x

Ilustrasi pekerjaan frelance paling dicari/Pexels

Iklan

Diyo Suroso

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2020

Selasa, 26 September 2023 12:08 WIB

Tujuh Pekerjaan Freelance Paling Dicari

Apakah Anda sedang mencari penghasilan tambahan? Atau sedang mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama? Pekerjaan freelance bisa menjadi jawabannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Anda sedang mencari penghasilan tambahan? Atau sedang mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama? Pekerjaan freelance bisa menjadi jawabannya.

Pekerjaan freelance bisa dilakukan oleh siapa saja karena termasuk pekerjaan yang fleksibel. Orang-orang yang mencari pekerjaan freelance umumnya mahasiswa. Namun, tidak menutup kemungkinan juga seseorang yang sudah memiliki pekerjaan utama masih mencari tambahan penghasilan dan freelance.

Karena fleksibel tadi, pekerjaan freelance menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Namun, bukannya tanpa tantangan, pekerjaan jenis ini juga memiliki risikonya sendiri.

Apa Itu Pekerjaan Freelance?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Freelance adalah jenis pekerjaan yang memungkinkan seseorang bekerja secara mandiri dan tidak terikat dengan suatu perusahaan atau organisasi secara tetap. 

Seorang pekerja freelance biasanya bekerja secara kontrak atau proyek dengan berbagai klien atau perusahaan yang membutuhkan jasa atau keahlian mereka.

Seorang freelancer memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal kerjanya sendiri, menentukan proyek yang ingin diambil, dan menetapkan tarif. Selain itu, pekerjaan ini juga dapat dilakukan dari mana saja, baik itu dari rumah, kafe, atau tempat lain, asalkan memiliki akses ke internet dan alat yang diperlukan.

Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari

Karena kemudahan yang didapatkan seorang freelancer, banyak orang ingin terjun ke dalamnya. Nah, berikut ini adalah jenis pekerjaan freelance yang paling banyak dicari.

1. Business Analyst

Apa itu business analyst? Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menjembatani kesenjangan antara teknologi informasi (IT) dan bisnis. Caranya adalah dengan menilai proses, menentukan persyaratan, memberikan rekomendasi dan laporan berbasis data kepada pimpinan.

2. Voiceover

Voiceover menjadi salah satu pekerjaan freelance yang paling banyak dicari. Untuk menekuni pekerjaan ini, seseorang tidak harus memiliki suara yang bagus. Namun yang terpenting adalah olah vokal yang baik dan mahir memainkan intonasi.

Voiceover dibutuhkan untuk banyak hal, seperti video game, pembacaan audiobook, instruksi e-learning dan lain sebagainya.

3. Graphic Designer

Sebagian besar orang mungkin sudah tahu apa itu graphic designer. Ya, permintaan akan pekerjaan jenis ini memang semakin meningkat.  Banyak perusahaan yang ingin tampil di media sosial sehingga kemudian membutuhkan seorang graphic designer.

Tidak hanya itu, seorang desain grafis juga bisa melakukan banyak pekerjaan lainnya. Jika tertarik, seorang desain grafis bisa menawarkan jasa dengan mematok harga untuk konten tertentu.

4. Data Entry

Mungkin pekerjaan ini yang paling mudah di antara semuanya. Seperti namanya, pekerjaan data entry bertugas memasukkan data ke sebuah sistem.

Data entry menjadi salah satu pekerjaan freelance yang paling banyak dicari di era sekarang. Selain karena mudah, pekerjaan ini juga sangat dibutuhkan di banyak perusahaan.

5. Content Writer

Seorang content writer bertugas untuk menulis artikel berdasarkan kata kunci atau keyword. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Freelance Content Writer adalah salah satu pekerjaan yang populer. Banyak mahasiswa hingga pekerja memilih untuk menjadi penulis lepas. Selain karena hobi, upah yang ditawarkan juga tergolong lumayan.

6. Copywriter

Copywriter berbeda dengan content writer. Seorang copywriter bertanggung jawab untuk merangkai kata sehingga mensugesti dan akhirnya membuat orang lain tertarik.

Copywriter biasanya bekerja untuk memberikan informasi dan promosi. Teks yang mereka tulis harus menarik dan bisa mengajak pembaca untuk membeli produk yang sedang dipasarkan.

7. SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yaitu teknik untuk mengoptimalisasi suatu projek melalui mesin pencari. Seperti pada website, SEO berfungsi untuk meningkatkan trafik sebuah situs pada halaman mesin pencarian.

Kini, ahli SEO sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. Teknis SEO sebenarnya bisa didapatkan secara otodidak dan latihan. Maka dari itu, peluang untuk menjadi seorang freelance SEO terbuka untuk siapa saja.

Nah, itulah deretan pekerjaan freelance yang paling dicari. Untuk membangun karir sebagai seorang freelancer, maka seseorang harus konsisten dan jangan malas untuk meningkatkan kemampuannya. Selamat mencoba.

Ikuti tulisan menarik Diyo Suroso lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler