa? dan aura positif itu berasal dari mana?, Aura positif itu terbentuk dan berasal dari diri sendiri bermulai dari pikiran yang positif, optimis, senyum, dan yang paling penting kemampuan untuk bisa selalu bersyukur dengan apapun yang dimiliki.
     
         Tentu saja hal tersebut tidak terjadi begitu saja perlu adanya latihan, dan latihannya seringkali berupa masalah-masalah yang hadir dalam hidup kamu. Dan jika kamu ingin mengembangkan sisi positif dari dalam diri kamu berarti kamu harus mengusahakan agar selalu bisa melihat sisi yang baik, jadilah orang yang optimis.
     
         Optimis itu bukan hanya mengharapkan yang terbaik, tetapi optimis itu selalu bisa melihat yang baik apapun itu hasilnya, selalu bisa mensyukuri hal yang baik disituasi yang tidak baik, fokus pada hal-hal yang baik meskipun itu berupa hal yang kecil.
     
    4. Tidak Menyakiti Orang Lain
         Menyakiti orang lain itu bukan hanya secara fisik tapi seringkali tanpa disadari mungkin bisa saja kamu sudah menyakiti perasaan orang lain dengan perkataan yang kamu ucapkan. Kamu mungkin sering dengar atau bahkan pernah mengatakan hal ini “ah gitu aja baper”, kalimat tersebut bisa saja menyakitkan bagi orang lain karena tanpa disadari setiap orang punya cara pandang yang berbeda-beda, sesuatu yang mungkin buat kamu itu biasa-biasa saja tapi bisa jadi itu sesuatu yang membuat orang lain terluka, jadi milikilah rasa empati karena setiap orang melewati peroses yang berbeda-beda dalam hidupnya.
     
           Mengeluarkan kata-kata memang mudah tapi menghapus apa yang dikatakan itu yang susah, jadi tidak ada salahnya untuk kita lebih berhati-hati dengan perkataan kita, jangan sampai karena perkataan kita membuat orang lain terluka.
     
    5. Selalu Memberi
         Jangan berkecil hati ketika kamu baru bisa memberi sedikit karena yang terpenting itu bukan jumlah yang kamu beri tetapi niat hati saat kamu memberi dan jangan takut kekurangan saat kamu memberikan hartamu atau rezekimu kepada orang-orang yang membutuhkan, bahwa ketika kita memberi justru semakin banyak rezeki yang berlimpah dan semakin tidak ada kekurangan.
     
          Justru orang yang sangat perhitungan yang sering kali merasa kekurangan, dan memberi juga merupakan wujud rasa syukur atas rezeki yang tuhan sudah berikan, kamu juga dapat merasakan kebahagiaan ketika kamu sedang memberi.
     

    Ikuti tulisan menarik Rifa Annisa lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.