x

Aksi reboisasi SMA Trinitas Bandung di Kamojang

Iklan

Alexander Johan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 November 2021

Kamis, 30 Maret 2023 06:53 WIB

Aksi SMA Trinitas Bandung Melestarikan Lingkungan Kamojang

Pada Kamis (16/03/2023), Dalam kegiatan yang bertema “SMA Trinitas Goes to Save the Ecosystem and Heal the Earth” dan dalam rangka pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keluarga besar SMA Trinitas dalam aksi reboisasi di Kamojang (16/3). Sumber: Dokumen pribadi.

Siswa kelas 10, guru dan kepala SMA Trinitas, pemimpin Yayasan YPII melaksanakan kunjungan dna reboisasi di kawasan Kamojang, perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut, Kamis (16/03/2023). Kamojang dipilih karena merupakan wilayah resapan air yang vital untuk Kota Bandung. Para peserta berhasil menanam 247 pohon dalam aksi bertema SMA Trinitas Goes to Save the Ecosystem and Heal the Earth  dan melibatkan 240 siswa dan guru  tersebut.

Acara pembukaan kegiatan dilakukan oleh Sr. Priska, Ketua Yayasan Penyelenggaraan Ilahi Indonesia Kantor Cabang Bandung, Sr. Susan selaku Kepala Sekolah SMA Trinitas, Kane Putri Faith selaku wakil murid, dan Bapak Wawan selaku perwakilan dari BKSDA. “Merawat alam tidak hanya dilakukan di sini saja tetapi di lingkungan sekolah dengan berbagai cara seperti membuang sampah pada tempatnya,” ujar Sr. Priska dalam pembukaan kegiatan.

Selain kegiatan reboisasi, para siswa juga berkunjung ke Pusat Konservasi Elang Kamojang, industri kopi, dan industri jamur di wilayah Kamojang. Di Pusat Konservasi Elang yang dikelola oleh BKSDA dan Forum Raptor Jawa Barat, para siswa belajar mengenai proses rehabilitasi elang dan pentingnya elang untuk kestabilan ekosistem.

Selain edukasi, para siswa juga diajak untuk melihat elang-elang yang berada di galeri edukasi. Sebagai bukti kepedulian, SMA Trinitas mendonasikan uang sebesar Rp. 2.679.000,00 dari hasil penyuluhan yang dilakukan di sekolah.

Di industri kopi dan jamur siswa belajar bagaimana cara mengolah kekayaan alam yang berada di Kamojang. Di lokasi industri jamur, siswa belajar bagaimana jamur diperkembangbiakan dan bagaimana jamur yang sudah diperkembangbiakan tersebut diolah menjadi barang yang dapat dijual dan dikonsumsi.

Di industri kopi juga siswa belajar hal yang sama, mereka mempelajari bagaimana kopi di Kamojang diolah menjadi kopi yang dapat dikonsumsi dan dijual. Dengan ke kedua kunjungan tersebut, siswa belajar bagaimana kekayaan sumber daya alam yang berada di Kamojang dimanfaatkan warga sekitar untuk menafkahi hidup mereka.

Mengutip Presiden Soekarno, “Aku tinggalkan kekayaan alam Indonesia, biar semua negara besar dunia iri dengan Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya”,  kita dapat mengartikan Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam melimpah dan rakyat harus memiliki keterampilan untuk mengolah serta melestarikannya.

Damianus Terryosano Satria Putra Heru dan Axelle Quon Widiantoro, siswa kelas X SMA TRINITAS Bandung. Aktif dalam ekstrakurikuler jurnalistik sekolah. Menulis dan menginspirasi.

Ikuti tulisan menarik Alexander Johan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler