Perkembangan Radio di Indonesia Saat Ini

2 jam lalu
Bagikan Artikel Ini
img-content
Radio di Mobil. Gambar oleh Melonemond dari Pixabay
Iklan

***

1. Perkembangan dunia radio saat ini masih stabil, dulu mungkin radio hanya sebagai alat untuk pemerintahan, seiring perkembangan zaman, radio juga berisi iklan dan hiburan, radio semakin populer diera 90an. Diera digital sekarang radio masih dianggap mampu memberikan sebuah kontribusi yang baik, tetapi sudah tidak sebesar era 90an.

2. Ada contoh kritik bahwa beberapa program terlalu Jakarta sentris, atau isi pembicaraan kurang “nyambung” dengan banyak pendengar di luar Jakarta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

3. Menurut pendapat saya radio harus mulai berani melakukan streaming di media media sosial seperti tiktok. Walau radio tetap ada tetapi tidak menutup diri untuk melakukan improvisasi baru dengan cara streaming di aplikasi lain. Kemudian menggunakan data analityc agar mudah mencari mana segmen yang pas untuk setiap audiens.

4. Menurut saya radio baru tidak boleh menutup diri dengan platform digital yang lain, mereka harus tetap aktif dengan media sosial yang ada untuk menarik peminat baru. Melakukan kolaborasi dengan konten creator atau artis yang sedang viral. Tidak lupa untuk melakukan marketing seperti iklan di radio, atau iklan di media sosialnya. Melakukan chalenge di media sosial atau radio untuk menarik minat audiens.

 

Artikel ini adalah tugas kuliah Produksi Program Audio di Politeknik Tempo, dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler