x

Jember/Dok. Pribadi

Iklan

Firdaus Deni Febriansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Selasa, 13 Juni 2023 11:19 WIB

Mengenal Kabupaten Jember, Daerah yang Punya Hajat Karnaval Internasional

Mengenal lebih dekat dengan Kabupaten Jember, daerah di sisi timur Jawa yang terkenal karena acara karnavalnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jember, salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Bagi masyarakat Jawa Timur tentu sangat tahu betul tentang kabupaten ini.

Letaknya lumayan di pinggiran Jawa Timur. Hampir dekat dengan Bali, karena hanya membutuhkan perjalanan sekitar 7 jam-an saja.

Sebagai orang asli kelahiran Jember, saya ingin menyampaikan beberapa fakta menarik yang ada di kampung halaman saya ini. Apa sajakah itu?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Berada di Wilayah Tapal Kuda

Jember merupakan daerah yang berada di wilayah tapal kuda. Bukan karena di Jember banyak kudanya atau banyak tapal kudanya, tetapi karena kawasannya kalau dilihat dari peta berbentuk seperti tapal kuda.

Tapal kuda merupakan sebuah istilah di kawasan paling timur Jawa Timur. Terdiri atas beberapa kabupaten/kota yaitu Pasuruan, Probolinggo, Probolinggo, Lumajang,  Situbondo,  Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember itu sendiri.

 

Jember Fashion Carnaval

Kalau ditanya apa yang paling terkenal dari kota Jember? Saya yakin 1000% semua masyarakat Jember bakal menjawab JFC atau Jember Fashion Carnaval.

Jember Fashion Carnaval bukan sekedar karnaval biasa, karnaval ini sudah go internasional. Banyak media yang meliput, mulai dari media daerah, media nasional, hingga media internasional.

Acara karnaval ini diadakan satu tahun sekali dan menampilkan aneka busana cantik dan menarik khas berbagai daerah. Tidak hanya bisa melihat langsung, semua orang bisa menonton JFC dari televisi karena berbagai stasiun televisi swasta menayangkannya.

Bahkan Jember Fashion Carnaval dinobatkan sebagai karnaval terbaik ketiga di dunia. Sebagai orang Jember, tentu saya sangat bangga dan semoga acara ini tetap terus terselenggarakan.

 

Suwar Suwir

Kalau Palembang punya pempek, Makassar punya Coto Makassar, Medan punya bika ambon, Garut punya dodol, maka Jember punya suwar suwir. Ya, suwar suwir merupakan makanan khas asli Jember.

Suwar suwir bukanlah makanan berat, tetapi kue yang terbuat dari tape yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang rasanya manis legit. Anda bisa menikmati suwar suwir dengan beraneka ragam rasa seperti stroberi, pandan, dan cokelat.

Secara sekilas memang mirip seperti dodol. Namun saat digigit, lembut dan lumer di lidah. Pokoke, wuenak tenan!

Kalau Anda sudah mampir ke Jember, belum lengkap rasanya jika tidak membeli atau memakan suwar suwir. Karena itu khasnya Kabupaten Jember!

 

Banyak Pendatang

Jangan kaget ketika Anda datang ke Jember justru banyak orang ngomong bukan bahasa Jawa. Ya secara geografis, memang Jember terletak di Jawa Timur namun masyarakatnya beda dengan masyarakat Yogyakarta atau Jawa Tengah yang mayoritas pandai berbahasa Jawa.

Penyebabnya adalah karena sebagian masyarakat Jember itu adalah pendatang, terutama dari Madura. Jadi orang Jember itu ada yang berkomunikasi dengan bahasa Jawa dan ada juga yang berkomunikasi dengan bahasa Madura.

 

Edamame Jember

Sebenarnya Edamame bukanlah makanan khas Jember, tetapi dari Jepang. Namun salah satu perusahaan di Jember  PT Mitratani Dua Tujuh memproduksinya hingga ke berbagai daerah hingga ke luar negeri.

Bahkan masyarakat Jepang pun merasa jika Edamame Jember lebih spesial dari Edamame yang ada di Jepang. Bagi Anda yang belum tahu, edamame merupakan makanan berupa kacang kedelai muda yang masih berada dalam polong. Sayangnya edamame Jember belum terlalu populer secara nasional, meski sudah sangat terkenal di Jepang.

 

Penghasil Tembakau Terbesar

Jember juga merupakan penghasil tembakau terbesar, khususnya di wilayah Jawa Timur. Desa Tegalgede Kecamatan Sumbersari merupakan salah satu desa di Kabupaten Jember dengan tembakau terbaik yang sebagian besar digunakan sebagai bahan pembuatan rokok.

Bahkan 90% produksi tembakau Jember telah diekspor keluar negeri.  Salah satu jenis tembakau terbaik dari Jember adalah besuki na-oogst. Saat ini Bupati Jember telah mendeklarasikan Jember sebagai Kota Cerutu Indonesia (JKCI).

 

Itulah dia beberapa hal identik yang berhubungan dengan Kabupaten Jember. Mau nonton karnaval yang seru, ngemil makanan yang enak, sampai ngrokok yang mantap semua bisa dirasakan secara paripurna di Kabupaten Jember.

Ikuti tulisan menarik Firdaus Deni Febriansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

16 jam lalu

Terpopuler