x

Iklan

Tina Theresia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Desember 2022

Rabu, 4 Januari 2023 11:01 WIB

Akuntansi : Sebagai Seni Pencatatan Transaksi Keuangan

Akuntansi Sebagai Seni dapat kita terapkan dalam dunia bisnis, sebelum kita bahas lebih lanjut materi ini, maka kita harus tau apasih pengertian dari seni itu sendiri?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahukah kamu akuntansi bisa kita sebut sebagai seni? Nah Adapun pengertian seni ialah kemampuan seseorang yang memerlukan perasaan, intuisi, pengalaman, bakat, dan pertimbangan yang secara keseluruhan dapat membentuk suatu kearifan. Seni ini dapat berupa keahlian dan pengalaman untuk memilih perlakuan atau kebijakan yang terbaik, dalam rangka mencapai suatu tujuan akuntansi pada level perusahaan atau negara dapat dilakukan dengan mempertimbangkan faktor nilai moral, ekonomik, dan sosial.

Akuntansi Keuangan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Secara umum akuntansi dapat diartikan sebagai seni mencatat yang berhubungan dengan transaksi keuangan dalam suatu bisnis perusahaan. Selain itu, menurut Keputusan Menteri Keuangan RI No. 476 KMK. 01 1991 akuntansi adalah suatu proses pengumpulan, pencatatan, penganalisaan, peringkasan, pengklasifikasian dan pelaporan transaksi keuangan dari suatu kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan bagi para pengguna laporan yang bertujuan untuk pengambilan keputusan.

Adapun manfaat akuntansi sebagai berikut : 

a. sebagai informasi keuangan untuk pihak perusahaan

b. sebagai bahan evaluasi keuangan

c. sebagai bukti keuangan yang dapat dipertanggungawabkan

d. sebagai pencatatan ekonomi suatu keluarga, perusahaan atau lembaga indstri lainnya

Bagaimana akuntansi sebagai seni pencatatan transaksi keuangan dapat diterapkan dalam dunia bisnis dan industri ?

Akuntansi sendiri memiliki peran yang dapat diaplikasikan atau diterapkan pada bidang pemerintahan, politik, sosial, budaya dan organisasi lainnya.

Siklus keuangan yang terdapat dalam seni transaksi dapat kita artikan sebagai sebagai pencatatan transkasi, mengapa demikian ? karena siklus akuntansi adalah sebuah proses penyusunan suatu laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan, dapat diartikan bahwa siklus akuntansi keuangan merupakan bagian dari seni yang menyusun dan mencatat setiap transaksi keuangan yang terdapat dalam akuntansi tersebut.

Terdapat seni pencatatan transaksi dalam akuntansi misalnya, pencatatan transaksi bisnis pada jurnal umum, seni pencatatan transaksi dalam jurnal pembelian ataupun pengeluaran serta masih ada contoh seni pencatatan transaksi keuangan lainnya.

Nah seperti yang sudah kita pelajari, akuntansi sebagai seni memiliki cangkupan peran yang sangat penting loh dalam menjalankan suatu bisnis perusahaan, bagaimana dengan kamu? apakah kamu sudah mencobanya?

 

 

Sumber : Tina Theresia, Mahasiswa Blended Manajemen, Universitas Pembangunan Jaya

 

Ikuti tulisan menarik Tina Theresia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler