x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Minggu, 16 Juli 2023 19:27 WIB

Tip Penting Sebelum Memulai Berbisnis Emas

Banyak orang berniat menjadi pebisnis emas namun hanya sedikit yang sukses mewujudkannya. Kurangnya ilmu, hingga banyak yang mengalami kegagalan dan kerugian.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Emas memiliki daya tarik tersendiri, selain menjadi ambang stautus sosial seseotang, juga menjadi aset kekayaan yang mudah dipindahtangankan dengan cepat. Komoditas ini mempunyai keunikan yang tidak dipunyai aset keuangan lainnya, yang semakin lama disimpan menjadi semakin menguntungkan. Seiring dengan kemajuan teknologi dan ekonomi global, demikian juga dengan peluang usaha dibidang jual-beli emas.

 

Kalau dulu apabila seseorang hendak berbisnis emas, harus menyiapkan modal yang cukup besar, bisa mencapai milyaran rupiah. Namun perkembangan bisnis yang mengarah kepada sistem online juga turut mempengaruhi bisnis jual-beli emas.  Berbagai platform bisnis emas pun bermunculan dan berebut mencari peluang dengan menggandeng masyarakat luas untuk menjadi member customer mapun member agen atau distributornya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Tentunya semua akan mengatakan, bahwa platform merekalah yang terbaik. Sehingga banyak masyarakat yang tertarik dan bersedia bergabung. Ada yang harus membayar dengan harga atau jaminan tertentu, namun ada juga platform bisnis jual beli emas yang menawarkan menjadi mitra bisnisnya secara gratis (nyaris tanpa modal)



Namun tidak semua platform bisnis tersebut berjalan mulus sesuai dengan penawaran awalnya. Akibatnya banyak juga anggota masyarakat yang mengalami kegagalan, bahkan kerugian yang tidak sedikit.  Nah, untuk itu bagi anda yang tertarik atau berminat berbisnis emas, simak beberapa tips berikut ini:

 

  1. Mulailah dengan mempelajari segala sesuatu tentang emas terlebih dulu, keuntungan dan kerugian emas sebagai simpanan maupun investasi. Akan lebih baik lagi jika anda memiliki mentor atau konsultan dalam meningkatkan pengetahuan anda tentang emas.

 

  1. Pelajari platform bisnis emas yang ditawarkan kepada anda dengan hati-hati, jangan sampai salah langkah. Perhatikan rekam jejak 5 tahun terakhir, kantor pusat, website resmi, founder dan top management mereka. Jangan sungkan untuk menolak tawaran bisnis emas tersebut, bila anda merasa ragu. Meskipun yang mengajak anda tersebut adalah orang yang terdekat dengan anda ataupun orang yang anda hormati (tokoh masyarakat).

 

  1. Pelajari serta pahami sistem dan alur kerja bisnis emas tersebut dengan cermat. Ikuti bila ada pelatihan untuk mengembangka kemamapuan (skill set), mind set dan tool set, agar bisnis anda dapat berkembang dengan cepat sebagaimana target anda.

 

  1. Bangun jaringan bisnis anda, melalui berbagai platform bisnis yang anda kuasai, jangan lupa untuk membuat brand image yang positif.

 

  1. Berani mengambil resiko atau peluang bila ada kesempatan, sebab ini akan menjadi kunci awal anda dalam berbisnis ems. Karena hasil yang mungkin anda capai akan proporsional terhadap risiko yang telah diambil. Sebuah resiko yang sudah diperhitungkan dengan baik akan lebih banyak memberikan peluang keberhasilan bagi anda.

 

  1. Mencari masukan dan nasehat dengan terus berkonsultasi dengan mentor atau guru bisnis anda, agar langkah anda menjadi lebih terarah

 

  1. Lakukan dan belajar berkomunikasi dengan baik, kepiawaian anda dalam berkomunikasi merupakan kunci sukses. Dengan demikian anda akan lebih memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan (customer) anda.

 

  1. Kesuksesan seorang Entrepreneur sejati tidak akan pernah lepas dari kerja keras. Pada saat tidur pun otaknya bekerja dan berpikir akan peluang bisnis yang baik. Dalam keseharian, mereka tak kenal lelah dan putus asa.

 

  1. Satu hal yang tak boleh Anda lupakan yaitu, jangan pernah mengulur-ulur waktu. Jika Anda telah siap, lakukanlah sekarang juga! Semakin lama Anda menunda maka Anda akan semakin banyak kehilangan peluang dan kesempatan untuk sukses

 

Nah demikianlah tips untuk anda memulai bisnis emas. Ingatlah setiap usaha selalu mempunyai resiko kegagalan dan apabila hal tersebut terjadi pada anda, bersiaplah dan kuatkan diri anda untuk terus bangkit lagi! Semoga menginspiasrsi dan bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu