x

Internet

Iklan

Syahra Maharani Putri

Mahasiswi Sastra Indonesia Universitas Pamulang
Bergabung Sejak: 3 Juli 2022

Jumat, 22 Desember 2023 13:33 WIB

Campur Kode pada Media Sosial Twitter @unpamfess_

Campur kode merupakan fenomena kebahasaan pada masyarakat. Campur kode pun merambah ke media sosial, salah satunya Twitter. Bagaimana bentuk campur kode pada Twitter? Simal artikel berikut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Campur kode merupakan fenomena kebahasaan yang sering dijumpai di era globalisasi. Di era globalisasi ini internet sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari manusia. Dunia maya di internet tak ayal memegang peranan penting di kehidupan manusia, khususnya dalam berkomunikasi satu sama lain. Twitter, atau yang sekarang dikenal dengan X, merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat.

Apa Itu Campur Kode?

Campur kode menurut I Dewa Putu Wijana, ahli bahasa dari Universitas Gadjah Mada, adalah situasi berbahasa apabila penutur mencampur dua atau lebih bahasa dengan saling memasukkan unsur-unsur bahasa satu ke dalam bahasa lainnya, unsur-unsur bahasa yang menyisip tersebut tidak mempunyai fungsi sendiri lagi. Singkatnya, campur kode adalah mencampurkan dua atau lebih bahasa dalam suatu ucapan.

Campur kode terjadi karena berbagai faktor penyebab. Pada artikel ilmiah yang berjudul Wujud dan Faktor Penyebab Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Sosial Pedagang dan Pembeli Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi karya Siti Rifa Alawiyah dkk pada tahun 2021, menyebutkan ada beberapa faktor penyebab terjadinya campur kode. Di antaranya adalah tidak adanya kata yang tepat untuk bahasa yang digunakan, untuk menegakkan pembicaraan, menghindari kata yang kasar dalam bahasa tertentu, dan agar tidak terikat bahasa yang kaku.

Mengenal Media Sosial Twitter

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Media sosial adalah media berkomunikasi dan berinteraksi pada dunia maya yang diwadahi internet. Ada banyak media sosial yang populer di kalangan masyarakat, salah satunya Twitter, atau kini dikenal dengan X. Twitter sendiri merupakan media sosial yang berisi cuitan berupa tulisan. Dengan begitu, pengguna Twitter menggunakan bahasa dalam menyampaikan isi pikirannya melalui tulisan.

Fenomena yang terjadi beberapa tahun terakhir di Twitter adalah munculnya akun-akun menfess. Menfess sendiri merupakan singkatan dari mention yang berarti menyebutkan dan confess yang berarti mengungkapkan. Akun menfess umumnya mengunggah tulisan singkat tanpa memberi tahu siapa penulisnya atau anonim. Biasanya akun menfess ini dimanfaatkan anak muda untuk beropini, menanyakan pendapat, dan sebagainya.

Salah satu akun menfess yang akan dibahas adalah @unpamfess_. Akun @unpamfess_ di Twitter adalah akun menfess yang mewadahi mahasiswa Universitas Pamulang atau biasa disebut Unpam. Akun ini hadir sejak Juni 2022 dan memiliki pengikut sebanyak 3.000-an pengikut. Hingga saat ini, sudah 3.048 cuitan yang diunggah pada akun @unpamfess_.

Campur Kode pada Akun Twitter @unpamfess_

Fenomena kebahasaan kerap terjadi pada cuitan yang diunggah akun @unpamfess. Salah satu fenomena kebahasaan tersebut adalah campur kode. Pada bulan November 2023, ditemukan banyak campur kode pada cuitan di akun @unpamfess_. Umumnya campur kode yang digunakan adalah menyampurkan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.

Salah satu bentuk campur kode bisa dilihat pada cuitan pada tanggal 1 November 2023 pukul 13.03 WIB berikut.

“-unpam need temen kost cewe lokasi di gang sebelah paradise, kamar mandi dalem, ada lemari + ac, kamarnya luas banget, 650k/orang (cuma berdua) include listrik. yang minat rep ajaa, nanti aku dm untuk lanjutnya”

Pada cuitan di atas, ditemukan campur kode kata tunggal bahasa Inggris dan frasa bahasa Inggris. Kata “need” yang berarti “butuh” dan “rep” yang merupakan penggalan dari kata “reply” yang berarti “balas” adalah wujud campur kode kata tunggal bahasa Inggris. Sedangkan “ac” yang merupakan singkatan dari “air conditioner” yang berarti “pendingin ruangan” dan “dm” yang merupakan singkatan dari “direct message” yang berarti “pesan langsung” adalah wujud campur kode frasa bahasa Inggris.

Selain itu, bentuk campur kode juga bisa dilihat pada cuitan tanggal 17 November 2023 pukul 13.08 WIB berikut.

“- unpam rekomendasiin jajanan di unpam pusat dong gaiss

Pada cuitan di atas, ditemukan campur kode berupa kata tunggal bahasa Inggris. Kata “gaiss” yang merupakan plesetan dari kata “guys” yang berarti “teman” adalah wujud campur kode berupa kata tunggal bahasa Inggris.

Kesimpulan

Campur kode adalah mencampurkan dua atau lebih bahasa dalam suatu ucapan. Selain di dunia nyata, fenomena campur kode dapat ditemukan juga di dunia seperti di media sosial Twitter. Campur kode yang ditemukan pada akun Twitter @unpamfess_ berwujud kata tunggal bahasa Inggris dan frasa bahasa Inggris. Faktor utama adanya campur kode tersebut adalah agar tidak terikat bahasa yang baku.

Ikuti tulisan menarik Syahra Maharani Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu