x

Iklan

Astriani

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Kamis, 30 Maret 2023 12:33 WIB

Rekrutmen Karyawan: Definisi, Langkah dan faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Artikel ini dibuat untuk memenuhi: Tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani Dosen pengampu: Dr.Syaeful Bahri, S.Ag.,M.M.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Karyawan adalah aset utama bagi perusahaan perusahaan karena berhasil tidaknya perusahaan tergantung pada kemampuan karyawan yang dimilikinya. Agar terwujudnya efektifitas dan efisiensi dalam pencapaian tujuan perusahaan (organisasi). Kualitas dan kuantitas karyawan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Rekrutmen merupakan proses mendapatkan sejumlah calon tenaga kerja yang kualifaid untuk jabatan atau pekerjaan tertentu dalam suatu organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan secara hati-hati dengan berbagai alternatif sebelum memutuskan rekrutmen. Proses pemilihan atau penyeleksian karyawan atau pegawai disebut dengan proses seleksi. Proses dan tahapan seleksi bisa dilakukan dengan evaluasi persyaratan, testing, wawancara, ujian fisik dan lain sebagainya. Proses rekrutmen sangat penting karena proses rekrutmen memiliki dampak yang cukup besar dalam proses kinerja karyawan. Oleh karena itu untuk mendapatkan tenaga kerja yang tepat, baik dan berkualitas bagi suatu perusahaan harus dilakukan proses rekrutmen.

Definisi rekrutmen menurut para ahli

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

-Menurut Henry Simamora (1997)

Rekrutmen adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencaan kepegawaian.

- Menurut Schermerhorn (1997)

Rekrutmen merupakan proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang lowong. Perekrutan yang efektif dapat memberi peluang pekerjaan kepada perhatian dari orang-orang yang berkemampuan dan keterampilannya memenuhi spesifikasi pekerjaan.

- Menurut Faustino Cardoso Gomes (1995:105)

Rekrutmen merupakan proses mencari, menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam dan oleh suatu organisasi. Rekrutmen merupakan proses komunikasi dua arah.

Pada dasarnya rekrutmen tenaga kerja menggambarkan keinginan atau tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja guna mengisi lowongan yang ada. Hal itu meliputi:

a) Jenis tenaga kerja yang diperlukan

b) Kualitas dan kuantitas tenaga kerja yang dibutuhkan

c) Sumber tenaga kerja yang dibutuhkan

d) Prosedur yang perlu ditempuh untuk memperoleh tenaga kerja

Langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam proses rekrutmen adalah sebagai berikut: 

a) Mengidentifikasi jabatan yang lowong

b) Mencari informasi jabatan

c) Menentukan calon yang tepat

d) Memilih metode-metode rekrutmen yang tepat

e) Memanggil calon yang dianggap memenuhi persyaratan jabatan, dan lain-lain

Jenis rekrutmen dibagi menjadi dua yaitu rekrutmen internal (yang berasal dari dalam organisasi atau perusahaan) dan sumber rekrutmen ekternal (yang berasal dari luar organisasi atau luar perusahaan). Pada saat melakukan rekrutmen terdapat hal-hal yang harus diperhatikan yaitu :

1. Meninjau kembali deskripsi pekerjaan

2. Gunakan tools yang dapat menyaring kandidat sesuai kompetensi yang dibutuhkan 

3. Kenali pasar kerja

4. Kembangkan potensi kandidat yang potensial

Adapun Faktor yang harus dipertimbangkan dalam proses perekrutan adalah:

1. Kondisi ekonomi negara secara umum. Jika kondisi ekonomi relatif sulit, maka biasanya akan terjadi over supply atau calon pekerja jauh lebih besar dibanding jumlah permintaan tenaga kerja. 

2. Ketersediaan tenaga kerja pada bidang yang dicari. Jika bidang yang dicari merupakan bidang yang tergolong langka, maka perusahaan akan lebih sulit dalam memenuhi kebutuhan karyawannya.

3. Reputasi perusahaan. Suatu perusahaan cenderung akan lebih mudah mencari dan merekrut the best people, jika perusahaan itu memiliki reputasi bagus, sehingga best graduates akan berlomba-lomba bekerja didalamnya.

 

Ikuti tulisan menarik Astriani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler