x

Iklan

Fitri Nurshofia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2023

Kamis, 15 Juni 2023 15:09 WIB

Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen Pada PT Indofood


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sistem pengendalian manajemen merupakan upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya dengan cara melakukan suatu perbandingan atas prestasi kerja agar sesuai dengan rencana dan dapat melakukan tindakan jika terdapat sesuatu yang menyimpang.

Dalam suatu perusahaan, sistem pengendalian manajemen ini sangat penting untuk diterapkan, karena sistem ini memiliki peran yang besar terhadap laju perkembangan diperusahaan tersebut. Jika perusahaan tidak menerapkan sistem pengendalian manajemen, maka perusahaan tersebut akan rentan mengalami penurunan.

Adapun manfaat yang diterima oleh suatu perusahaan jika menerapkan sistem pengendalian manajemen yaitu:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Dapat mengetahui sejauh mana program yang sudah dilakukan, apakah sudah sesuai dengan rencana dan standar yang telah ditetapkan.

2. Dapat mengetahui jika terdapat penyimpangan saat proses pekerjaan.

3. Dapat memastikan kualitas setiap pekerjaan dengan memenuhi standar yang telah ditentukan.

4. Dengan sistem ini dapat memastikan semua anggota perusahaan tidak mengalami kesulitan baik dalam hal pribadi maupun tugas perusahaan.

Salah satu contoh perusahaan yang sudah menerapkan sistem pengendalian dengan baik yaitu pada PT. Indofood Sukses Makmur. Perusahaan ini merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman yang sudah memiliki cabang hampir diseluruh daerah di indonesia. Perusahaan ini menggunakan strategi diferensiasi produk dan juga kepemimpinan biaya rendah. Strategi tersebut dilakukan untuk memenangkan persaingan hingga dapat menguasai pangsa pasar. Selain itu, perusahaan ini juga menerapkan sistem pengendalian manajemen untuk mendukung strategi yang sudah digunakan yaitu:

1. Good Manufacturing Practices

Merupakan suatu pedoman cara memproduksi pangan yang baik dan menghasilkan produk yang bermutu dan terjamin aman untuk dikonsumsi.

2. Tanggung Jawab Manajemen

Terdapat komitmen manajemen yang dilakukan untuk menjaga sistem manajemen tersebut agar tetap konsisten. Adapun kebijakan keamanan pangan menggunakan PDCA. Selain itu, adanya lingkungan kerja perusahaan yang dimaksud disini yaitu segala bentuk kegiatan untuk menjaga para karyawan agar tetap semangat dalam bekerja.

3. Menjalankan Tata Kelola Yang Baik

Yaitu tetap dengan memperhatikan sasaran lingkungan sosial, dan tata kelola melalui suatu program dengan tetap menerapkan kebijakan dan prosedur keselamatan.

Ikuti tulisan menarik Fitri Nurshofia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu