x

Iklan

Astriani

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Sabtu, 1 April 2023 16:24 WIB

Apa itu MSDM dan MSDI?

Artikel ini dibuat untuk memenuhi: Tugas UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani Dosen pengampu: Dr.Syaeful Bahri S,Ag.,M.M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

MSDI merupakan salah satu bidang dari manajemen umum, dimana manajemen umum sebagai proses meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. MSDI adalah bagian dari manajemen, karena itu teori manajemen umum menjadi dasar pembahasanya. MSDI ini lebih memfokuskan pembahasanya mengenai peraturan peranan manusia dalam mewujudkan tujuan yang optimal. 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Insani (MSDI) ini terdiri dari 6 unsur (6 M) yaitu: Man, Money, Method, Materials, Machines dan Market. Unsur Man (manusia) ini berkembang menjadi suatu bidang ilmu manajemen yang di sebut Manajemen Sumber Daya Manusia atau di singkat MSDM yang merupakan terjemahan dari Man Power Management. Manajemen yang mengatur unsur manusia ini ada yang menyebutnya Manajemen Kepegawaian atau Manajemen Personalia. Sumber daya Insani (SDI) adalah orang-orang yang ada dalam organisasi yang memberikan sumbangan pemikiran dan melakukan berbagai jenis pekerjaan dalam mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia itu sendiri menurut (Mangkunegara, 2013) adalah suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu. Pengelolaan dan pendayagunaan tersebut dikembangkan secara maksimal di dalam dunia kerja untuk mencapai tujuan organisasi dan pengembangan individu pegawai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun ruang lingkup MSDM meliputi:

1. Perencanaan Sumber Daya Manusia

2. Analisis Pekerjaan

3. Rekrutmen dan Seleksi

4. Orientasi dan Induksi

5. Pelatihan dan Pengembangan

6. Penilaian Kinerja

7. Konpensasi dan Gaji

8. Motivasi, Kesejahteraan, Kesehatan, dan

Keamanan

9. Relasi Industri

Tujuan dari msdm 

Tujuan ini bisa dicapai selama praktek manajemen sumber daya manusia yang dilakukan bisa efisien dan efektif, sesuai dengan keperluan perusahaan dengan mempertimbangkan hak-hak dan kesempatan bagi karyawan yang dimilikinya.

1. Mengembangkan sistem kerja yang dimiliki perusahaan hingga ke titik paling optimal

2. Mengembangkan praktek manajemen berkomitmen, yang memandang talent sebagai stakeholder dalam perusahaan

3. Memastikan ketersediaan kesempatan yang setara untuk semua orang

4. Memastikan hak talent selalu dihargai dan didapatkan sesuai dengan prosedur

5. Menciptakan iklim kerja yang efisien, produktif untuk semua orang, dan mendukung perkembangan individu setiap talent

Manfaat MSDM

1. Perusahaan dapat memanfaatkan Sumber Daya Manusia yang sudah ada secara baik

2. Produktivitas dari karyawan yang sudah ada semakin meningkat

3. Penentuan kebutuhan tenaga kerja atau karyawan

4. Penanganan informasi ketenagakerjaan

5. Penelitian

Manajemen sumber daya manusia (MSDM) dengan Manajemen sumber daya Insani (MSDI) sebenarnya tidak jauh berbeda secara definisi. Hanya berbeda dalam kata manusia pada umumnya dengan kata insani yang bermakna insan yang kamil. Keduanya sama-sama memiliki arti pengelolaan pada perusahaan untuk memaksimalkan efektifitas organisasi yang terdiri dari banyak aktivitas terkait demi mencapai tujuan suatu organisasi. MSDM merupakan bagian penting dalam mempertahankan atau meningkatkan kesehatan bisnis. Selain itu, manajer SDM juga berperan penting dalam memonitor atau memantau keadaan pasar kerja untuk membantu suatu perusahaan agar tetap kompetitif.

Ikuti tulisan menarik Astriani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler