Tiga Komposer Musik Klasik yang Perlu Anda Ketahui - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Lukisan Berjudul Bologna Mozart. Wikipedia

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Minggu, 18 Desember 2022 17:22 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Tiga Komposer Musik Klasik yang Perlu Anda Ketahui

    Beethoven, Bach, dan Mozart adalah komposer legendaris. Kepopulerannya melampaui komposer lain di bidang musik klasik. Mereka melahirkan banyak genre musik sesudahnya.

    Dibaca : 1.162 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tiga Komposer musik klasik yang perlu  Anda ketahui adalah Ludwig van Beethoven, John Sebastian Bach, dan Wolfagang Amadeus Mozart. Apa alasannya?

    Tiga komposer musik tersebut dinilai punya ciri khas dalam gaya, keterampilan, inovasi, dan popularitas.  Keberadaan ketiganya melampaui komposer lainnya seperti:  Antonio Vivaldi, Joseph Haydn,  dan Frédéric Chopin.

    Tiga komposer musik tersebut dianggap sebagai ayah dari semua musik yang lahir sesudahnya,  alih-alih genre: pop, rock, blues, dan jazz.

     

    Ludwig van Beethoven (1770–1827)

    Beethoven  adalah komposer dan pianis Jerman. Pemilik nama lengkap  Ludwig van Beethoven secara luas dianggap sebagai komposer terhebat sepanjang masa. Memperluas tradisi klasik Joseph Haydn, salah satu gurunya, dan Wolfgang Amadeus Mozart, dia bereksperimen dengan ekspresi pribadi. Sebuah kualitas yang memengaruhi para komposer romantis yang mengikutinya.

    Ketulian progresif menandai kehidupan dan kariernya. Akan tetapi,  penyakit itu tidak menghalangi dia untuk menulis beberapa karya terpentingnya dalam 10 tahun terakhir hidupnya. Ketika dia hampir tidak dapat mendengar.

    Beethoven memperluas spektrum sonata, simfoni, konserto, dan kuartet. Karya terkenal Beethoven antara lain  Simfoni No. 9 dalam D Minor, Op. 125, Simfoni No. 5 dalam C Minor, Op. 67, Moonlight Sonata, dan Für Elise.

     

    Johan Sebastian Bach (1685–1750)

    Johann Sebastian Bach atau yang kerap dikenal dengan nama Bach adalah komposer dan organis Baroque Jerman. Orang-orang sezamannya mengagumi bakatnya sebagai musisi.

    Dalam perjalanan proses kreatifnya, pengamat musik  menganggap gubahannya sudah ketinggalan zaman.

    Penemuan kembali karyanya pada awal abad ke-19 menyebabkan apa yang disebut Renaisans Bach. Ia kemudian dianggap sebagai salah satu komposer terhebat sepanjang masa.

    Komposisinya yang paling terkenal diantaranya:  Brandenburg Concertos, The Well-Tempered Clavier, BWV 846–893, Suites for Unaccompanied Cello, BWV 1007–1012, Orchestral Suites, BWV 1066–1069, dan Mass in B Minor, BWV 232.

     

    Wolfgang Amadeus Mozart (1756–1791)

    Komposer klasik Austria  Wolfgang Amadeus Mozart secara luas dianggap sebagai salah satu komposer musik Barat terbesar.

    Mozart adalah satu-satunya komposer yang menulis dan unggul dalam semua genre musik pada masanya. Mozart dikatakan mampu memainkan musik pada usia tiga tahun. Ia pun menulis musik pada usia lima tahun.

    Ada yang menyatakan,bahwaMozart memulai karirnya sebagai anak ajaib. Komposisi terkenal antara lain: The Marriage of Figaro, Elvira Madigan, dan Clarinet Quintet in A Major, K 581.

    Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.