x

Iklan

Rama Cahaya situngkir

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 April 2023

Minggu, 23 April 2023 06:50 WIB

Penjernihan Air dengan Teknik Sederhana

Air merupakan salah satu sumberdaya alam yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini, tak ada yang bisa menyangkal, jika air adalah elemen dan faktor yang paling penting dalam kehidupan manusia, tidak saja untuk dikonsumsi, air juga banyak membantu aktivitas manusia seperti pekerjaan pertanian dan masih banyak lagi. Dan masalah utama yang dihadapi oleh sumber daya air meliputi kuantitas air yang sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan kualitas air untuk keperluan domestik yang semakin menurun.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Halo semuanya, perkenalkan saya Rama cahaya situngkir dan kelompok saya Paul andohar sipayung serta Mariana silitonga mahasiswi Jurusan Kimia PSPK 21 E Universitas Negeri Medan Sumatera Utara.

Kali ini kami membuat penelitian sederhana penjernihan air dengan teknik sederhana atau Project dari Mata Kuliah Kimia Lingkungan dengan Dosen Pengampu Ibu Rini Selly, S.Pd., M.Si.

Kita disini akan membuat proses penyaringan air dengan menggunakan bahan botol plastik, kerikil, batu, pasir, arang, tisu, kapas dan ijuk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Udara merupakan salah satu sumberdaya alam yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini, tak ada yang bisa menyangkal, jika udara adalah unsur dan faktor yang paling penting dalam kehidupan manusia, tidak saja untuk dikonsumsi, udara juga banyak membantu aktivitas. manusia seperti pekerjaan pertanian dan masih banyak lagi. Dan masalah utama yang dihadapi oleh sumber daya air meliputi kuantitas air yang sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan kualitas udara untuk keperluan domestik yang semakin menurun.

Salah satu sumber udara yang sangat tercemar adalah sungai. Salah satu daerah Indonesia yang airnya memang sudah tercemar berada di daerah sumatera utara yaitu aliran sungai air bersih di daerah Sidikkalang. Panjang air sungai pada daerah tersebut yaitu berkisar 32.010 hektare dengan panjang 70 kilometer dan lebar 6 meter.

Penggunaan lahan seperti pertumbuhan permukiman di daerah air bersih sidikalang menyebabkan kurang seimbanganya antara upaya pemanfaatan daerah ailiran sungai (DAS) dengan upaya pelestarian DAS Sidikkalang sehingga menimbulkan permasalahan lingkungan. Permasalahan yang terjadi di DAS Sidikkalang pada dasarnya adalah karena pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dan pembuangan sampah secara sembarangan yang berakibat meningkatnya beban pencemaran perairan. Suasanablingkungan serta ekosistem Sungai aiar bersih Sidikkalang terutama yang melewati pemukiman padat sudah sangat kelelahan. Sungai yang dulunya menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat lokal airnya telah berubah menjadi keruh dan bau dan, serta menjadi sempit dan banyak sampah yang terlihat.

 

Sedangkan praktik sederhana yang kami lakukan yaitu dengan cara penyaringan dan

penjernihan air melalui bahan botol, kerikil, batu, pasir, arang, tisu, kapas, dan ijuk. Tiap-tiapbahan yang diperlukan tentu memiliki kegunaannya masing-masing, misalnya: Sabut kelapa,batu kerikil dan batu alam berguna untuk memfilter kotoran-kotoran berukuran besar seperti lumut, daun, atau hewan.Ijuk dan arang sangat efektif untuk meminimalkan aroma tak sedap dan polutan di dalam udara. Melalui tahap proses penyaringan, air yang semula kurang bersih, borok, bau dan berkuman jadi lebih higienis dan aman dikonsumsi. Menyaring air juga dapat menghindarkan kita khususnya para penduduk setempat dari berbagai jenis bakteri berbahaya yang terkandung dalam air sungai yang kurang bersih seperti:

➢ Bakteri Salmonella

Bakteri Salmonella biasanya terdapat pada makanan dan juga air. Efek mengkonsumsi makanan dan udara yang terkontaminasi bakteri ini adalah berbagai penyakit seperti dehidrasi, sakit perut, diare, demam dan bahkan infeksi usus.

Adapun cara merakit alat penyaring sederhana yaitu :

1. Siapkan bahan seperti botol plastik, kerikil, batu, pasir, arang, tisu, kapas, dan ijuk.

2. Setelah itu gunting botol plastik di bagian ujung.

3. Lalu masukkan kapas, disusul dengan tisu, lalu masukkan batu kerikil, batu, disusul dengan pasir, lalu arang, lalu setelah itu masukkan ijuk, lalu setelah itu masukkan kembali tisu di bagian atasnya.

4. Setelah itu masukkan air yang kotor dan tercemar secara perlahan ke dalam botol yang telah dirangkai, lalu akan menghasilkan air yang jernih.

 

Salah satu cara untuk memperbaiki air yang sudah rusak secara sederhana adalah penyaringan air melalui botol, yang akan menghasilkan air yang jernih. Secara sederhana, penjernihan air berfungsi untuk menghilangkan atau mengurangi kadar pencemar yang ada di dalamnya agar layak untuk penggunaan akhirnya. Jernih air di hasilkan dari filtasi. Filtrasi adalah suatu operasi atau proses campuran heterogen antara fluida dan partikel-partikel padatan yang dipisahkan oleh media filter.

 

Ikuti tulisan menarik Rama Cahaya situngkir lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini