x

Untung Rugi Perbankan Virtual

Iklan

IRKaMedia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Maret 2023

Senin, 3 Juli 2023 20:43 WIB

Untung Rugi Perbankan Virtual

Perkembangan teknologi internet, prevalensi perangkat pintar, dan variasi perilaku pelanggan telah menyebabkan peningkatan pesat dalam pendirian bank virtual.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa dan Mengapa Virtual Banking

Virtual Banking mengacu pada tindakan mengakses lembaga perbankan dan fungsinya secara online tanpa harus tampil secara fisik di balai perbankan. Ini memerlukan penyediaan berbagai layanan perbankan melalui penggunaan TI secara ekstensif tanpa perlu melakukan walk-in fisik.

Oleh karena itu, lembaga keuangan mana pun yang menyediakan layanan perbankan tradisional secara online. Ini berarti pelanggan dapat mengajukan pertanyaan akun, mendapatkan pinjaman, membayar tagihan secara online, dan bahkan menarik dan menyetor uang kapan pun pelanggan mau. Terkadang juga disebut sebagai remote banking, internet banking, online banking, dan phone banking.

Keuntungan Perbankan Virtual

1-24/7 Akses ke akun dan informasi bank Anda

Selama Anda terhubung ke internet, bank online dapat diakses sepanjang hari. Faktanya, beberapa bank virtual tingkat lanjut meningkatkan standar persaingan dengan memberi Anda akses 24/7 ke agen layanan pelanggan di kehidupan nyata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini menjadi sangat bermanfaat jika Anda tidak memiliki akses ke internet, atau jika Anda merasa lebih nyaman berinteraksi dengan manusia, daripada menggunakan algoritme komputer terprogram.

2-Kecepatan dan Efisiensi Lebih Cepat

Ingatlah bahwa dengan lembaga perbankan bata-dan-mortir tradisional, Anda harus melewati tekanan yang memakan waktu karena menunggu dalam antrean untuk melakukan hampir setiap transaksi perbankan seperti mengajukan pinjaman atau mentransfer dana. Namun, bukan itu masalahnya.

Di sini, kecepatan dan efisiensi merupakan keunggulan di pihak Anda karena Anda tidak perlu menunggu. Yang harus Anda lakukan hanyalah masuk dan mengakses akun online Anda, dan Anda dapat melakukan hampir setiap transaksi perbankan (meminta kartu kredit baru, mengajukan keluhan, dll.) tanpa harus pergi ke bank dan mengantri.

3-Pembayaran Tagihan Online

Kemampuan untuk membayar tagihan secara online adalah salah satu keuntungan luar biasa dari perbankan online. Di perbankan tradisional, Anda harus menulis cek atau mengisi formulir untuk membayar tagihan. Namun, dengan perbankan virtual, yang diperlukan hanyalah satu klik sederhana setelah Anda mengatur akun di bank online Anda.

Bahkan, Anda bahkan dapat mengotomatiskan pembayaran tagihan Anda dengan durasi waktu yang ditentukan. Dengan fitur pembayaran tagihan online ini, mudah untuk memantau akun Anda dari satu sumber pusat dan untuk mengawasi pembayaran masuk dan keluar dari akun Anda.

4-Biaya Operasi Hemat Biaya

Bank tradisional harus membayar biaya yang mencakup sewa, listrik, lansekap, layanan kebersihan, dll. Namun, bank virtual tidak perlu membayar untuk hal-hal ini dan itu berarti mereka dapat memberikan penghematan ini kepada pelanggan mereka.

Karena mereka memiliki biaya operasi yang relatif lebih rendah, bank virtual cenderung membebankan biaya lebih rendah daripada bank tradisional. Inilah sebabnya mengapa ada banyak bank virtual yang menyediakan rekening giro online gratis tanpa deposit, bersama dengan rekening bank tanpa biaya lainnya, seperti IRA. Beberapa bank virtual memungkinkan pemeriksaan gratis dan saldo minimum nol.

Ini sangat berguna jika Anda khawatir aplikasi Anda untuk akun mungkin ditolak karena kredit buruk. Anda mungkin diizinkan untuk membuat rekening bank secara online tanpa biaya. Tidak perlu pemeriksaan kredit, namun mungkin ada biaya berkelanjutan.

5-Suku Bunga Tinggi

Sebagai hasil dari overhead rendah, bank virtual biasanya menawarkan suku bunga terbaik, terlepas dari apakah Anda menginginkan sertifikat deposito, rekening giro gadis tinggi, atau rekening deposito dengan bunga tinggi, seperti rekening pasar uang.

Keuntungan lainnya  termasuk:

  • Fleksibilitas sistemnya
  • Hemat waktu
  • Mereka peka terhadap lingkungan
  • Pekerjaan yang mudah dan keramahan pengguna
  • Tanda digital untuk keamanan
  • Kemampuan untuk memeriksa data tentang transaksi dengan cara terkini dan retrospektif

Kerugian Perbankan Virtual

1-Ancaman Keamanan

Seperti yang diharapkan, setiap inovasi yang berbasis TI menghadapi masalah keamanan. Inilah sebabnya mengapa beberapa pelanggan masih skeptis tentang hal itu. Jika seseorang mendapatkan akses ilegal ke akun Anda dengan meretas atau membajak kata sandi atau detail login Anda, akun Anda (dan tentu saja, uang) berisiko dicuri.

Selain itu, fakta bahwa bank virtual tidak memiliki kehadiran fisik membuat orang sulit mempercayainya. Jika situs web mogok atau identitas digital Anda dicuri, apa yang terjadi dengan uang Anda?

2-Inefisiensi Eksekusi Transaksi Kompleks

Bank virtual bagus untuk melakukan operasi perbankan sederhana seperti mentransfer dana antar rekening dan membayar tagihan secara online. Namun, jika bank virtual Anda tidak memiliki pandangan global, mungkin tidak dapat menjalankan fungsi transaksi global secara efisien seperti mengirim pembayaran ke banyak mata uang dari berbagai negara di seluruh dunia.

Faktanya, bank virtual tanpa kehadiran fisik tidak mungkin dapat melakukan layanan notaris karena memerlukan kunjungan fisik, dan sangat penting untuk kegiatan keuangan penting seperti pembelian rumah.

3-Ketidakmampuan untuk Menciptakan Hubungan dengan Bank

Keunggulan yang dimiliki bank bata-dan-mortir tradisional dibandingkan bank virtual adalah kenyataan bahwa pelanggan dapat dengan mudah menciptakan keakraban dan hubungan dengan seorang bankir. Namun, ini menjadi hampir mustahil.

Ini karena bank virtual biasanya menyerahkan Anda ke agen layanan pelanggan anonim yang kemungkinan besar tidak dapat membedakan Anda dari pelanggan berikutnya.

Kerugian lainnya  adalah:

    • Mobilitas situs web perbankan
    • Biaya akses
    • Kesulitan yang mungkin melekat pada pembelajaran proses online
    • Skeptisisme tentang validitas dan efektivitas operasi

Mengapa Bank Virtual Adalah Masa Depan?

Era transformasi digital menimpa seluruh umat manusia. Memang, perkembangan modern dalam teknologi internet, prevalensi perangkat pintar, dan variasi perilaku pelanggan telah menyebabkan peningkatan pesat dalam pendirian bank virtual.

Akibatnya, mayoritas pelanggan secara signifikan menerima perbankan virtual . Selain itu, organisasi seperti Japan Net Bank dan Manulife Bank telah memberikan contoh umur panjang dan model bisnis yang terbukti untuk digabungkan dengan bank virtual baru lainnya.

Oleh karena itu, masa depan dominasi keuangan diperkirakan akan diduduki oleh perusahaan-perusahaan seperti New Virtual Banks di China Daratan dan Hong Kong, serta bank virtual inovatif lainnya yang berpotensi menjadi sangat sukses dan akhirnya menjadi pemain utama di dunia Perbankan. dan Keuangan.

Kesimpulannya, era TI dan transformasi digital telah berkembang pesat, dan banyak bisnis yang sangat memanfaatkannya. Seperti yang telah Anda lihat, kelebihan perbankan virtual menggantikan kekurangannya.

Lalu apa yang Anda tunggu? Naik kereta dan mulailah memanfaatkan banyak manfaat dan peluang yang melekat.

Saat ini kita memerlukan internet yang stabil untuk meng akses bank virtual, karena bank virtual membutuhkan internet dengan sinyal yang stabil. Dan kini terlah hadir ICONNET jaringan internet kabel fiber optik dari PLN Grup, tersedia paket internet rumah yang stabil dan tanpa batas. ICONNET menghadirkan layanan internet yang andal dan dengan harga yang terjangkau. Khusus pada bulan Juli ICONNET menawarkan promo “ICONNET FUNTASTIC JULY”, saatnya kita memanfaatkan berbagai tawaran ICONNET bulan ini yang tentunya akan memberikan pengalaman berselancar digital yang semakin mudah.

  1. GRATIS biaya instalasi sebesar Rp 250.000,- bagi pelanggan baru
  2. Beragam pilihan paket internet mulai dari 100 ribuan per bulan dengan kuota tanpa batas.
  3. Promo Bundling Payment ICONNET PAHE (Paket Hemat) khusus untuk pelanggan baru: bayar 6 bulan GRATIS 1 bulan, bayar 12 GRATIS 3 bulan dan berlaku kelipatan

Bagi Anda yang berminat mendaftar layanan ICONNET dapat mengunjungi iconnet.id atau mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk informasi promo, produk layanan, ketersediaan jaringan, dan pendaftaran lebih lanjut.

Selain itu, untuk semakin memudahkan layanan pelanggan, ICONNET juga menghadirkan aplikasi MyICON+. Dengan adanya platform digital ini, PLN Icon Plus berkomitmen untuk terus mengembangkan customer experience journey yang semakin inovatif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Berbagai fitur aplikasi ini akan memenuhi kebutuhan layanan ICONNET dalam satu genggaman, antara lain:

  • Informasi layanan ICONNET mulai dari profil pelanggan, jenis paket, dan status layanan
  • Informasi jatuh tempo tagihan
  • Informasi kanal pembayaran
  • Layanan customer care, termasuk ticket monitoring
  • Informasi produk dan promo terbaru

semua ada dalam satu aplikasi, segera unduh aplikasi MyICON+ di Google PlayStore dan AppStore. ICONNET - Semua Makin Mudah

 

 

 

Ikuti tulisan menarik IRKaMedia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler