x

Iklan

Dyah Puspitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Desember 2022

Senin, 29 Mei 2023 15:18 WIB

Mocari: Mocaf Krispi, Rendah Kalori, Bebas Glutten

Keripik mocari (mocaf crispy) adalah jenis olahan makanan ringan yang berasal dari tepung mocaf. Makanan ringan ini sangat lezat dan nikmat jika disantap dengan saus atau bumbu bubuk aneka rasa

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang tidak ada surutnya. Berbagai macam kuliner dikembangkan dan diinovasikan sedemikian rupa. Dari perkembangan dan inovasi makanan tersebut, tidak sedikit yang mengandung zat-zat yang tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Misalnya, camilan yang mengandung banyak gula dan kalori. Konsumsi gula yang berlebihan dapat membuat obesitas,  diabetes, dan masalah kesehatan lainnya.

Banyak orang yang mengurangi konsumsi gula. Salah satu tumbuhan mengandung rendah gula yaitu singkong. Singkong merupakan salah satu tumbuhan yang menjadi ikonik negara Indonesia. Di Indonesia, tanaman ketela pohon menjadi bahan pangan pokok setelah beras dan jagung. Meski terkesan makanan murah, singkong memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Singkong mengandung sumber vitamin dan mineral, kaya serat, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan pencernaan, hingga dapat dapat mencegah kanker. Selain enak rasanya, singkong juga dapat menurunkan jumlah yodium yang diserap oleh tubuh kita serta singkong juga mengandung vitamin K yang dapat mecegah pengeroposan tulang.

Selain itu, singkong juga dapat diolah menjadi tepung. Salah satu olahan tepungnya yaitu tepung mokaf. Tepung mokaf merupakan modified cassava flour atau tepung yang dimodifikasi dan mengalami fermentasi mikroba atau enzimatis dalam proses pembuatannya. Karena proses pembuatannya tersebut, tepung ini memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti kalsium, protein, dan soluble fiber karbohidrat. Tepung ini sangat baik digunakan sebagai bahan campuran atau substitusi pembuatan makanan yang selama ini menggunakan tepung terigu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tepung mokaf memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tepung ini juga mengandung tingkat konsentrasi pati yang rendah sehingga mudah dicerna dan sangat baik untuk pencernaan. Terlebih lagi tepung mokaf ini juga low calory atau rendah kalori, yang mana sekarang banyak orang mencari-cari olahan makanan rendah kalori.

Keripik mocari (mocaf crispy) adalah jenis olahan makanan ringan yang berasal dari tepung mocaf atau sisa ampas singkong yang di modifikasi menjadi tepung. Makanan ringan ini sangat lezat dan nikmat jika disantap dengan saus atau bumbu bubuk aneka rasa. Camilan adalah salah satu usaha yang tak pernah mati dan dapat dijadikan juga oleh-oleh makanan dengan kekayaan kearifan lokal. Bagaimana? Anda mau mencoba peluang usaha ini?

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Dyah Puspitasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu