x

Investasi Emas

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Kamis, 13 Juli 2023 07:18 WIB

Ciri-ciri Emas yang Baik untuk Investasi

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli emas sebagai investasi di masa datang, penting untuk tahu ciri-ciri emas yang tepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Logam mulia atau emas batangan merupakan investasi yang mudah dan praktis, serta dapat dilakukan oleh siapa saja. Terutama bagi Anda yang memiliki tujuan menengah atau jangka panjang, seperti menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi atau membeli rumah, memiliki simpanan emas adalah kuncinya.

 

Pasalnya, emas memberikan keunggulan, yang cukup menjanjikan minimal dalam jangka waktu lima tahun, mudah mencairkannya, dan harganya cenderung naik. Kalaupun turun, nilainya tidak signifikan. Apa pun  jenis emasnya  sebenarnya tidak menjadi masalah.  Untuk itu, pastikan emas yang kita beli tersebut memiliki kriteria seperti di bawah ini:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

  1. Memiliki kadar kemurnian 24 karat.(FINE GOLD 999.9)

Maksimal kadar kemurnian emas 24 karat adalah 999.9%. Dan tentunya dilengkapi dengan sertifikat “assayer” sesuai dengan nomor serinya.

 

  1. Harga per gram rendah, mengikuti dan sesuai dengan harga internasional, saat itu (at the time).

 

  1. Spread / susut nilainya tipis, merupakan persentase selisih harga jual dan harga beli. Semakin tipis nilai susutnya, maka emas tersebut akan semakin menguntungkan.

Dengan perhitungan: (harga jual-harga beli) dibagi harga jual kali 100%

 

  1. Stok emas selalu tersedia, terutama ketika saat harga turun. Kekurangan maupun kehabisan stok, akan sangat merugikan para konsumennya, apalagi saat harga emas sedang mengalami kejatuhan harga. Biasanya bagi yang sudah paham ilmunya akan melakukan aksi beli (borong).

 

  1. Memiliki kantor fisik, agen atau distributor yang banyak tersebar, untuk memudahkan para customernya beraktivitas jual-beli. Sehingga para customer akan merasa nyaman dan aman dalam bertransaksi.

 

  1. Jaminan beli kembali dari produsen sangat diperlukan, apabila kita hendak jual kembali (buyback guarantee). Meskipun ada syarat dan ketentuan, namun S&K harus transparan serta memudahkan para konsumennya.

 

Nah, demikianlah ciri-ciri emas yang baik untuk dijadikan kendaraan investasi anda. Untuk itu penting bagi anda memahami ilmu emas dengan benar, sehigga tidak terjebak ke dalam investasi bodong, maupun penipuan scam cepat kaya, yang cukup marak di Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB