x

Ilustrasi Diskusi

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Selasa, 1 Agustus 2023 20:25 WIB

Pentingnya Mengajarkan Mahasiswa Tentang Adab

Pentingnya Mengajarkan Mahasiswa Tentang Adab

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada teman dosen saya di Solo yang bercerita dulu pernah mempunyai mahasiswa yang dia didik dan bimbing dari mahasiswa baru hingga lulus di kampus XXX. Teman saya selalu mengajari mahasiswanya tentang adab, ilmu, skill, dan kepedulian terhadap pasien.

Waktu berjalan ternyata keluarga dosen teman saya menjalani rawat inap di bangsal Rumah Sakit besar di kota Solo dan kebetulan ternyata ada mantan mahasiswa bernama X tersebut bekerja di bangsal RS tersebut. Ketika mahasiswa X tersebut melihat dosennya tiba-tiba dia menghindar menutup mukanya. Ketika lewat di konter perawat disapa pura-pura telepon. Ketika dosen saya bertanya kepada kepala ruang bangsal Rumah Sakit tersebut ternyata benar alumni kampus teman saya tersebut dan namanya juga sama.

Ketika operan jaga dilakukan di depan bed pasien keluarga teman dosen saya, mantan mahasiswa tersebut seolah tidak kenal padahal dosen dia sendiri. Kemudian setelah selesai tugaspun tidak menghampiri atau minimal menyapa. Jarak konter perawat dan kamar bangsal pun tidak begitu jauh, hanya beberapa langkah sampai. Kalaupun tidak kenal tidak mungkin karena selama di kampus intens baik pembelajaran di kelas, treatrikal, PMB dll.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sontak teman dosen saya dalam hati berkata ternyata selama ini dia gagal sebagai dosen mendidik mahasiswanya tentang adab. Kalaupun baru sibuk selama bertugas, baiknya selesai tugas menghampiri atau minimal menyapa salaman seperti ketika berjumpa dengan teman tapi ternyata seolah - olah tidak kenal sama sekali serta menghindar. Kalaupun diniatkan untuk menjenguk malah akan mendapat pahala lebih.

Kejadian ini bisa sebagai pembelajaran untuk diri saya sendiri mengajarkan pada mahasiswa bahwa adab lebih utama daripada ilmu. Dalam Islam mengajarkan Belajarlah hormat kepada Guru kalian baik dari TK,SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi. Insya Allah guru kalian atau dosen kalian tidak gila hormat kok, kalaupun membalas sapa atau disapa itupun sudah lebih dari cukup. Apalagi dosen kalian mondok ditempat kalian bekerja satu ruangan. Ketika kesombongan sudah ada pada dirimu maka kalian seperti menggali lubang kubur kalian sendiri, kalau tidak percaya silahkan dipraktekkan tinggal menunggu waktu. Semoga saya sendiri dan mahasiswa baru saya ke depan terhindar dari sifat sifat seperti itu. Aamiin.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan Adab merupakan salah satu faktor penting bagi para mahasiswa sebagai penuntut ilmu yang sedang meniti jalan menuju sukses mulia. Sukses ketika menempuh studi, sehingga dapat menyelesaikannya dengan prestasi terbaik. Hingga meraih sukses sejati dalam tahapan-tahapan kehidupan berikutnya. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB