x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 12 April 2023 06:58 WIB

Asosiasi DPLK Siapkan Program Training Khusus untuk Antisipasi UU P2SK

Antisipasi UU P2SK dan tingkatkan kompetensi, Asosiasi DPLK siapkan program training khusus dana pensiun lembaga keuangan di Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dihadiri Nur Hasan Kurniawan (Ketua Umum), Adi Purnomo dan Steven Tanner selaku Dewan Pengawas, Asosiasi DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) menyiapkan program training DPLK sebagai langkah antisipasi UU P2SK. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan profesiolisme pelaku DPLK. Hal ini ditegaskan dalam rapat pengurus Asosiasi DPLK di Sekretariat Asosiasi DPLK Wisma Bumiputera Jakarta. Ikut hadir dalam rapat pengurus: Rista Manurung, Yulinda, Firmansyah, Yoppy Indradi, Helmi Jafar, dan Syarifudin Yunus (Direktur Eksekutif) dalam suasana rileks sambil menyambut buka puasa.

Beberapa topik training yang disodorkan, antara lain: 1) Akuntansi & Perpajakan DPLK, 2) Manajemen Investasi DPLK, 3) Aktuaria DPLK, 4) Sistem Teknologi DPLK, 5) Kepesertaan DPLK, 6) Manajement Risiko DPLK, 7) Tata Kelola DPLK. 8) Pemasaran DPLK, 9) Rencana Bisnis & Pelaporan DPLK, dan 10) Etika Bisnis DPLK. Untuk itu, Asosiasi DPLK akan menyiapkan kurikulum dan silabus masing-masing topik training (Mei 2023), penentuan komposisi pengajar dan pengesahan program training DPLK (Juni-Juli 2023) sehingga program training dapat mulai dieksekusi pada Agustus 2023.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, Asosiasi DPLK juga menyampaikan update berbagai agenda yaitu 1) Webinar Edukasi DPLK #5 tentang “Dana Pensiun di UU P2Sk?” pada 12 April 2023, 2) Halal Bihalal Idul Fitri pada 3 Mei 2023 di DPLK Manulife Indonesia, 3) Sertifikasi DPLK Batch 20 pada 10-12 Mei 2023, 4) Webinar Manajemen Risiko Dana Pensiun pada 23 Mei, 5) Meeting tindak lanjut UU P2SK pada 7 Juni 2023, dan 6) Pembahasan Training DPLK pada 23 Juni 2023. Untuk itu, diharapkan para anggota DPLK dapat mengikuti kegiatan tersebut.

 

Dalam kesempatan ini, pengurus Asosiasi DPLK juga membahas rencana pemilihan Ketua Umum Asosiasi DPLK periode 2023-2027 secara demokratis dan transparan melalui berbagai tahapan yaitu:

  • Sosialisasi kriteria dan persyaratan calon (Agustus 2023)
  • Pendaftaran calon ketua melalui a) formulir pendaftaran, b) visi dan misi dalam video, dan c) surat pernyataan kesediaan (September 2023)
  • Kampanye calon ketua via zoom meeting (Oktober 2023)
  • Pemilihan Ketua Umum Asosiasi di Rapat Umum Anggota (RUA) Asosiasi DPLK pada 22 November 2023.

Melalui diskusi ringan, Adi Purnomo selaku Dewan Pengawas juga menyampaikan industri DPLK ke depan akan lebih potensial, di samping memiliki tantangan. Untuk itu, diperlukan konsolidasi pengurus dan anggota Asosiasi DPLK dalam memajukan program dana pensiun. Saat yang sama, Steven Tanner pun menyampaikan pentingnya mengoptimalkan layanan DPLK kepada peserta, khususnya mengkomunikasikan apa dan bagaimana DPLK setelah UU P2SK.

 

Rapat pengurus Asosiasi DPLK pun diakhiri dengan ramah tamah sambil berbuka puasa bersama. Salam #YukSiapkanPensiun #AsosiasiDPLK #DanaPensiun

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan