x

3 Strategi Jitu Untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Iklan

Afifah Azqiyah

Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 27 Maret 2023

Minggu, 11 Juni 2023 14:33 WIB

Perencanaan Strategik MSDI

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr.H.Syaeful Bahri, S.Ag M.M CHCM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perencanaan sumber daya insani merupakan kegiatan meramalkan kebutuhan masa depan insani. Dengan adanya prediksi ke depan maka organisasi dapat melakukan kegiatan rekrutmen dan seleksi personil. Perencanaan sumber daya insani merupakan hal penting karena dari perencaan ini ditentukan apa yang akan dilaksanakan, baik dalam jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka Panjang.

 

Dengan adanya strategi, perusahaan akan diarahkan untuk dapat memikirkan masalah-masalah yang menuntut perubahan dan memberikan kesempatan untuk mengatur perubahan tersebut secara efektif.

 

Manajemen strategis merupakan sebuah keputusan berupa tindakan-tindakan yang mengarah pada perkembangan strategi-strategi efektif dalam membantu mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Proses dalam manajemen yang strategis yaitu cara perencana dalam menentukan tujuan-tujuan dan membuat keputusan-keputusan yang strategis.

 

Dengan demikian, perencanaan sumber daya insani merupakan perkiraan kebutuhan pekerja dimasa yang akan datang, baik kualitas maupun kuantitasnya, merencanakan orang-orang yang akan mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan dalam organisasi.

 

Keberhasilan penyusunan SDI secara komprehensif menjadi modal awal dan landasan pokok dalam melancarkan program kerja yang sesuai dengan sasaran dan tujuan sebuah Lembaga, organisasi maupun perusahaan. Perencanaan SDI sesungguhnya sejalan dengan pengembangan bagi setiap personil disebuah kelembagaan. Dalam praktiknya MSDI menjalankan SDM dengan semestinya, namun pelaksanaannya diterapkan pesan-pesan yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits.

 

Dalam perencanaan SDI, diperlukan langkah-langkah untuk dilakukan oleh organisasi diantarany sebagai berikut:

1. Perencanaan didesain untuk masa depan

2. Perencanaan didesain agar organisasi dapat melakukan adaptasi dengan keadaan masa depan

3. Perencanaan didesain untuk menarik minat tenaga kerja potensial

4. Perencanaan pengembangan didesain untuk menjamin keberlanjutan SDI berkualitas dan professional.

 

Perencanaan strategis sebagai proses dalam menentukan tujuan dan program perusahaan langkah yang menyeluruh untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam perencanaan strategis meliputi langkah, yang setiap langkah banyak melibatkan pengumpulan informasi/data yang banyak, analisis data dan evaluasi yang dilakukan berulang-ulang oleh manajemen.

 

Perencanaan berhubungan dengan perspektif jangka panjang, dan secara otomatis mengalir ke dalam perencanaan operasional perusahaan. Perencanaan operasional memiliki perspektif jangka menengah dan pendek, yang berkaitan dengan program tertentu yang merencanakan jumlah SDM yang dibutuhkan, struktur organisasi, rencana dan pengembangan SDM, di samping rencana-rencana tertentu untuk menetapkan rencana strategis.

 

 

Quote dosen:

 

"Tidak harus jadi Hebat dulu untuk Berbuat, tetapi harus Berbuat dulu untuk jadi Hebat.” 

Ikuti tulisan menarik Afifah Azqiyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu