x

Bully

Iklan

Cia Ciara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Oktober 2022

Jumat, 17 Maret 2023 22:08 WIB

Korban Bully Bisa Mengalami Hal Ini

Setelah tayangan The Glory, banyak masyarakat yang lebih waspada akan perundungan di sekolah. Bahkan ada salah satu selebritas yang juga sempat dibully saat masih duduk dibangku sekolah. Apa saja efek yang akan terjadi dari perundungan ini?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebelum viralnya drama korea The Glory yang diperankan oleh Song Hye Kyo sebagai Moon Dong Eun, fenomena bullying telah lama terjadi bahkan di dunia pendidikan. Namun, kasus bullying dalam dunia pendidikan saat ini semakin marak terjadi sehingga seolah dianggap sebagai hal yang lumrah.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahkan mencatat, sepanjang tahun 2021 setidaknya ada 17 kasus perundungan di sekolah, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Merangkum laman Kemendikbud RI, perundungan adalah suatu perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal maupun fisik yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan. Biasanya, perundungan dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok.

Lalu apa saja efek yang terjadi dari perundungan tersebut?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Jovee.id, bullying yang berulang dapat menyebabkan menurunnya rasa percaya diri dan depresi, hingga risiko bunuh diri pada anak-anak. Masalah lain seperti gangguan kesehatan mental atau penyalahgunaan zat terlarang, trauma dan dampaknya bahkan dapat berlangsung hingga dewasa.

Hal ini juga dirasakan oleh salah satu selebrita tanah air. Pemilik nama asli Yris Jetty Dirk de Beule  atau yang lebih dikenal Irish Bella menyebutkan bahwa dirinya sering merasakan trauma karena dirinya pernah dibuli saat kecil.

Dikutip dari akun YouTube Merry Riana, ia mengatakan dirinya seringkali dijadikan bahan olokan oleh teman-teman sekolahnya hanya karena penampilannya dan namanya yang bule.

“Walaupun itu momentum yang cukup sebentar sebenarnya karena aku langsung dipindahkan sekolah, tapi dibully dalam umur muda pun sampai saat ini berdampak banget pada diri aku," ungkap  Irish Bella.

"Kadang ada muncul rasa insecure di beberapa situasi, karena mungkin saat masa kecil aku itu yang belum berdamai dengan itu," katanya.

Ikuti tulisan menarik Cia Ciara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler