x

Kegiatan bazar di SMP Negeri 1 Doplang (dokumen pribadi)

Iklan

Ratna Nisrina Puspitasari

Pengajar di SMP Negeri 1 Doplang
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Minggu, 15 Oktober 2023 09:00 WIB

Siswa SMP Negeri 1 Doplang Ciptakan Aneka Olahan Makanan dengan Memanfaatkan Umbi-umbian

Siswa SMP Negeri 1 Doplang ciptakan aneka olahan makanan dari umbi-umbian. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SMP Negeri 1 Doplang selenggarakan Bazar yang bertajuk Pasar Mini Jajanan Pasar, Sabtu (14/10). Makanan yang ditawarkan dalam kegiatan ini berbahan dasar singkong. Kegiatan merupakan rangkaian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau biasa disebut dengan kegiatan P5. 

Sebelum adanya kegiatan bazar, siswa diberikan materi mengenai aneka olahan dari umbi-umbian. Siswa diminta mengembangkan secara mandiri olahan makanan dengan bahan utama umbi-umbian. 

Adapun pemilihan umbi-umbian sebagai bahan utama aneka olahan makanan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pertama yaitu potensi daerah yang ada di Kecamatan Jati, Kabupaten Blora yang rata-rata menanam umbi-umbian, seperti yang disampaikan oleh salah guru SMP Negeri 1 Doplang, Tri Isna Widitanti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Pemilihan bahan dasar umbi-umbian karena disesuaikan dengan potensi daerah di sini," ujar Tri Isna Widitanti yang merupakan guru IPS di SMP Negeri 1 Doplang.

Kegiatan Pengolahan Umbi-Umbian oleh siswa SMP Negeri 1 Doplang 

Faktor kedua yaitu melatih kreativitas siswa dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan. Selain membuat olahan dari umbi-umbian, siswa juga dilatih untuk mengembangkan kemampuan kewirausahaan melalui kegiatan jual-beli yang terselenggara melalui bazar. Siswa diminta mengemas kemasan makana semenarik mungkin agar menambah daya tarik makanan.

Siswa Bekerja sama dalam Proses Pengolahan Umbi-Umbian 

Siswa memanfaatkan aplikasi editing gambar seperti canva, cap cut, light room, dan sejenisnya. Semua aplikasi tersebut tersedia secara gratis dan dapat dimanfaatkan secara bebas karena dapat diunduh di gawai masing-masing siswa.

Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat mengenali potensi yang ada di sekitarnya dan memanfaatkannya menjadi produk bernilai ekonomi. Selain itu, tujuan lain dari kegiatan ini adalah menumbuhkan karakter luhur yang tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila ke dalam diri siswa, sesuai dengan tujuan utama dari terselenggaranya kegiatan ini.

Ikuti tulisan menarik Ratna Nisrina Puspitasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler