x

ddidalam foto tersebut merupkan foto dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta\xd

Iklan

tasya syahda faiza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Juli 2022

Rabu, 20 Juli 2022 07:31 WIB

Tantangan dan Tip Melakasanakan Hybrid Learning di Kampus Unisa,Yogyakarta


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar di berbagai bidang, salah satunya berdampak pada pendidikan di Indonesia. Sejak pandemi Covid-19 pada Maret 2020, Kegiatan pembelajaran resmi ditetapkan menjadi perkuliahan jarak jauh (PJJ) atau perkuliahan online. Unisa Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang juga menerapkan perkuliahan secara online. UNISA Yogyakarta menggunakan berbagai platform selama perkuliahan daring untuk memudahkan kegiatan pembelajaran seperti Lensa Unisa, Zoom, Google Meet, dan WhatsApp.

Perkuliahan secara online memiliki tantangan tersendiri sehingga menimbulkan berbagai pro-kontra dari seluruh mahasiswa. Seiring membaiknya kondisi Pandemi Covid-19, pada 13 september 2021 Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi mengeluarkan Surat Edaran No 4 Tahun 2021 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas bagi perguruan tinggi mulai semester gasal tahun akademik 2021/2022. Pembelajaran tatap muka terbatas atau disebut Pembelajaran Hybrid/Blended Learning merupakan gabungan model pembelajaran konvensional dan pembelajaran secara online. Pembelajaran Hybrid dilaksanakan dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus dan masyarakat sekitar. Dalam pelaksanaannya, setiap kampus wajib memenuhi syarat dan ketentuan:

  • Seluruh sivitas akademik dan tenaga kependidikan dalam keadaan sehat dan sudah di suntik vaksin.
  • Bagi mahasiswa yang ingin melakukan Hybrid Learning sudah mendapatkan izin orang tua.
  • Melakukan berbagai tindakan preventif penyebaran Covid-19 dengan disinfeksi seluruh fasilitas kampus yang akan digunakan untuk pembelajaran tatap muka, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area kampus, pengadaan fasilitas tempat cuci tangan dan hand sanitizer di tempat-tempat keramaian, selalu menggunakan masker, jaga jarak aman (1.5 meter), menyiapkan prosedur penanganan kasus Covid-19 yang terjadi di area kampus.
  • Pemberhentian pembelajaran sementara apabila ditemukan kasus terkonfirmasi Covid-19 hingga kondisi aman.

Hybrid Learning memiliki tantangan tersendiri dalam pelaksanaanya. Dosen dituntut dapat memberikan materi secara online dan offline sekaligus, dimana hal ini dapat memecah konsentrasi dosen. Bagi mahasiswa yang belum pernah merasakan kuliah tatap muka menjadi pengalaman tersendiri. Mahasiswa dituntut aktif dan beradaptasi cepat dengan model pembelajaran ini. Model pembelajaran online sedikit berbeda dengan offline, dimana ketika offline mahasiswa harus beradaptasi dengan lingkungan, teman dan cara belajar.  Beberapa tips hadapi kuliah hybrid:

  1. Menerpakan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, baik di dalam kampus maupun di luar kampus.
  2. Mencari tempat tinggal dekat kampus agar tidak terlambat berangkat ke kampus.
  3. Bagi mahasiswa perantau, Kenali lingkungan dengan baik. Sebelum pindah ke Yogyakarta, cari tahu adat dan budaya masyarakat Yogyakarta agar tidak culture-shock. Jangan lupa mencari destinasi wisata menarik untuk mengisi waktu libur akhir pekan.
  4. Mengikuti organisasi kampus agar dapat menambah relasi, menambah wawasan diluar materi kuliah, mengikuti berbagai kegiatan seru dikampus maupun diluar kampus, dan masih banyak lagi.
  5. Mempelajari materi kuliah sebelum dosen masuk kelas.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tips ini dapat menambah fokus selama dikelas dan lebih paham materi yang disampaikan dosen. Di akhir kelas, jangan lupa untuk memanfaatkan sesi tanya jawab dengan dosen.

  1. Mencatat materi yang disampaikan dosen. Tetap berusaha untuk konsentrasi ketika kuliah walaupun secara online, jangan lupa mencatat ketika dikelas dan jangan buka hp karena akan mendistraksi proses pembelajaran.
  2. Membagi waktu dengan baik agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.
  3. Membuka website resmi UNISA Yogyakarta di https://www.unisayogya.ac.id/ untuk melihat berbagai informasi terbaru terkait kegiatan kampus dan beasiswa.

Sumber:

Chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/09/Surat-Edaran-Pembelajaran-Tatap-Muka-Tahun-Akademik-2021_2022-.pdf

Ikuti tulisan menarik tasya syahda faiza lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler