Cara Mudah Menghilangkan Suara Bising di Video Bagi Pemula

Senin, 19 Juni 2023 16:19 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Suara jernih dan bersih menjadi salah satu penentu kualitas suatu video. Dan seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noise rekaman video.

Biasanya ketika merekam video menggunakan smartphone muncul noise yang secara tidak sengaja ikut terekam. Dan noise atau suara bising yang muncul dalam rekaman tersebut dapat mengganggu tampilan video yang hendak diunggah. Makanya diperlukan cara menghilangkan suara bising di video yang mudah dan cepat.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aplikasi Penghilang Noise

Suara yang jernih dan bersih menjadi salah satu yang menentukan kualitas tampilan suatu video. Maka diperlukan keahlian khusus untuk mengeditnya, agar menjadi video yang berkualitas. Dan seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noise suatu rekaman video.  Beberapa aplikasi yang menjadi cara menghilangkan suara bising di video tersebut, antara lain:

1.Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor salah satu cara menghilangkan suara bising di video. Sehingga hasilnya semakin OK. Diawali dengan mengunduh aplikasi tersebut di “play store”. Setelah selesai ,dilanjutkan memilih file video yang akan dikerjakan. Lalu klik noise reduction, dan memilih too-apply, untuk memprosesnya.  Dan tunggu beberapa saat hingga proses reduksi noise tersebut selesai, lalu unduh dan kilk save-as.

 

2.Audacity

Audacity merupakan salah satu aplikasi yang menjadi cara menghilangkan suara bising di video. Setelah diunduh terlebih dahulu lewat www.audacityteam.org. kemudahan penggunaan aplikasi ini dapat diikuti langkah pengaturannya, Buka aplikasi Audacity terlebih dahulu, lalu klik dan drag, lalu pilih effect>noise-reductio>get noise profile.  Selanjutnya tekan tanda CTRL+A, lanjutkan pilih effect>noise reduction dan tidak proses pereduksian suara bising pun selesai

 

3.Adobe Premiere

Dalam pembuatan sebuah video juga memerlukan editing untuk mengurangi, bahkan menghilangkan noise yang mengganggu. Dan Adobe Premiere yang dapat diunduh ini, menjadi pilihan andalan bagi para pemulanya. Diawali dengan membuka aplikasi, lalu masukkan file video ke dalam project. Kemudian klik effect>denoiser>control-panel>edit, hingga muncul clip-fx-editor. Selanjutnya arur seberapa besar reductionnya.

 

4.Wondershare Filmora

Wondershare Filmora, merupakan aplikasi yang mudah dan cepat untuk mengedit sebuah video.  Untuk itu silahkan unduh terlebih dahulu di google play store. Lalu buka aplikasi tersebut. kemudian pilih full feature mode. Kemudian import video, untuk mengambil video tersebut. Selanjutnya untuk proses pengaturannya dengan menggeser video le layar , lalu centang auto-denoise. Tunggu beberapa saat hingga proses editing selesai.

 

5.Memanfaatkan KineMaster

Dengan aplikasi KineMaster, pengguna dapat meningkatkan kualitas videonya, khususnya dari munculnya noise yang mengganggu.  Aplikasi besutan NexStreaming Corp ini, merupakan salah satu aplikasi editor video terbaik dan populer di kalangan youtuber. Hanya dengan menggunakan smartphone sudah dapat mengedit dengan cepat dan mudah.

Untuk itu unduh terlebih dulu aplikasi KineMaster di google play store, lalu buka menu aplikasinya dengan mengklik tanda plus, kemudian pilih project assistant. Pilih video yang akan diedit, lalu pilih latar audio untuk mengurangi noisenya. Kemudian pilih tanda audio untuk menambahkan suara lain, seperti musik. Selanjutnya klik plus dan tanda centangnya. Setelah selesai kemudian klik tanda share dan save-video-to gallery.  

 

6.Adobe Audition

Proses editing video dengan menggunakan Adobe Audition dapat dilakukan dengan mudah. Sehingga noise dan suara berantakan yang menjadi latar belakang pengambilan video dapat tereduksi dengan benar. Untuk memulainya diawali dengan membuka aplikasi, lalu pilih capture-noise-print. Pilih menu effect dan noise reduction, agar proses pengaturannya berjalan dengan lancar.

 

Nah, demikian cara menghilangkan suara bising di video yang cepat dan mudah bagi para pemula. Sehingga tampilan dan kualitas video pun semakin bagus, untuk itu diperlukan cara mereduksi noise yang tepat. Saat ini, dengan memanfaatkan aplikasi dari pihak ke-3, proses editing untuk menghilangkan noise pun dapat dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Tip Penting Sebelum Memulai Berbisnis Emas

Minggu, 16 Juli 2023 19:27 WIB
img-content

Ciri-ciri Emas yang Baik untuk Investasi

Kamis, 13 Juli 2023 07:18 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua