x

Kegiatan Praktik Komputer di Masa New Normal.

Iklan

Anita Rakhmi Shintasari

Guru BK SMPN 22 Semarang-Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Desember 2021

Kamis, 2 Maret 2023 09:21 WIB

Meminimalisir Penggunaan Kertas untuk PTS Menuju Zero Waste

Mennyikapi situasi dan kondisi menumpuknya sampah saat ini, sangat wajar jika semakin marak aksi untuk mengurangi tumpukan sampah disekitar kita.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak terasa kegiatan pembelajaran semester genap sudah memasuki masa tengah semester. Itu berarti waktunya melakukan penilaian formatif bagi peserta didik yang masih menggunakan kurikulum satuan pendidikan (KTSP). Kegiatan penilaian yang sudah terjadwal di kalender pendidikan ini biasanya dilaksanakan secara terpadu dan menggunakan kertas. Tetapi sejak pandemi menyapa dan pembelajaran model daring diselenggarakan, model penilaian berbasis kertas sudah mulai ditinggalkan.

Efisiensi bahan, waktu, tenaga dan juga pengerjaannya menjadi pertimbangan untuk tetap mempertahankan model penilaian tanpa kertas alias menggunakan google form. Banyak keuntungan baik bagi guru maupun peserta didik, seperti kemudahan untuk melakukan koreksi dan keragaman jenis soal yang disajikan. Disamping itu, peserta didik juga merasa lebih terbantu dengan model google form ini karena mereka sangat familiar dengan alat yang digunakan.

Kondisi ini sangat selaras dengan kondisi saat ini dimana dibutuhkan aksi nyata untuk mengurangi tumpukan sampah termasuk sampah kertas. Dimana pengadaan kertas ini juga mengancam ketersediaan hutan mengingat bahan baku kertas berasal dari kayu. Dengan model penilaian daring ini paling tidak membantu untuk mengurangi bertambahnya angka sampah kertas dari tiap sekolah penyelenggara. Bisa dihitung berapa jumlah penghematan yang sudah dilakukan untuk dapat mewujudkan zero waste di lingkungan kita

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Anita Rakhmi Shintasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB