x

Iklan

IRKaMedia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Maret 2023

Selasa, 8 Agustus 2023 10:45 WIB

Solusi Aplikasi Digital untuk Desa Panggungharjo, Bantul

Teknologi digital mampu menjawab kebutuhan ataupun persoalan warga masyarakat desa Panggungharjo. Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Dari rintisan Wahyu bermunculan berbagai aplikasi teknlogi berbasis internet yang mengubah kehidupan desa Pangggungharjo dan sekitarnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kehadiran teknologi digital telah membawa dampak perbaikan mampu menjawab kebutuhan ataupun persoalan yang dihadapi oleh warga masyarakat desa. Hal ini diakui oleh masyarakat desa yang dipimpin Wahyudi Anggoro Hadi S.Farm. Apt., Kepala Desa Panggungharjo. Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari rintisan Wahyu, bermunculan berbagai aplikasi teknlogi berbasis internet yang mengubah kehidupan desa Pangggungharjo dan sekitarnya. Berikut di antaranya,

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Situs Pasar Desa.id.

Teknologi digital itu memberikan manfaat kepada warga masyarakat desa untuk bisa memasarkan produk hasil-hasil produksi warga masyarakat desa. Misalnya melalui situs pasar desa.id.

Situs web ini diinisiasi di awal-awal pandemi dalam rangka untuk mempertemukan sebagian warga desa yang masih punya daya beli dengan sebagian warga desa lain yang mempunyai barang-barang persediaan. Situs ini kemudian berkembang menjadi aplikasi pendukung untuk penyaluran BLT dana desa. Ini memungkinkan ada perluasan manfaat atas Bantuan Langsung Tunai Dana desa itu

Salah satu fasilitasi yang diberikan oleh pemerintah Desa Panggungharjo untuk mendorong pertumbuhan ekonomi warga masyarakat desa adalah adanya rumah produksi komunitas. Sarana ini sebagai tempat untuk membantu memfasilitasi para pelaku industri rumah tangga pangan yang kesulitan untuk memproduksi berbagai macam produk-produk makanan secara higienis.

Platform “PASTI ANGKUT”

Dalam perjalanannya itu pemanfaatan platform digital khususnya dalam rangka untuk mendorong perubahan perilaku terkait dengan pengelolaan sampah, Wahyudi menginisiasi satu platform aplikasi layanan sampah yang disebut sebut “pasti Angkut”. Ini membantu memberikan pelayanan atas pengelolaan sampah di rumah tangga. Aplikasi itu memungkinkan mendorong terjadinya perubahan perilaku dari warga masyarakat desa terkait dengan pemanfaatan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Saat ini ada sekitar 2000-an warga desa yang terhubung dengan aplikasi “Pasti Angkut”. Pengelola menjadi tahu pola perilaku dari masing-masing keluarga. Dari data itu kemudian kita bisa merumuskan strategi yang paling sesuai untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku di level keluarga.

Pengelola mentargetkan Tahun 2022 sebagai Desa Bersih Sampah Tanpa TPA, karena tidak ada lagi sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Desa Panggungharjo pun akan mendeklarasikan menjadi “Desa bersih sampah tanpa TPA: Merdeka sampah dari desa”.

Platform Monitoring Kesehatan

Panggungharjo merupakan salah satu desa yang paling responsif menghadapi covid waktu itu. Hal ini ditunjukan dengan menginisiasi satu platform yang namanya monitoring kesehatan harian yang memungkinkan Pemerintah desa Panggungharjo itu memetakan pola persebaran kesehatan warga masyarakat desa. Pemetaan ini berdasarkan 4 aspek: mulai (1) gejala yang dirasakan; (2) riwayat perjalanan terkait dengan; (3) riwayat kontak maupun; (4) ada tidaknya penyakit penyerta.

Dalam rangka memetakan dampak ekonomi, warga masyarakat desa kita minta untuk melaporkan kondisi perekonomian mereka melalui satu aplikasi yang kita keluarkan. Laporan ini berdasarkan 7 aspek mulai dari (1) jenis pekerjaan; (2) pendapatan; (3) pola konsumsi; (4) kepemilikan dana cadangan; (5) kepemilikan aset; (6) kepemilikan jaminan sosial serta (7) keberadaan kelompok Rentan.

Sosial Ekonomi: SISKEUDES

Desa Panggungarjo juga juga mengkompilasi data sosial yaitu menyangkut sebaran tingkat kesejahteraan warga desa termasuk di dalamnya adalah mengelola data penyandang masalah kesejahteraan sosial. Demikian juga mengelola data ekonomi menyangkut sebaran kesejahteraan berdasarkan tingkat perekonomian mereka termasuk di dalamnya adalah pelaku UMKM, jenis-jenis UMKM dan lain sebagainya.

Juga mengelola data Keuangan melalui satu sistem aplikasi “SISKEUDES”, sehingga kemudian pengelolaan keuangan secara transparan dan memberikan dampak yang nyata untuk meningkatkan kesetaraan warga desa.

Pendidikan: ‘CREATIVE LIBRARY’

COVID 19 lalu membuktikan bahwa puncak dari relasi sosial itu ada di keluarga sehingga kemudian menghadapi situasi yang tidak mudah selama masa pandemi. Termasuk bagaimana berperan untuk memberikan layanan pendidikan yang seharusnya diberikan oleh sekolah

Tahun 2022 Wahyudi menginisiasi namanya “Panggungharjo Creative Library”yang menyediakan berbagai ragam pengetahuan-pengetahuan yang dikonstruksikan dari hasil berbagai pengalaman warga masyarakat desa. Sehingga kemudian apa kehadiran teknologi digital jadikan proses pembelajaran itu tetap berlangsung. Anak-anak tetap mempunyai kesempatan untuk terus belajar dengan memanfaatkan platform digital.

Kolaborasi “MULTIBISA”

Dalam rangka untuk mewujudkan desa Pangungharjo yang melek digital, Pemerintah Desa membangun kolaborasi multi bisa multi pihak, disebut”ABCGFM” yang melibatkan Akademisi, bisnis, institusi pemerintah atau government. Institusi finansial dan media.

Pada akhirnya melahirkan sebuah ekosistem kemandirian desa. kehadiran sumber daya muda, sumber daya manusia yang cukup kompeten yang punya dedikasi yang tinggi. Pada akhirnya melahirkan inovasi-inovasi pemanfaatan digital. yang membantu Pemerintah desa dalam berbagai hal. Termasuk dalam perencanaan Desa secara lebih baik, penanganan terhadap situasi darurat.  

Dukungan Jaringan Internet yang Handal

Pemanfaatan teknologi digital yang ditopang oleh adanya lembaga pengelola sistem informasi Desa. Itu tentunya juga membutuhkan satu jaringan internet yang handal dan kehadiran ICONNET menjawab persoalan itu.

Kehadiran platform digital untuk memudahkan hidup dari warga masyarakat desa, meningkatkan kualitas hidup mereka terkait dengan peningkatan kesejahteraan secara ekonomi.

Juga peningkatan kualitas kesehatan lingkungan, dengan adanya perubahan perilaku  pengelolaan sampah yang lebih bertanggung jawab.

Dari sisi Pemerintah Desa kehadiran teknologi digital itu berperan penting dalam proses perencanaan pembangunan, sehingga kegiatan-kegiatan Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa panggungharjo itu, mampu menjawab kebutuhan warga masyarakat desa, mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh warga masyarakat desa.

Kemudian di tahun 2024 nanti kita mentargetkan Desa Panggungharjo sebagai desa yang layak yang patut dan yang bermartabat bagi semua warga desa, dan kehadiran ICONNET itu menjadi salah satu infrastruktur teknologi penting untuk kemudian mewujudkan apa besar dari pemerintah Desa maupun warga Desa Panggungharjo.

Transformasi sosial yang didukung oleh adanya teknologi digital menjadikan kehidupan warga masyarakat desa Panggungharjo jauh lebih mudah menjangkau dan terjangkau.

ICONNET menghadirkan layanan internet yang andal dan dengan harga yang terjangkau. Khusus pada bulan Agustus ICONNET menawarkan promo “ICONNET MERDEKA”, saatnya kita memanfaatkan berbagai tawaran ICONNET bagi pelanggan baru yang tentunya akan memberikan pengalaman berselancar digital yang semakin mudah.

  1. GRATIS biaya instalasi sebesar Rp 250.000,-
  2. Beragam pilihan paket internet mulai dari 100 ribuan per bulan dengan kuota tanpa batas.
  3. Promo ICONNET PAHE (Paket Hemat) bayar 6 bulan GRATIS 1 bulan, bayar 12 GRATIS 3 bulan, dan berlaku kelipatan

Bagi Anda yang berminat mendaftar layanan ICONNET dapat mengunjungi iconnet.id atau mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk informasi promo, produk layanan, cek ketersediaan jaringan, dan pendaftaran lebih lanjut.

Selain itu, untuk semakin memudahkan layanan pelanggan, ICONNET juga menghadirkan aplikasi MyICON+. Dengan adanya platform digital ini, PLN Icon Plus berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan yang semakin inovatif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Berbagai fitur aplikasi ini akan memenuhi kebutuhan layanan ICONNET dalam satu genggaman, antara lain:

  • Informasi layanan ICONNET mulai dari profil pelanggan, jenis paket, dan status layanan
  • Informasi jatuh tempo masa aktif paket layanan
  • Informasi kanal pembayaran
  • Layanan customer care, termasuk pelaporan dan ticket monitoring
  • Informasi produk dan promo terbaru

Semua ada dalam satu aplikasi, segera unduh aplikasi MyICON+ di Google PlayStore dan AppStore.

ICONNET - Semua Makin Mudah - IRKa

 

Ikuti tulisan menarik IRKaMedia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler